google.com, pub-2493427029777552, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Paling mudah ,Cara Cek kesehatan baterai hp dan penyebab cepat rusak - Teyeng
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paling mudah ,Cara Cek kesehatan baterai hp dan penyebab cepat rusak

Cek kesehatan baterai ~ seiring dengan pemakaian ponsel memungkinkan daya tahan baterai dan kesehatan performa melemah. Mulai dari sering drop, di cas lama penuh dan masih banyak lagi masalah lain.
Cek kesehatan baterai


Ketahanan baterai sering kali mulai rusak biasanya disebabkan oleh pengguna yang kerap kali sembarangan dalam memperlakukan pengisian. Biasanya di tengarai oleh penggunaan adaptor bukan original, ngecas sambil di pakai dan kegiatan lain yang memungkinkan merusak ketahanan baterai.

Untuk berbagai penyebab baterai hp rusak saya akan jelaskan lebih lengkap di bawah, dan tips cara cek kesehatan baterai dengan mudah.

Jenis Teknologi baterai hp sistem pengisian.

Jenis baterai memiliki varian dan teknologi yang berbeda. Dalam hal ini perlu di ketahui bahwa terdapat 5 jenis baterai yang sudah banyak di gunakan pada perangkat ponsel.

Mulai dari baterai Removable dan baterai tanam. Biasa kita mengetahui dua teknologi baterai ,yakni Li-Po dan Li-ion.

Berikut beberapa jenis teknologi baterai ponsel yang biasa dijumpai pada smartphone maupun perangkat hp lama.

1. Li-ion ( Lithium ion ).

Yang pertama adalah baterai Lithium Ion yakni jenis teknologi yang ramah. Sifatnya dapat di isi ulang atau charge dan mendistribusikan ke seluruh komponen supaya ponsel dapat beroperasi dengan baik.

Di nilai mempunyai biaya produksi yang murah, yakni menggunakan elektrolit cair. Baterai jenis ini dapat di charge hingga 1000kali dan banyak di jumpai pada hp lama.

2. Lithium Ion Poly atau Li-Po

Merupakan varian baterai dengan teknologi yang sudah di kembangkan dari Li-Ion yang bersifat chargeable dan menyimpan daya lalu mengalirkan ke seluruh komponen gadget.

Jenis baterai hp yang satu ini menggunakan elektronik polimer. Yakni memiliki bobot lebih ringan dan desain lebih ramping sedangkan kapasitas cukup besar.

Tipe baterai ini banyak di jumpai pada perangkat smartphone dan hp lama, Karena di anggap sebagai teknologi yang efektif dan efisien.

3. Jenis Lithium iron Phosphate atau Li-Fe.

Yakni ketiga merupakan teknologi baterai yang hampir saat ini tidak di gunakan pada ponsel cerdas.

Biaya produksi lebih mahal, hal ini memungkinkan untuk pemakaiannya sudah tidak lagi di terapkan. Mungkin suatu saat akan muncul kembali pengembangan dari baterai teknologi Li-Life dengan kelebihanya yang sudah di perbaiki.

Baterai ini merupakan hasil pengembangan dari teknologi Li-Po, karakteristik nya juga Sama yakni bisa di cas ulang ketika daya telah habis.


4. Baterai NiCd (Nickle Cadmium)

Baterai jenis NiCd juga terbilang jarang di terapkan pada ponsel cerdas, mungkin kamu akan menemukan tipe ini pada perangkat model lama saja.

Bentuknya besar sehingga tidak cocok di pakai pada smartphone yang rata-rata kini memiliki desain yang tipis dan elegan.


5. Jenis Nickel Hydride atau NiMh.

Jenis baterai kelima yakni Nickel Hydride, yakni sama dengan tipe diatas. Teknologi ini juga tidak lagi di pakai , hanya dapat di jumpai pada model ponsel lama .

Dan tentunya masih banyak lagi alasan yang menjadikan tidak lagi di produksi dan di aplikasikan pada ponsel.

Mengenal teknologi Pengisian Daya Baterai.

Terlihat seperti biasa saja ketika pengguna melakukan charging, yakni hanya dengan menghubungkan ponsel dan mengisinya melalui sambungan listrik rumah.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya semua memiliki teknologi pengisian masing masing.

Sebut saja kini telah banyak hp yang di bekali dengan teknologi fast charging. Setiap vendor biasanya mempunyai nama tersendiri seperti fast charging, Quiq Charging, dan lainya.

Teknologi pengisian daya secara cepat ini pada umunya hanya dapat di jumpai pada model tertentu, tidak semua hp mendukungnya.

Secara umum ponselnya akan di bandrol lebih mahal di bandingkan dengan hp yang belum mendukung fitur pengisian cepat.

Artinya teknologi tersebut tidak serta Merta mendukung semua perangkat. Bahkan tidak jarang pengguna memaksa hp mengisi daya memakai adaptor fast charging pada smartphone biasa.

Inilah awal yang bisa menyebabkan baterai mengalami kerusakan , penurunan kesehatan bahkan masalah terhadap ketahanan.

Kita simak beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesehatan baterai bermasalah.

Penyebab baterai hp Cepat rusak masalah kesehatan. 

Kesehatan baterai merupakan hal sangat penting, memungkinkan performanya dapat bekerja secara normal maupun menurun.

Setiap pengguna dapat mengetahui kesehatan baterai dari kejadian sehari hari, contohnya hp di cas malah berkurang, cepat penuh juga cepat habis, sering mati tiba tiba padahal baterai penuh, melambung dan lain sebagainya.

Semuanya terjadi karena penggunaan, maupun perilaku penanganan pengisian baterai dengan cara yang tidak tepat.

Berikut faktor penyebab baterai hp menjadi tidak normal , kesehatan bermasalah

1. Pemakaian adaptor charger.

Penting sekali pemakaian adaptor charger hp yang sesuai. Tidak jarang hp akan menjadi bermasalah ketika memakai kepala Charging yang mendukung pengisian cepat di perangkat biasa.

Sederhana saja, ponsel yang telah mendukung fast charging telah di persiapkan menerima tegangan dalam jumlah besar tanpa merusak ketahanan baterai dan perangkat.

Setiap ponsel telah di tetapkan standar output tegangan. Pastikan sebelum memakai adaptor ponsel lain harus melihat spesifikasi output tegangan.

Pastikan memiliki spek yang sama, karena jika lebih besar mungkin baterai akan cepat terisi namun di khawatirkan memicu baterai menjadi rusak.

2. Menggunakan power bank.

Tidak di rekomendasikan pemakaian power bank, kecuali kamu memahami jenis Powerbank telah di sesuaikan dengan output tegangan yang di butuhkan oleh ponsel.

Di khawatirkan arus yang di hasilkan oleh power bank tidak stabil ,merusak ketahanan baterai dan menyebabkan menjadi lemah.

3. Pastikan pakai charger Origin.

Alih-alih membeli adaptor charger murah kuatir dapat berakibat buruk. Tips nya pastikan kamu selalu memakai adaptor charger original.

Pasalnya tidak bisa menjamin bahwa spesifikasi yang tertulis di adaptor charger kw sudah benar benar seusai.

4. Tidak memakai hp sambil di cas.

Menggunakan ponsel sambil di cas sangat tidak di anjurkan, selain memicu kerusakan terhadap baterai dan perangkat ,tindakan ini juga cukup berbahaya.

Arus yang masuk dan tersimpan bersamaan dengan arus keluar di gunakan , hal ini memicu gadget menjadi panas, komponen mengalami peningkatan suhu dan beresiko meledak.

5. Hp di cas terus.

Penyebab kelima yang dapat menimbulkan baterai rusak adalah mengecek dalam waktu yang lama.
Yakni membiarkan ponsel mencolok meskipun sudah penuh, ini sangat tidak di anjurkan karena berpotensi merusak baterai atau ic suplai pada perangkat.

Meskipun saat kini telah banyak ponsel yang sudah mendukung dengan pemutus arus otomatis ketika baterai telah terisi penuh.

6. Terlalu sering baterai habis.

Penggunaan baterai sering habis 0% juga tidak di rekomendasikan. Hal tersebut dapat memicu kesehatan baterai , tidak normal, menjadi cepat habis ,boros Dan lain sebagainya.
 
Dalam hal ini ketika mengisi daya di rekomendasikan Tidak sampai baterai benar benar habis, dan mencabutnya setelah 100%.

Memperbaiki Baterai Hp Rusak.

Jika sudah terlanjur hp rusak, maka tidak ada pilihan lain kecuali mengganti dengan baterai baru dan original.

Sejauh ini tidak terdengar cara memperbaiki baterai hp dengan cara di bongkar komponen baterainya.

Adapun beberapa tips mengatasi baterai melambung, rusak,drop dengan cara memasukan ke kulkas atau freezer tentu tidak ilmiah.

Mungkin hanya bersifat kalibrasi ,yakni melakukan rekondisi mengembalikan performa baterai.

Cara cek kesehatan  baterai hp android.

Bagaimana cara cek kesehatan baterai, atau mengenali beberapa ciri -ciri ketika sudah rusak atau tidak normal.

Kamu bisa mengetahui kesehatan dan kondisi baterai dengan dua cara. Pertama memakai aplikasi , dan kedua tanpa aplikasi apapun.

1. Cek body fisik 

Yang pertama adalah dengan memperhatikan fisik baterai. Umumnya apabila baterai telah rusak bisa mengalami perubahan fisik, dimensi.

Diantaranya adalah , permukaan pada bodi belakang menjadi melambung. Dari situ kamu bisa mengetahui baterai telah bocor atau tidak ketika terdapat cembungan di bodi belakang ponsel.

Tes dengan meletakan pada permukaan data, keramik, kaca dan lainya. 
Jika masih menempel secara merata, berarti baterai tidak bermasalah secara fisik, namun jika tidak menempel secara menyeluruh kemungkinan baterai telah melembung.

Itulah cara pertama cek baterai tanam sudah bocor atau tidak.

2. Di Cas Cepat penuh tapi cepat Habis.

Umumnya karakteristik baterai smartphone yang sudah rusak bisa di perhatikan dari performanya.

Meskipun secara fisik masih baik, Tetapi tidak jarang juga mengalami drop, cepat habis.

Dan sebaliknya, anehnya di cas juga cepat penuh. Itulah tanda -tanda yang bisa di temukan ketika baterai sudah rusak.

3. Cek baterai Dengan aplikasi CPU Z.

Cara ketiga yakni kamu bisa memakai bantuan aplikasi. Tools ini dapat menganalisa kesehatan baterai melalui record pemakaian yang telah terekam sistem.

Aplikasi cpu-z bukan hanya dapat di pakai untuk cek baterai saja, tetapi kamu bisa mengetahui spesifikasi secara keseluruhan.

Cara penggunanya mudah sekali, silahkan download dan install melalui google play.
Kemudian buka apps cpu-z yang sudah terpasang pada ponsel.
Klik tab "BATTERY" DIsana kamu bisa melihat status "Health".


mengecek kesehatan baterai via aplikasi

Kamu dapat melihat hasilnya seperti screenshot diatas.

4. Cek baterai pakai avometer.

Selain menggunakan berbagai metode diatas ,kamu juga dapat menggunakan avometer untuk mengetahui tegangan output dari baterai.

Teknik ini banyak di pakai oleh para teknisi, pasalnya cukup ribet Karena harus bongkar cover dan melepas baterai terlebih dulu.

5. Cek kesehatan  baterai via engineering mode .

Selain cek kondisi baterai via aplikasi , setiap fitur smartphone biasanya memiliki fitur yang bisa di gunakan Test baterai .

Menggunakan fitur engineering mode, kamu bisa mengetahui kondisi baterai.

Untuk cara akses engineering mode memang berbeda beda, diantaranya kamu bisa menggunakan kode rahasia sesuai dengan jenis dan merek hp yang kamu gunakan.

Akhir kata,
Sekian artikel saya kali ini mengulas tentang baterai pada smartphone. Mulai dari teknologi yang di gunakan, penyebab baterai rusak dan cara cek kesehatan. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Paling mudah ,Cara Cek kesehatan baterai hp dan penyebab cepat rusak"