Cek sisa RAM dan Kapasitas Memori internal Realme

Daftar Isi [Lihat]

 Cara cek RAM dan memori internal Realme - Bagaimana mengetahui kapasitas ram maupun media penyimpanan yang ada pada ponsel ? 

Tentu ada caranya, .

Smartphone merupakan ponsel pintar yang mempunyai struktur komponen menyerupai dengan komputer. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan dari beberapa nama hardware nya. Contohnya Memori internal dengan hard disk pada komputer, meskipun pada prinsipnya memiliki peranan yang sama.

Sedangkan di beberapa komponen lain mempunyai persamaan, diantaranya RAM.

Pada komputer namanya juga ram, begitu juga fungsinya. Yakni sebagai media penyimpanan data sistem secara sementara.

Memori internal dan RAM sama sama memiliki kapasitas ,setiap penguna dapat mengecek nya.

Berapa sisa ram Realme, berapa kapasitas memori internal nya? 

Cara mengecek ram Realme

RAM  Memori Internal HP Realme.

Tidak dapat di lewatkan begitu saja ketika akan beli hp Realme baru atau second. Melihat spesifikasi mulai dari jenis chipset, kapasitas memori internal maupun RAM Yang di milikinya.

Sadar atau tidak peranan keduanya mempengaruhi terhadap performa smartphone. Sehingga jika ram Realme yang kita punya kecil "Kapasitas" ,maka kemungkinan performanya juga lambat.

Begitu juga dengan Memori internal, jika kapasitas nya sedikit bisa menyebabkan cepat full dan berpotensi ponsel Bootloop, serta eror dan lainya.

Fungsi RAM di Hp Realme.

Begitu pentingnya mengetahui sisa ram di smartphone Realme , atau kapasitas yang di miliki.

Random Acces Memory atau di singkat menjadi RAM Adalah media penyimpanan yang bersifat sementara. Biasa di kenal dengan non-volatile , atau hanya dapat bekerja pada saat ponsel terhubung di akhiri arus listrik.

Setiap daya proses akan secara otomatis tersimpan di RAM,sehingga jika kapasitas yang di miliki oleh ponsel tersebut besar maka dapat di pastikan hp menjadi lebih gesit.

Dan sebaliknya, apabila RAM hp Realme yang kamu punya kecil maka kemungkinan akan lebih lambat.

Kemampuan ram dalam menyimpan data tergantung dari kapasitas serta penggunaan smartphone. Jika semakin banyak aplikasi yang terbuka maka akan memakai space ram.

Sifatnya yang menyimpan sementara, maka sisa ram Realme akan secara otomatis normal kembali setelah hp di restart atau di matikan.

Ya, tentu akan membuat ponsel memiliki titik performa normal kembali.

Selain itu bukan hanya kapasitas nya saja yang mempengaruhi performa hp Realme. Seiring dengan perkembangan, RAM juga memiliki versi serta jenisnya.

Namun untuk mengecek jenis RAM pada smartphone Realme ,itu memerlukan over houl yang bisa di lakukan oleh teknisi. 

Jenis Versi RAM Android

Bukan melihat sisa RAM saja, Disni kamu juga dapat mengetahui jenis nya yang ada dalam perangkat.

1. Versi LPDDR

Adalah Ram yang di gunakan pada ponsel pintar pertama. Sepertinya untuk tipe ini tidak dapat di temukan pada smartphone Realme.

Secara performa dan kapasitasnya terbilang terbatas, sehingga untuk pemakaian aplikasi berat pada ponsel yang memakai versi ram ini tidak di rekomendasikan.

2. RAM LPDDR2.

Secara perfoma tipe ini mempunyai perbedaan uang lebih baik di bandingkan tipe Pertama. RAM ini mempunaya clock speed hingga 266Mhz dan konsumsi daya lebih irit.

3. Tipe RAM LPDDR3

Yang ketiga adalah LPDDR3 merupakan generasi berikutnya yang mempunya speed transfer data lebih baik. Memungkinkan perangkat yang telah pakai ram tipe ini mempunyai kemampuan lebih gesit dalam multi tasking dan kecepatan.


4. Tipe RAM LPDDR4.

Secara kemampuan jelas lebih baik dari versi sebelumnya. Yakni LPDDR4 Memiliki clock speed sampai 4.266mbps yang 1.2 kali lebih gesit dari LPDDR3.

Hampir dari setiap generasi memiliki perbaikan dalam konsumsi daya , yakni lebih irit.


5. LPDDR4X
Perfoma nya telah mempunyai kemampuan mengolah data proses smartphone 15% dari generasi LPDDR4.

6. LPDDR5.

Salah satu generasi terbaru yang sudah mendukung kapabilitas semua aktifitas komputasi modern.

Tentu dalam urusan kecepatan dan konsumsi daya lebih irit, tipe ini dapat di temukan pada beberapa jenis ponsel flagship seperti Samsung S20, Asus ROG Dan masih banyak lagi

Dan sayangnya untuk mengecek jenis ram pada perangkat membutuhkan teknik khusus ,yakni cek fisik langsung.

Berbeda dengan cara mengetahui sisa ram dan jumlah total yang di miliki, tentu sangat mudah .

Dan jika pemakaian aplikasi pada ponsel secara berlebihan dapat menyimpulkan data tersimpan dalam ram menumpuk.

Simpelnya sih , untuk menjaga free space ram agar tetap baik harus menghindari multi tasking berlebihan. Pastikan selalu menutup aplikasi yang sudah di buka.

Dampak RAM hp Realme Full

Betapa pentingnya ram dalam menunjang performa ponsel. Hal ini mampu menimbulkan dampak buruk ketika melakukan hal berlebihan yang menimbulkan ram penuh.

1. Realme menjadi Lemot , ketika ram penuh dan akan membuka aplikasi lagi dapat menyebabkan hp lemot. Hal ini di karenakan proses kerja ponsel tidak dapat berlangsung karena data tidak dapat tersimpan dalam ram.

2. Not Responding  , ini merupakan salah satu penyebab dari ram yang sudah mulai full. Aplikasi tertutup tiba-tiba, tidak merespon.

3. Froce close program ,aplikasi terhenti bukan hanya di sebabkan oleh crash pada sistem. Namun bisa di karenakan ram maupun chipset tidak mampu melakukan proses.

4. Smartphone cepat panas, data proses menumpuk pada ram menimbulkan ponsel bekerja cukup berat. Hal tersebut memicu suhu chip meningkat.

5. Realme Restart sendiri, sistem terkadang memutuskan reboot ketika ponsel sudah kelebihan beban. Ini cukup menyebalkan..

Untuk itu pastikan kamu selalu memperlakukan ponsel dengan baik. Menjaga kapasitas ram mempunyai free space yang cukup .

Cukup mudah kok, siapapun bisa membersihkan ram , hapus cache sistem dan lain sebagainya yang memungkinkan memori internal maupun RAM menjadi longgar.

Membersihkan RAM Realme.

Kamu dapat menjaga free space ram dengan langkah sederhana kok. Berikut tips yang bisa di pakai untuk memelihara kemampuan dan performa ponsel.
  • Tidak membuka aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan dan membiarkan tetap terbuka pada latar belakang ponsel.
  • Tutup aplikasi yang sudah tidak di pakai.
  • Clear cache Realme sebagai langkah menghapus file sampah menumpuk. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan ponsel atau memakai aplikasi yang bisa di download via google play.
  • Restart ponsel untuk mengembalikan performa ponsel dan mengkosongkan ram Realme.

Fungsi Memori internal Realme.

Dapat digaris bawahi bahwa kapasitas  memori External berbeda-beda. Yakni bisa di simpulkan bahwa semakin besar memori internal hp Realme maka kemampuan nya juga semakin baik.

Sama halnya ram yang bisa di cek sisa pakai-nya, bahkan hampir semua pengguna bisa mengecek free space memori ,jumlah total yang di miliki dan menghapus beberapa file untuk mengurangi pemakaiannya.

Disitulah letak perbedaan antara ram dan memori internal. Apabila ram berperan sebagai memori yang menyimpan data secara sementara, sebaliknya memori internal yang menyimpan secara tetap.

Berbagai jenis file di simpan pada perangkat , Seperti file MP3,video, Xls , txt, dan lain sebagainya.

Fungsi dan peranannya sangat penting, menjadi media penyimpanan utama pada perangkat.

Hal ini dapat di lihat berbagai jenis masalah yang di sebabkan oleh memori internal.

Dampak dari memori internal full.

1. Tidak dapat memasang aplikasi , setiap apps yang akan di install pada perangkat xiaomi akan mengatakan file kedalam sistem ( Internal storage).

Tentu tidak akan terinstall jika memori telah penuh bukan ?

2. Tidak bisa menyimpan file , sama dengan pasang aplikasi. Ketika memori internal Realme anda telah penuh, biasanya akan berdampak gagal download, tidak bisa mengunduh file apapun.

3. Smartphone menjadi lelet, ini sudah pasti akan berakibat performa smartphone menjadi lemot.

4. Berpotensi Bootloop, dari beberapa kasus ini adalah kemungkinan terburuk. Ketika hp di matikan dan di nyalakan kembali hanya bisa muncul logo saja.

5. Cepat panas, bukan hanya lelet saja namun dapat mengakibatkan hp menjadi mudah mengalami peningkatan suhu.

Dan masih banyak lagi penyebab yang di timbulkan oleh memori internal penuh.

Tips Membersihakn memori internal Realme penuh.

Tentu tidak mau hal buruk terjadi pada perangkat kamu kan ?

Sebenarnya sederhana saja mengatasi memori internal full. Berikut cara membersihkan memori yang termudah.
  • Unistall aplikasi yang tidak di gunakan, lakukan pemilihan jenis apps terpasang dan buang jika tidak di gunakan.
  • Hapus file sampah, clear cache data, dan berbagai jenis file lainya yang memenuhi penyimpanan ponsel anda. Biasanya beberapa file yang mempunyai ukuran besar diantaranya, video, lagu , dan apps.
  • Pindahkan file ke cloud , Google Drive dan media penyimpanan online lain. Selain itu kelebihan simpan file ke cloud yakni tidak terpengaruh terhadap kerusakan device.
  • Pindahkan file ke flashdisk menggunakan kabel data OTG.
  • Simpan file ke laptop, ini menjadi alternatif yang cukup efektif mampu melonggarkan memori internal Realme.
  • Gunakan memori External jika memungkinkan.
  • Hapus data dan factory reset ponsel ,langkah ini cukup beresiko kehilangan data. Semua file yang ada di hp akan di berikan secara permanen.
Nah itulah beberapa ulasan potensi buruk yang di timbulkan dari Ram ,Memori full dan jenis Ram dari urutan generasi yang ada.

Bagaimana cara mengecek RAM Dan Memori internal Realme?

Cara Cek ram Realme.

Banyak jenis tipe Realme ,apakah teknik ini bisa di gunakan ?

Pada dasarnya hampir semua perangkat Android yang memiliki cara untuk mengetahui kapasitas ram.

Vendor telah membekali setiap perangkat yang sudah di rilis dengan spesifikasi lengkap. Bukan hanya informasi tentang kapasitas ram saja, kamu juga bisa mengetahui versi UI , kapasitas Memori internal, versi android dan lain sebagainya.

Bukan hanya pada unit saja, kamu juga bisa melihat spesifikasi ram di dus box dalam paket pembelian ponsel.

Namun sebagai alternatif kamu juga bisa mengetahui langsung ke unitnya kok.

Siapapun dapat melakukan nya dengan dua cara ,pertama memakai aplikasi bantuan dan kedua tanpa aplikasi apapun

1. Mengecek RAM Realme tanpa Aplikasi.

Langsung saja kita bisa memakai cara pertama untuk mengetahui jumlah ram yang di miliki pada perangkat Realme.

Berikut cara melihat ram realme tanpa aplikasi:

Yang pertama silahkan masuk ke ponsel anda ,kemudian pilih "Settings" atau pengaturan.

Silahkan scroll kebawah dan pilih "Tentang Telepon".

Tentang telepon realme

Setalah itu kamu bisa melihat tampilan informasi pernahkah seperti di bawah.

Kapasitas ram realme

Maka tampilannya seperti diatas, terdapat banyak informasi tentang perangkat diantaranya kapasitas RAM Realme anda.

Tetapi jumlah tersebut adalah kapasitas keseluruhan. Sehingga hanya menampilkan jumlah total, namun tidak memberikan informasi yang sudah terpakai.

2. Mengecek Total pemakaian RAM

Pada masalah ini untuk dapat mengetahui jumlah pemakaian harus terlebih mengaktifkan fitur pemakaian RAM.

Pengguna dapat mengetahui jumlah ram terpakai di ponsel.relam setelah melakukan tahapan berikut.

  • Silahkan Buka menu, pilih Pengaturan .
  • Setelah dalam menu Pengaturan ,lalu tap "Pengaturan tambahan".

Pengaturan tambahan realme
  • Berikutnya, pilih "Pengelola tambahan".

Pengelola tugas ram

Silahkan aktifkan  "Pengelola tugas terbaru" seperti gambar di bawah

Menampilkan pemakaian ram

Setalah di aktifkan, kamu bisa melihat sisa ram terpakai dengan menekan tombol "Recent".

Cek sisa ram

Dari gambar diatas kamu bisa melihat jumlah ram , jumlah bebas yang tersedia.

3. Cek RAM Dan Memori Menggunakan Aplikasi.

Selain itu sebagai pembahasan berikutnya adalah mengetahui sisa memori internal yang di gunakan oleh ponsel realme.

Pada dasarnya semakin banyak jumlah file yang tersimpan pada perangkat maka akan memakan ruang simpan lebih banyak.

Berikut cara mengecek memori hp Realme secara langsung.

Langkah 1,  buka Menu ,lalu pilih aplikasi "Pengaturan" >> "Pengaturan tambahan".

Step 2, dalam pengaturan tambahan ,tap "Penyimpanan" maka tampilanya seperti dibawah.

Cara menampilkan memori terpakai di hp realme


Step 3, Setelah pilih "Penyimpanan" secara Otomatis muncul informasi penggunaan  memori internal dan kapasitas total. 

Menampilkan pemakaian memori internal realme

Selsai, kamu dapat melihat jumlah keseluruhan dari masing masing jenis file yang tersimpan disana.

Selain tanpa memakai aplikasi, kamu juga bisa menggunakan tools dari google play untuk mengecek secara keseluruhan spesifikasi ponsel.

Melihat spek RAM Dan Memori internal Realme via Cpu-Z.

Merupakan salah satu apps yang cukup populer dapat di download secara gratis. Tools ini bekerja menganalisa secara keseluruhan spesifikasi ponsel ,mulai dari versi OS, kapasitas baterai, chipset maupun memori internal dan RAM yang di miliki.


Step 1, Download dan install aplikasi CPU-Z melalui google play.

Step 2, berikutnya buka aplikasi , tunggu proses analisis data perangkat.

Step 3,  silahkan tab "Device" untuk  mengetahui lihat kapasitas ram dan memori.

Maka kamu akan melihat jumlah total, free space ram dan memori.

Itulah cara lengkap untuk mengetahui jumlah ram dan kapasitas memori hp Realme serta pemakainnya. Sekian , dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cek sisa RAM dan Kapasitas Memori internal Realme"

Post a Comment

Iklan paling Atas

Iklan Tengah konten 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel