Cara Cek RAM Dan Memori Internal Xiaomi

Daftar Isi [Lihat]

  Cara cek RAM Xiaomi - Ada tiga jenis media penyimpanan pada smartphone , pertama memori internal ,kedua memori External dan yang ketiga adalah RAM atau Random Acsess Memori.

Dari ketiganya hanya ram yang menyimpan data secara tidak tetap, yakni bersifat sementara yang akan terhapus secara permanen ketika ponsel di matikan dan dan nyalakan ulang.

Nah setiap kapasitas ram semuanya ada dalam spesifikasi hp, anda bisa cek ram xiaomi dengan mudah.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara cek memori dan ram pada smartphone Xiaomi secara lengkap.

Meskipun sifatnya berbeda namun secara esensi fungsinya adalah sama yakni menyimpan. Dampak yang di timbulkan juga sama sama bisa menyebabkan hp menjadi lemot.

Pentingnya mengecek ram dan memori dapat menjadi kontrol agar ponsel selalu dalam kondisi prima, yakni dengan melakukan pembersihan maupun mengatur media penyimpanan.

Selain itu hal tersebut biasanya terkait dengan spesifikasi hp, yakni untuk mengukur kemampuan terhadap aplikasi atau menentapkan harga jual hp bekas. Seperti yang kita tahu bahwa dari sekian banyak ponsel memiliki tampilan yang nyaris serupa, sedangkan spek ram yang di miliki berbeda.

Sangat mendominasi pengaruh dari ram dalam menentukan kemampuan smartphone dalam melakukan mengoprasikan aplikasi. Sehingga tidak jarang kapasitas RAM menjadi pertimbangan ketika akan install aplikasi.

Dan pengguna Smartphone Xiaomi cukup beruntung, pasalnya hampir beberapa tipe nya memiliki kapasitas yang cukup besa mulai dari 2GB Hingga 12 GB. Dan Biasanya semakin besar memori internal dan RAM yang di miliki maka harga hp juga lebih mahal.

RAM dan memori menjadi salah satu pertimbangan yang harus di lakukan ketika akan beli hp bekas maupun hp baru. Karena seperti yang sudah saya sampaikan diatas , ini berkaitan dengan kemamuan nya.

Fungsi RAM, Memori internal Xiaomi.

Melihat RAM dan Memori internal menjadi hal yang tidak dapat di lewatkan ketika memiliki smartphone. Memori internal menjadi komponen vital berfungsi sebagai media penyimpanan file apk,lagu, video dan lain seagainya.

Fungsi dari keduanya secara garis esar sebagai penunjang performa , menunjang kecepatan baik secara langsung maupu tidak langsung. Meskipun tidak menutup mata bahwa masih banyak faktor lain yang menjadi inti speed seperti prosesor, GPU.

Melihat RAM hp Xiaomi ini biasanya di lakukan pada mereka yang menginkan kecepatan multi tasking, sehingga semakin banyak kapasitasnya memungkinkan kinerja ponsel Xiaomi lebih gesit.

Saya akan menjelaskan fungsinya sebelum tentang cara mengecek ram ,mengecek memori internal pada ponsel xiaomi.

Sebelum mengetahui cara cek ram hp Xiaomi, saya akan jelaskan terlebih dulu terkait pengertian RAM, fungsi dan memori internal.

Sepintas apabila membahas terkait RAM Tentu akan terlintas " Kecepatan hp Xiaomi". Tidak jarang kita ber-asumi seolah-olah RAM Adalah komponen utama yang menjadikan smartphone menjadi cepat.

Pada smartphone terdapat banyak komponen hardware yang berpengaruh terhadap performa kecepatan, tidak hanya ram disana.  Ada juga chipset , ROM , Atau IC lain pentingnya sama dengan RAM.

Pada perangkat komputer disana juga terapat komponen RAM ,mempunyai nama dan fungsi sama dengan yang terdapat pada telepon pintar.

Di komputer atau laptop ram dapat di upgrade karena menggunakan socket atau slot ,dapat dengan mudah di lepas mengganti ram kapasitas lebih besar.

Sedangkan Ram hp Xaomi Mi A1, Xiaomi Redmi 5A , atau Mi A2 maupun tipe Xiaomi lainya masih menggunakan konsep on board permanen.


Apakah RAM berpengaru speed proses di Xiaomi?

Sangat berpengaruh, tetapi faktor lain yang bisa membuat hp menjadi lambat juga ada.

Pemakaian aplikasi,memori berlebihan sehingga melebihi kapasitas ram, seperti multi tasking aplikasi berat , memori penuh dan lain sebagainya bisa menyebabkan lemot.

Selain dari ram juga ada dari sisi software yang ikut menunjang speed.

Contoh nya versi MIUI , seperti pendapat yang menyatakan MIUI 10 Lebih ringan dari MIUI 11.

Atau MIUI 8 lebih ringan dari MIUI 11, maupun MIUI 12 lebih ringan dari versi sebelumnya.

Pastinya semua mempunyai porsi dan fungsinya masing-masing sebagai pendukung performa smartphone.

Fungsi RAM Di Hp.

RAM adalah memori berfungsi sebagai media menyimpan data proses yang bersifat sementara di lakukan oleh pengguna ketika mengoperasikan ponsel.

Memiliki batas penyimpanan dengan satuan mulai dari satuan MB , GB.

Semua data yang telah tersimpan akan hilang secara otomatis ketika di bersihkan maupun restart ponsel.

Sehingga ram merupakan sebuah jembatan , memungkinkan chipset bisa melakukan panggilan secara cepat dari penggunaan aplikasi atau lainya yang sudah di lakukan oleh user.

Pada dasarnya meskipun data yang ada pada ram sudah hingga, tetapi file sebenarnya masih utuh tersimpan pada memori internal.

Kemampuan multi tasking sangat dipengaruhi kapasitas ram , sehingga tidak heran jika hp Xiaomi memiliki ram besar respon nya lebih gesit.

Semua aktifitas yang dilakukan pada ponsel secara otomatis akan tersimpan pada ram. Jadi ketika belum di tutup , sistem akan menyimpannya di ram. Sehingga ketika dilakukan pemanggilan ulang bisa muncul secara cepat tidak seperti pertama kali membukanya.

Sehingga semakin banyak fitur dan aktifitas pada perangkat maka menjadikan pemakaian ram menjadi lebih banyak. Hal ini menjadikan ponsel menjadi melambat  tentunya.

Baca Juga, Cara kunci aplikasi di hp xiaomi


Fungsi Memori internal di Hp Xiaomi.

Tidak hanya pada smartphone Xiaomi saja ,memori internal mempunyai fungsi sama di berbagai merk ponsel.

Memori internal berfungsi untuk media penyimpanan data ,file sistem, atau jenis files lainya secara permanen kecuali di hapus oleh penggunanya.

Sifatnya terbalikan dari  ram. Jika RAM simpan data proses secara sementara sedangkan internal storage menyimpan secara tetap tidak terpengaruh oleh arus listrik ,dan proses lain.

Sehingga setiap file yang sudah tersimpan tidak akan hilang, kecuali di hapus, error' (rusak) maupun hal upnormal lainya.

Hal tersebut yang menjadikan user membutuhkan space yang besar untuk simpan data.

Belakangan memang banyak hp Xiaomi terbaru yang lahir tanpa memori External.  Penyimpanan secara keseluruhan akan di simpan ke memori internal.

Ini akan buruk apabila sampai penuh, untuk itu sebaiknya mengecek memori internal Xiaomi secara berkala supaya tidak sampai full.

Cepat atau lambat akan full, untuk itu pastikan memakai secara bijak. Kecuali kamu akan menggunakan slot SIM satu sebagai memori External.

Efek memori internal full.

  • Hp xiaomi lemot karena sistem tidak punya free space cukup .
  • Tidak bisa install aplikasi ,tidak bisa menyimpan file baru.
  • Xiaomi potensi Bootloop, lag cepat panas dan lain sebagainya.

Dari sana lah penting nya harus memeriksa kapasitas memori dan menjaga supaya tidak full. Sisa ram dan memori yang terpakai di hp Xiaomi itu bisa di cek, hal ini mempermudah pengguna mengontrol pemakaian aplikasi, dan menjadi salah satu upaya perawatan ponsel agar stamina tetap stabil melalui menjaga ruang bebas selalu tersedia.

Cara mengecek RAM Dan Memori internal Xiaomi.

Cara yang akan saya bahas mengikat pada versi MIUI, bisa di lakukan pada semua versi serta berbagai tipe hp Xiaomi, sepeti Xiaomi Note7,Note 8, Mi 10t atau tipe terbaru lainya.

Setiap Xiaomi telah di bekali informasi terkait spesifikasi perangkat. Dan pemiliknya bisa mengecek secara detail ram, memori yang ada dalam infor device

Cara mengecek ram dan memori dianjurkan mereka yang akan memeli Xiaomi second untuk memastikan bahwa ponsel sesuai dengan spek.

Bagaimana mengecek ram hp ,berikut step nya yang bisa di lakukan di hp Xiaomi.

  1. Silahkan masuk ke menu ponsel Xiaomi sepeti biasa.
  2. Lalu pilih Menu pengaturan atau setelan (Settings) biasanya dengan logo gerigi.
  3. Setelah berada dalam menu pengaturan, silahkan cari opsi "About phone", dan pilih. Maka tampilannya seperti dibawa.

Cek ram Xiaomi


Setelah berada di menu 'Tentang ponsel' maka tampilannya seperti diatas.  Maka disana terdapat informasi RAM , Penyimpanan internal yang di miliki oleh perangkat .

Sangat mudah bukan, dari sana anda bisa melihat kapasitas memori serta ram yang dimiliki. Lalu bagaimana cara mengetahui yang sudah terpakai.

Cara cek sisa ram terpakai Di Hp Xiaomi.

Dari penegecekan diatas , disana tidak terdapat informasi pemakaian yang sudah gunakan / terpakai. kamu hanya melihat kapasitas secara keseluruhan saja. Meskipun pada memori internal ada detail penggunaanya mulai dari jumlah total,ruang bebas.

Cara mengetahui aplikasi menggunakan RAM Xiaomi cukup mudah kamu hanya dengan klik tombol recent pada ponsel gambar dibawah.

cek ram terpakai di hp Xiaomi

Dari gambar screenshot diatas,  terdapat jumlah ram di gunakan dari total kapasitas yang di miliki.

Cara membersihkan nya mudah kok, dengan klik tombol x secara otomatis semua aplikasi yang terbuka akan di rilis dan di kembalikan atau di tutup.

Metode lain membersihkan ram hp Xiaomi juga dapat memakai aplikasi bawaan ponsel atau dengan cara restart supaya aktifitas yang berada di belakang layar akan di close.

Artikel Lainya, Cara mengatasi Kartu SIM tidak Terbaca di hp Xiaomi

Cara cek sisa memori internal terpakai.

Berikutnya adalah mengetahui jenis file apa suda membuat memori hp menjadi penuh. Dari penejelasan diatas tidak terdapat info detail tekait dokumen atau folder yang sudah memenuhi. Anda hanya mengetahui ruang bebas nya saja.

Cek kapasitas Memori internal jumlah Total dan free space.

Step 1,  Silahkan Buka menu lalu pilih aplikasi "setelan atau Pengaturan".

Cara cek memori Xiaomi

Step 2,  Selanjutnya pilih "Penyimpanan" seperti gambar diatas.

Step 3, Tunggu samai sistem  menganalisa keseluruhan memori internal dan jumlah terpakai.

Step 4, Setelah selesai , anda akan mendapat info memori internal "Tersedia dan total".

selesai.


Teknik diatas di lakukan tanpa aplikasi, namun saat ini banyak sekali jenis apk yang bisa di gunakan secaa gratis untuk mengecek memori internal, ram mapun spesifikasi secara keseluruhan.

Mengecek RAM dan Memori dengan aplikasi.

Pihak ketiga memang menyediakan lebih lengkap, artinya aplikasi bukan hanya untuk mengetahui kapasitas ram xiaomi atau memori internal saja.

Dalam hal ini kamu bisa mengetahui secara keseluruha, model, jenis chipset dan spesifikasi Hp lainya. Penggunananya juga mudah,bisa di unduh dan install ke berbagai perangkat android. 

Cara melihat Spek ram dan memori Xiaomi Via aplikasi

CPU-Z

Step 1, Download dan install aplikasi Cpu-Z Via google play..

Step 2, Setelah terpasang,  buka aplikasinya, kemudian pilih tab "Device "

Step 3, Scroll ke bawah maka akan menemukan informasi ram dan memori internal ponsel.

Cek ram dan memori internal dengan Aplikasi

Keterangan 

  • Total ram merupakan jumlah  kapasitas keseluruhan yang ada pada ponsel.
  • Available ram ,adalah jumlah ram yang tidak terpakai.
  • Available Storage ,atau kapasitas memori internal yang tersedia.

Sekian ulasan kali ini tentang cara cek RAM dan memori internal di Hp Xiaomi

0 Response to "Cara Cek RAM Dan Memori Internal Xiaomi"

Post a Comment

Iklan paling Atas

Iklan Tengah konten 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel