Cara Riset keyword untuk website, blog Paling simpel

Cara riset keyword , Tahapan berikutnya untuk belajar SEO adalah menganalisa dan menentukan kata kunci yang akan di gunakan.

Ini merupakan pondasi awal dari sebuah membangun situs, yang nantinya memungkinkan memiliki pengunjung.
Dalam belajar SEO harus mengunakan stepping yang benar. Atau nanti kebingungan sendiri , yang ada bisa memiliki website namun tidak punya pengunjung.

Sebelum membahas jauh tentang cara riset kata kunci , saya akan ulangi kembali dan menjadi kesepakatan bersama terkait dengan trafik blog.

1. Organik.

Trafik visitor organik adalah pengunjung yang ada dalam website berdasarkan dengan kata kunci yang di ketikan di mesin pencarian. Entah dari google ,Bing ,Yahoo ,yandex dan lain sebagainya.

Setiap kata kunci yang di input merupakan penentuan dari serp. Sehingga mesin pencari akan menampilkan sesuai relevansi yang telah terindeks di liberary nya.

2. Direct atau non organik.

Dan sebaliknya pengunjung non organik adalah mereka yang datang tidak berdasarkan keyword. Melainkan dari tautan yang ada di berbagai platform sosial media, atau website yang memiliki link mengarah ke situs anda.

Dalam hal ini cukup populer mendapatkan pengunjung trafik non organik , melalui FB, pinterest, YouTube ,iklan dan lain sebagainya.

Kelemahan dari trafik jenis ini adalah pada umumnya memiliki rentan waktu. Artinya bisa saja tautan tersebut terhapus, atau post yang mengarah ke situs tenggelam.

Dan disinilah pentingnya riset kata kunci,yakni supaya website yang sedang kita kelola mempunyai pengunjung loyal dari hasil pencarian di google, atau mesin pencarian lain.

Skill ini tidak dapat di lewatkan begitu saja oleh seorang praktisi seo, karena menjadi sebuah tahapan yang sakral untuk di lakukan.

Pada dasarnya memiliki kata kunci dengan ribuan volume pencarian ini bisa di bilang suatu bibit utama. Benih tersebut nanti akan di tanam kedalam sebuah situs dan di optimasi.

Cara mendapatkan kata kunci ideal serta mempunyai volume pencarian tinggi , saingan rendah tidak semudah apa yang di bayangkan. Atau sebaliknya, yakni tidak sesulit mendapatkan cinta dari kekasih pujaan hati yang telah memiliki pacar.

Artinya..

Ini adalah proses yang harus di lewati , harus di lakukan jika ingin mempunyai blog dengan ribuan pengunjung. Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang mudah bagi mereka yang sudah terbiasa dan mengeti cara nya. Dan sebaliknya mejadi hal yang sulit untuk yang tidak tau caranya.

Bahkan,, bisa saja kita membaca konten yang kurang tepat terkait dengan cara riset kata kunci, dan hasilnya jusrtu bingung dalam penerapanya.

Jika anda berada di halaman ini dan sedang ingin mencari kata kunci sebuah situs ,semoga saja saya mampu menjabarkan cara yang praktis dan mudah untuk di terapkan para pemula.

Ini catatan ini merupakan sebuah jejak digital apa yang telah saya praktekan dan sampai detik ini di gunakan sebelum menulis artikel.

Memilih kata kunci, riset kata kunci , menetapkan target , mengambil kata kunci saran dari mesin pencari.

Dan itu menjadi goal setelah memaca halaman ini. Harapan nya setelah anda meninggalkan halaman yang tidak beraturan ini, setidaknya sudah paham "Langkah apa yang akan di lakukan ketika sebelum membuat atikel".

Mengenal Jenis Keyword.

Cara riset kata kunci
Kekuatan dalam mendapakan traik dari pengunjung adalah dapat di ukur dari kemampuan penerapan SEO pengelola website. Mulai dari SEO On pages dan SEO Off Pages, keduanya sangat erat dan tidak dapat di abaikan begitu saja.

Namun sebagai seorang pemula sering kali salah dalam melangkah pelajari stepping nya. Banyak yang terhenti di jalan sebelum sukes memiliki blog bertrafik tinggi karena tidak melakukan langkah tepat mempelajari SEO.

Apabila di urutkan proses belajar SEO yang baik versi saya adalah:

  1. Memahami pengertian SEO On Pages Dan Off pages.
  2. Mengetahui jenis Algoritma dan Fungsinya.
  3. Cara Riset keyword. ( Anda Sedang Disini )
  4. Optimasi SEO On Pages Website.
  5. Optimasi SEO Off Pages Website / Blog.
  6. Data Alasisis Penerapan SEO.

Dan 7 bab SEO diatas memiliki sub kategori penjelasan cukup banyak, sangat penting di ketahui. Hal tesebut tidak dapat di jadikan standar , mungkin di luar sana banyak paktisi SEO yang mempunyai tahapan optimasi berbeda.

Artinya stepping yang saya sampaikan diatas bukan hal mutlak, kalaupun mempunyai teknik lebih ramah terhadap google kenapa tidak..

Cara mampu halaman 1 Google bisa di katakan mudah, namun hal itu tidak menjamin mempunyai pengunjung. Tingkat keunikan kata kunci yang di ketikan pengguna sehingga menentukan halaman situs yang paling relevan.

Artinya , Jika mempunyai halaman dengan kata kunci aneh dan sembarang ( Tidak ada konten lain yang membahas) maka kemungkinan besar halaman itu akan nangking.

Pertanyaanya "Apakah kata kunci tersebut banyak di cari oleh pengguna internet" .. ?

Jadi Buat apa  rangking 1 google tetapi dengan keyword yang tidak mempunyai search volume sama sekali.

Disnilah yang saya maksudkan dengan pentingnya memiliki dan menentapkan sebuah target keyword yang tepat.

Siapapun bisa terjebak menentukan kata kunci target, contohnya adalah " Trending Keyword", Mungkin bagi website besa akan cukup mudah mendapat top ten serp google, tapi bagi blog kecil ?? Yang ada , search volume sudah menurun kita masih di halaman 10.

Karena sifatnya adalah trending, hanya ramai di cari ketika saat itu saja atau memiliki masa waktu. Sehingga di beberapa waktu kemudian kemungkinan volume pencaian akan mnurun bahkan hilang.

Jenis target trending kw mungkin tidak cocok untuk pemula, atau setidakanya akan cukup sulit mendapatkan tafik organik.

Mungkin bagi web besar akan mudah menempati posisi top ten menggunakan trending keyword, karena tingkat authoritas domain sudah mumpuni.

Disitulah pentingnya Cara mencari keyword, menargetkan dan mengoptimasi ke halaman yang di publikasikan.

Pentingnya riset kata kunci

Untuk apa sih seseorang praktisi seo atau blogger, atau webmaster harus mempunyai keahlian riset kata kunci.

Secara global mungkin untuk mengoptimasi website agar mempunyai trafik.

Tapi tunggu..

Karena sebetulnya goal dari riset kata kunci bukan menjadikan blog ramai pengunjung. Goal dari "Website ramai pengunjung " adalah goal dari optimasi SEO.

Sedangkan sedangkan untuk bisa mengoptimasi web agar lebih ramah terhadap mesin pencari diantaranya adalah mampu mencari kata kunci yang banyak di minati.

Lalu apa tujuan riset kata kunci, ?


Jadi tidak boleh salah pengertian terkait tujuan Keyword research. Bukan tentang mendatangkan trafik, mempunyai visitor banyak adalah sebab - akibat dari penerapan SEO.

Yang mana setelah anda memiliki kata kunci yang tepat , anda juga akan di tantang mengaplikasikan dalam membuat artikel sesuai target.

.. Atau menerapkan kata kunci ke dalam website hingga menjadi paling relevan di mata google.

Sebelum ke arah sana, mari kita fokus ke tujuan mencari kata kunci. Apa saja goal nya, apa yang harus di peroleh ?

Berikut point' pentingnya,.

1. Mendapatkan data volume pencarin.

Ketika menargetkan kata kunci yang mempunyai volume pencarian tinggi , maka sudah dapat di pastikan website akan ramai di kunjungi (Page one).

Meskipun belum nangkring halaman pertama, setidaknya konten yang telah di buat memang di butuhkan.

Dengan kata lain, mempunyai potensi untuk di kunjungi karena apa yang telah di buat sesuai dengan permintaan user.

Setiap user mengetikan kata , ternyata secara dangkal dapat di jelaskan bahwa kata tersebut "Terekam".

Search engine memiliki data nya, .
Berapa volume pencarian per hari ,perbulan.

Kesimpulanya , semakin menarget kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang tinggi , itu semakin baik.

Jadi tujuan pertama nya adalah mengetahui volume pecarian sesuai dengan user intens.

2. Mengetahui tingkat kesulitan persaingan.


Tidak cukup hanya memahami terkait dengan jumlah pencarian saja, tetapi disini juga kamu harus mampu menganalisa tingkat persaingan.

Saya tidak mengajarkan untuk pesimis, tetapi saya lebih mengajak untuk bermain aman. Yakni menghindari menarget kata kunci yang mempunyai persaingan ketat, di banjiri oleh website besar.

Nah disinilah kamu harus menentukan lawan yang tepat, lawan yang sepadan.

Sederhana saja logikanya ,.. Apabila kita memiliki motor 125cc apa mau melawan motor 250cc.

Tentu itu akan konyol, menjadi bahan tertawaan orang lain.

Nah, SEO bukan tentang mengakali mesin pencari. Untuk mengetahui tingkat persaingan , anda bisa mendata Serta menganalisa data - pesaing.

3. Mendapat data pesaing.

Setelah memilih target , dan memilih lawan yang sepadan maka yang perlu dilakukan adalah mengetahui data lawan.

Mengapa harus mengetahuinya, ..?

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, dalam SEO bukan tentang kucing kucingan sama search engine, tetapi tentang " Kita unggul di bandingkan lawan ".

Unggul disini dalam segala aspek, bagaimana  bisa di rekomendasikan dalam SERP Sementara website kita tidak lebih baik dari kompetitor.

Jadi gambaran sederhana  seperti ini ..

Apabila anda di tanya oleh seorang teman " Dimana saya akan beli buah " ?

Lalu ada dua pilihan toko buah A , dan B.

Toko A Buahnya Ada apel, jeruk pisang ,alpukat. Pelayanannya lambat, harga mahal, buahnya tidak segar.

Sedangkan Toko B, bukanya lengkap ,pelayanan cepat, harga lebih murah buah segar dan Jenisnya lengkap.

Maka anda tidak mau mengecewakan teman , begitu juga dengan search engine. Maka sudah pasti kamu akan merekomendasikan "Toko B" untuk teman anda.

Itulah yang harus kita lakukan , yakni menjadi yang paling di rekomendasikan.

Lalu bagaimana bisa lebih unggul jika tidak dapat menganalisis data , kelebihan dan kekurangan dari kompetitor.

Itulah 3 Point penting dari tujuan riset , mendapatkan volume pencarian,tingkat kesulitan dan data pesaing.

Tipe keyword berdasarkan tujuan user.


Berikutnya mengenal tipe keyword , .

Dari masing masing pengguna internet memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan pencarian . Tidak semua orang bertujuan mencari informasi,ada juga mengetikan pencarian karena ingin membeli sesuatu.

Pada tahapan ini kita akan mengetahui contoh kata kunci , mendapatkan pandangan terkait keyword apa yang akan di gunakan.

Sebaliknya kamu juga seharusnya sudah paham apa itu kata kunci. Selanjutnya mengenal jenisnya..

1. Information keyword


Tipikal jenis ini merupakan yang banyak di gunakan oleh user mendapatkan informasi.

Penggunaan nya bisanya di terapakn kedalam konten berupa tutorial, info seputar hiburan, atau terkait sebuah cara.

Untuk mereka yang sudah ahli dalam menganalisa , mencari kata kunci bisa mendapatkan yang high volume.

Jenis ini paling banyak di pakai oleh user, menggali informasi menambah pengetahuan maupun mempelajari sesuatu.

Contoh kata kunci informasi, misalkan.
  • Cara membuat baju kemeja.
  • Mengatasi cat mobil baret.
  • Contoh bisnis usaha modal kecil.
  • Cara mengatasi hp cepat panas.
  • Dan lain sebagainya.

Kriteria ini banyak di pakai para blogger atau Pemiliki website yang menggunakan periklanan sebagai sumber pendapatan.

Sehingga semakin mempunyai banyak pengunjung  , potensi dolar masuk ke kantong semakin tinggi.


2. Transaksional Keyword.


Kata kunci tipe ini banyak di gunakan oleh pemilik website yang menggunakan situsnya untuk menjual produk atau jasa

Pada umunya  buying keyword di pakai oleh user untuk mencari sesuatu dan siap untuk membeli.

Pangsa nya lebih ke calon pembeli, dan harapannya setiap mereka yang berkunjung ke situs menarget kata kunci "Transaksional" akan menghasilkan actoin "Transaksi" jual beli maupun jasa.

Contoh buying keyword,
  • Asuransi hp murah
  • Sewa mobil harian murah.
  • Tiket pesawat promo.
Dan masih banyak lagi ,..

Pada saat pengguna mengetik kata kunci " Asuransi hp murah " maka kemungkinkan mereka akan menggunakan jasa asuransi.

Atau ketika mengetik "Sewa mobil harian murah "  , tidak mungkin tujuan nya adalah mengetahui spek mesin nya dan laju kecepatan mobilnya.

Pada umumnya akan berkahir pada sebuah aksi transaksi, jika menemukan sesuai sama kriteria yang di cari "Budget , keinginan" .

3. Navigation keyword

Model ini seringkali di pakai para pengguna internet yang sudah tau tujuan atau hasil yang akan di pilih.

User mengetikan kata kunci untuk menunjuk ke suatu situs yang tertentu. Biasanya mereka sudah mengetahui persis situsnya.

Tentu tidak akan cocok di aplikasi kan ke situs  kita. Gak lucu juga kalau narget kata kunci dengan situs aslinya. Contohnya , pada saat mengetik pencarian " Detik news " setidaknya mereka sudah tau web nya , mana yang akan di pilih.

4. Local keyword.


Merupakan kata kunci yang mengandung unsur lokasi berdasarkan pengguna internet.

Tipe ini juga bisa mengandung unsur kata kunci navigasi, transaksi, dan informasi .

Contoh : "Jasa rental mobil di Tegal " , "Jasa web design Jakarta"

Dan lain sebagainya yang menargetkan pengguna pada suatu wilayah tertentu. Biasanya si pencari hanya menginginkan pada daerah yang di tuju saja.

Note ,
Pikirkan target tipe kata kunci cocok untuk konten yang akan di buat.

Itulah 4 tipe perlu di perhatikan sebelum menentukan pilihan kata kuncinya. Setidaknya sudah mengetahui tipe apa yang cocok projects blog yang di optimasi.

Sedangkan jenis nya cukup bervariasi , sehingga dari 4 tipe diatas bisa saja memiliki kriteria berbeda.

Jadi ,setelah paham dengan klasifikasi keyword berdasarkan tipe nya, maka kita juga perlu mengetahui pembagian jenis dari kata kunci.

Jenis kata kunci web ,blog ,YouTube.

Dari tipe juga berkembang atau bisa di klasifikasikan lagi menjadi sebuah keyword sesuai dengan panjang pendek nya kata.

Ini merupakan target yang berbeda , antara satu dan lain nya.  Untuk itu kita kenali terlebih dulu deh ..

Pembagian kata kunci menjadi 3,ini berlaku juga untuk semua platform yang akan di optimasi. Baik website, blog, YouTube dan lain sebagainya.


1. Short tail keyword.

Bisa juga di sebut Seed keyword biasanya mempunyai volume pencarian yang sangat tinggi dan di jadikan kata kunci induk.

Kata kunci ini biasanya mengandung 2-3 kata saja dan tingkat persaingan cukup sulit.

Jadi untuk membidiknya membutuhkan waktu dan pendukung konten lain dengan kata kunci sedang dan kata kunci panjang.

Contohnya : "Jasa pembuatan website" yang mana jika di jelaskan lagi, merupakan tipe kata kunci Transaksional yang di pakai user ketika ingin membangun situs.

Jika di contohkan dalam tipe informational berarti bisa juga " Cara membuat website ".

Dari contoh diatas semoga paham ya..

2. Medium tail keyword


Selanjutnya medium tail yang biasanya mempunyai jumlah kata antara 3-4 kata. Sama halnya dengan shor tail, biasanya juga mempunyai jumlah pencari yang tinggi pula.

Penggunaanya yakni sebagai artikel pendukung yang meningkatkan authoritas halaman mendukung Seed keyword ( induk).

Contoh nya dalam bentuk buying keyword  : " Jasa pembuatan website murah " atau "Jasa pembuatan website murah terpercaya".

Jika dalam bentuk information " Cara membuat website PHP" , atau "Belajar membuat website pemula detail".

Dan masih banyak lagi , ini merupakan basic Cara mencari keyword  menetapkan berdasarkan pajang pendek nya kata.

Bisa di lihat perbedaanya kan antara short tail dan medium.

3. Long tail keyoword.


Merupakan kata kunci panjang yang bisa di targetkan . Biasanya Longtail memiliki jumlah pencarian yang relatif lebih sedikit di bandingkan dengan sort tail dan Longtail.

Namun keuntungan nya adalah tingkat persaingan yang relatif lebih ringan.

Jadi untuk website atau blog baru akan lebih mudah naik rangking satu google.

Contoh longtail keyword : " Jasa pembuatan website murah di Tegal " atau " Jasa membuat website dengan wordpress ".

Dan lain sebagainya, .

Jadi jika di baca dengan lengkap semua tulisan diatas seharusnya sih sudah paham dengan pembahasan keyword berdasarkan " Tipe , jenis ,tujuan ".

Tentunya itu juga berlaku untuk mereka yang sedang ingin riset kata kunci YouTube .  Secara umum mencari search volume, keyword difficult, Competitor.


Karakteristik keyword 


Mengenal karakteristik  merupakan pembahasan lanjutan setelah anda mengetahui terkait dengan jenisnya, tipe nya, dan lain sebagainya.

Karakter dari sebuah kata kunci dalam dunia pencarian bisa di bagi menjadi 2.

1. Trending keyword (Viral ).

Merupakan kata kunci yang di cari pengguna ketika pada momen tertentu saja , atau yang sedang viral.

Kata kunci ini biasanya memiliki rentan waktu yang cukup pendek. Sehingga kemungkinan akan menghilang jumlah pencari nya.

Trending kW cukup banyak di pakai oleh media berita, atau YouTube yang memanfaatkan momen tertentu .

Contoh nya , "Kejadian ABC "

Ketika sedang menjadi tranding topic bakalan membludang jumlah pencarinya.

Namun momentum saja , sehingga kemungkinan akan ada trending - trending lain yang berdasarkan kejadian dan menggeser.

Atau akan menghilang setelah termakan waktu,.

2. Evergreen keyword (Abadi).

Merupakan kata kunci yang memiliki jumlah pencarian stabil dari tahun ke tahun. Biasanya kw ini menjadi target utama sebuah website ,kecuali web berita .

Enaknya jika kita bisa mempertahankan peringkat serp , kemungkinan akan mempunyai jumlah pengunjung stabil.

Sifatnya berbanding terbalik dengan artikel trending.


3. Season keyword (Musiman).

Bisa juga di sebut sebagai kata kunci musiman. Sifatnya diantara trending dan kata kunci abadi.

Contoh : "Cara membuat SOP buah "

Kata kunci tersebut umumnya akan meningkat di bulan Ramadan, bahkan bisa jadi menjadi trending.

Perbedaanya adalah , di tahun berikutnya pasti akan muncul kembali dan mempunyai volume pencarian yang cukup tinggi .

Sedangkan di hari biasa volumenya relatif lebih kecil, tetapi tidak menghilang seperti trending keyword.

Note nya,

Tipe
  • Informational , kata kunci yang mengarah ke sebuah infomasi tidak terjadi kesepakatan antara pengunjung dan pemilik situs.
  • Navigation , jenis keyword di pakai pengguna untuk ke sebuah website yang sudah di ketahui oleh pengguna.
  • Buying ,sebuah kata kunci pakai pengguna ketika akan melakukan transaksi. Baik jual beli, kesepakatan dan lain sebagainya.
  • Trending , kata kunci yang memiliki rentan waktu pencarian.

Dan pikirkan target diantara 4 tipe , gunakan short tail dan evergreen yang akan di lakukan Keyword research.

Cara riset kata kunci.


Berikutnya tahapan melakukan Keyword research dan mendapatkan yang tepat sesuai dengan web atau blog yang akan di optimasi.

Dari tujuan mencari kata kunci yakni tidak tentang mencari volume pencaian yang tinggi saja. Karena selain dari volume juga harus mendapatkan persaingan yang ringan ( Sesuai lawan).

Banyak jenis keyword tool yang bisa di gunakan secara gratis. Namun seperti biasa , namanya juga gratis.. ya memiliki kekurangan maupun batas.

Contoh paling di kenal di kalangan para blogger dalam mencari kata kunci "Ubbersuggest".

Disana kita bisa menemukan keyword dengan yang sudah di lengkapi informasi tingkat kesulitan. Atau bisa juga menggunakan google trends, SEMrush ,KW Finder , dan masih banyak lagi yang dapat di gunakan secara free.

Pikirkan ide yang sesuai.

Sebelelum melangkah ke penggunaan tool , tahapan dasar yang harus di lakukan adalah " Pikirkan ide keyword".

Download Whatsapp mod
Cara membuat website
Cara upload website ke hosting.
Tips memilih hosting
Cara mengasuransi hp
Jenis hp 5G

Setelah terpikirkan , maka akan saya coba menjadi Seed keyword atau indukan.

Jadi nantinya akan berkembang, menemukan beberapa kata kunci turunan yang bisa di pakai untuk membuat artikel pendukung.

Atau sebaliknya di eliminasi, tidak di gunakan apabila memiliki tidak memiliki volume pencarian, atau kompetitor nya kuat dan sebagainya.

Itulah fungsinya alat bantu, yakni memberikan beberapa informasi terkait target kata kunci. Bahkan membantu menemukan yang baru, mungkin lebih relevan dan sesuai kapasitas kita.

Saran saja..

Jangan pernah maksain untuk mengambil target dengan kompetitor yang sudah ternama. Sebaiknya hindari, kecuali anda berencana melakukan boost trafik melalui media iklan .

Itu sih boleh saja, karena dengan menggunakan iklan kamu tidak menggantungkan pengunjung dari organik atau mesin pencari.

Nah ,biasanya untuk pemilihan buying keyword dan berencana memakai media periklanan. Contoh , Samsung A20s Murah , Hosting murah .

Dan lain sebagainya..

Cara mencari keyword menggunakan tools gratis.


Untuk pemula seperti saya memang banyak mencari alat bantu gratisan.

Maklum saja, untuk saat ini belum mampu membayar tools premium seperti ahref,SEMrush premium dan lain sebagainya yang berbayar.

Dan berikut beberapa cara riset keyword gratis yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Ubbersuggest.


Langkahnya yang pertama silahkan kunjungi situsnya ,https://app.neilpatel.com/ maka akan menemukan halaman seperti dibawah.
Ubbersuggest

Silahkan isi kata kunci yang akan anda gunakan, set ke area negara indonesia lalu klik "Search". Contoh saya ingine menggunakan "Download whatsapp mod". Maka hasilnya akan seperti di bawah,
Cara riset keyword gratis
Disana dapat anda lihat "Search volume" sebagai angka jumlah pencarian setiap bulan.

SEO Difficulty merupakan para meter tingkat kesulitan / Pesaingan. Jika mengacu pada hasil diatas memiliki tingkat persaingan cukup tinggi. Saran saya ,anda dapat mencari yang mempunyai tingkat kesulitan nilainya di bawah 20 dengan cara gulir kebawah cek "keyword ideas"


Disana dapat melihat tabel lain , karena ada pinsipnya adalah mencari " Volume pencarian tinggi dan tingkat pesaingan rendah " maka bisa memilih " Download whatsapp mod apk".

Daai data contoh kata kunci diatas  kamu bisa simpan dan di kembangkan untuk mencari kata kunci tambahan sebagai pendukung.

Selain itu kamu juga bisa cek satu persatu, apakah data dan KW tersebut relevan di gunakan untuk sebuah situs anda.

Artinya, disini kemampuan kita akan di uji menganalisa jenis kata kunci berdasarkan search intens, apakah transaksional,navigasional, informasi dan lainya. 

2. Riset kata kunci menggunkan google trends.

Merupakan tools resmi milik google yang dapat secara free untuk mencai kata kunci berdasarkan trend pencarian pengguna internet.

Langkahya silahkan kunjungi situsnya langsung,https://trends.google.com/trends/ , pastikan memilih geo lokasi indonesia. Berikut tampilanya,


Disini saya akan mencoba melihat volume pencarian dari "Download whatsap mod apk", dan lihat hasilnya di bawah.
Cara riset kata kunci via google keyword

Disana terlihat hasilnya cukup berbeda menggunakan tools ubbersuggest. Google trend akan muncul grafik tren pencarian menujukan volume pencarian mingguan.

Selain itu untuk mendapatkan ide lain ,silahkan gulir keebawah dan liha "Related queries", maka disana ada ide kata kunci lainya yang bisa di pakai.


Disana terlihat banyak kata kunci yang memiliki keterkaitan sama yang pertama, silahkan bisa ambil untuk kata kunci konten pendukung lain.

Tahapan selanjutnya adalah mengelompokkan , menyiapkan untuk di jadikan konten.

Seperti biasa ,gunakan Excel untuk melakukan mapping Kata kunci dan menganalisa kompetitor. Contoh kali ini saya akan mecoba membuat artikel dan menargetkan kata kunci yang memiliki persaingan rendah.

Mencari kata kunci artikel

Setelah menemukan diatas, karena similar saya akan Coba terapkan keduanya untuk membuat artikel. Tahapan selanjutnya adalah mapping persiapan membuat artikel dengan mencari kata kunci pendukung menggunakan pencarian seperti dibawah.

Related keyword

Yang dilakukan adalah mencari related keyword dengan menggunakan KW target,kemudian perhatikan hasil penelusuran terkait pada bagian bawah. 

Kita dapat memasukan kata yang di Bold kedala sebuah atikel, caranya copy saja lalu masukan ke excel. Lihat screenshot di bawah.
Mapping kata kunci
Contoh mapping Keyword sederhana
Setelah semua terkumpul dapat di kelompokan menjadi seerti diatas, dan analisa komptetito anda. Mulai dari DA PA, Jumlah kata, Jumlah gambar dan lain sebagainya.

Setelelah semua sudah siap, lanjut deh ke menulis artikelnya. Pada prinsinya seo bukan mengakali google, jadi agar bisa page one setidaknya Menangkan konten anda dari lainya. Mulai dai jumlah kata, kualitas dan hingga yang memungkinkan bisa di unggulkan.


Setelah di praktekan dengan optimal memungkinkan mampu muncul di pencarian. Disana terlihat saya menggunakan test artikel dan menarget kata kunci "Cara cek garansi asus" dan dalam waktu 1 Jam sudah mulai mucul di halaman pertama.

Mungkin google dance sih, buat saya gak masalah,,, karena seo bukan hal instan. Apabila tulisan nya bagus ,optimis naik dan bertaha.

Hasil riset kata kunci



Itulah cara mendapatkan kata kunci yang bisa saya,semoga bermanfaat dan mudah di pahami. Silahkan praktekan. Dan coba terus hingga berhasil mendapat apa yang di inginkan.

0 Response to "Cara Riset keyword untuk website, blog Paling simpel"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel