Cara cek RAM dan Memori Hp Android Semua tipe

Daftar Isi [Lihat]

 Cek RAM dan Memori internal hp - Tidak perlu membongkar untuk mengetahui spesifikasi dan kapasitasnya. Karena setiap perangkat telah di bekali dengan informasi terkait dengan spek secara lengkap.

Informasi tersebut menjadi sebuah acuan dan pertimbangan pembeli ketika akan membeli hp baru atau second.

 Informasi spesifikasi tersebut berisi mulai dari kapasitas baterai, CPU yang di gunakan, Chipset dan RAM ,Memori internal yang di miliki.

Bagaimana cara mengecek ram ,? Kapasitas nya memiliki peranan sangat penting , menunjang performa smartphone. Semakin besar kapasitasnya, semakin baik pula kemampuannya dalam mengerjakan tugas dari pengguna.

Sama halnya dengan memori internal ,pengguna bisa melakukan banyak penyimpanan file ,aplikasi, gambar dan berbagai jenis lainya sesuai keinginan pengguna.

Artinya, semakin besar memori internal yang di miliki oleh perangkat tersebut, maka semakin banyak.pula daya tampungnya.

Memori dan ram merupakan komponen yang sama pentingnya , bekerja sebagai media penyimpanan.

Namun secara karakteristik dari keduanya sedikit berbeda ,ram menyimpan data secara sementara ( Volatile) sedangkan Memori internal menyimpan data secara tetap (Non Volatile).

Cara mengecek ram hp

RAM dan Memori internal Android

Secara tugas Ram dan memori internal bisa kita bilang sama. Pada prinsipnya menyimpan file atau data.

Namun secara sifat keduanya bertolak belakang, RAM menyimpan data secara sementara, sedangkan Memori internal menyimpan data secara tetap. 

Secara umum keduanya memiliki peranan sangat penting untuk mendukung kinerja perangkat. Semakin besar kapasitas yang di miliki , maka dapat di pastikan mempunyai performa samrtphone cukup baik.

Penjelasan RAM Hp android.

Mengecek Ram android

RAM Adalah kependekan dari Random Acsess Memori. Yakni memori yang dapat di akses secara acak oleh sistem , menampung data proses yang bersifat sementara.

Semua file yang tersimpan didalamnya akan hancur dan hilang secara otomatis ketika perangkat mengalami proses Reboot atau di matikan.

Inilah yang di maksud dengan Volatile, yakni kemampuannya bergantung terhadap arus atau daya.

RAM hanya bisa berfungsi ketika mempunyai aliran daya. 

Mempunyai kapasitas, 

Nah dalam hal ini mengecek ram hp adalah sebuah proses untuk mengetahui kapasitas yang di miliki.

Hampir semua perangkat Android mempunyai komponen berbentuk chip ini. Mulai dari hp Samsung, Oppo, Xiaomi,Vivo,Realme ,Advan maupun Nokia.

Kapasitas ram bisa di cek tanpa harus membongkar nya. Berbagai alasan dan kepentingan mengapa harus mengecek, atau memilih hp ram besar.

Garis besarnya adalah, semakin banyak dan besar spek ram , maka kemampuan daya tampung data proses juga banyak.

Kaitannya, 

Performa faktor perangkat Android. Yakni menjalankan aplikasi berat, multi tasking tinggi dan tas respon pada saat hp tersebut mempunyai spek ram besar.

Biasanya kita bisa menjumpai kapasitas ram dalam satuan MB, GB.

Mega byte dan Giga Byte, yakni sebuah satuan yang menjadi acuan kapasitas. Mulai dari 512mb atau 8GB dan berbagai varian lainya.

Penyimpanan data proses akan tersimpan secara otomatis, sehingga seringkali kita tidak sadar tiba - tiga ram penuh.

Sistem akan menyimpan berkas aktifitas penggunaan perangkat kedalam memori yang kita sebut RAM ini.

Jadi, semakin banyak aplikasi yang di buka maka akan semakin banyak pula berkas data proses tersimpan pada ram.

Ini akan memungkinkan free space semakin sedikit, sehingga perfomanya menurun.

Untuk apa data proses tersimpan dalam ram ?

Pada saat mengoperasikan aplikasi atau menggunakan ponsel pintar , sistem akan menyimpan berkas file proses kedalam RAM. Secara mudah bisa di artikan sebagai media pembantu chipset mengakses secara cepat secara acak data sistem.

Sehingga chipset tidak perlu melakukan perulangan ,pemanggilan kedalam Rom.

Apabila RAM Hp full.

Tidak baik juga apabila ram full , secara umum akan berpengaruh terhadap kinerja perangkat menjadi melambat.

Disinilah pentingnya memiliki hp dengan spesifikasi ram yang besar,sehingga menekan potensi masalah yang di timbulkan karena ram sudah penuh.

Berikut potensi masalah yang di sebabkan karena ram hp penuh.

  1. Terjadi Froce Close program / Aplikasi menutup secara tiba-tiba biasanya ini terjadi secara berulang. Jadi tidak heran pada saat pakai smartphone dan membuka aplikasi terdapat notifikasi "Sayangnya aplikasi terhenti" ini biasanya di karenakan sistem tidak dapat menampung berkas sistem kedalam ram.
  2. Error' atau not responding, perangkat tidak dapat menyimpan data proses menimbulkan aplikasi tidak merespon.
  3. Hp Lemot , pemakaian perangkat atau proses mengerjakan membuka aplikasi menjadi lebih lambat.
  4. Smartphone cepat panas, beban proses menjadi berat lambat dan terjadi peningkatan suhu pada komponen.
  5. Reboot , umunya pada sat Beben sudah tidak tertampung lagi, umunya sistem akan melakukan " Reboot otomatis" , menutup aplikasi otomatis , Dan lain sebagainya.

 Itulah beberapa potensi yang terjadi ketika memori ram full. Biasanya banyak terjadi pada smartphone dengan kapasitas ram kecil.

Memori internal.

Sama halnya dengan ram, memori internal juga sama pentingnya. Semakin besar kapasitas memori internal ini akan secara langsung dapat di rasakan dan terpantau oleh pengguna.

Contohnya , pada saat akan menyimpan file , aplikasi semakin besar memori hp kamu maka akan semakin banyak jumlah yang tersimpan.

Jika pada ram pengguna tidak bisa melihat data apa saja yang tersimpan didalamnya, ini berbeda dengan memori internal.

Kamu bisa memantau berbagai jenis berkas yang tersimpan, mulai dari lagi, file doc ,file txt, file xls maupun tipe lainya yang ingin di simpan oleh pengguna.

Apabila pada ram tidak bisa melibatkan pihak ketiga untuk membantu menampung data, berbeda dengan memori internal. 

Pengguna dapat memanfaatkan memori External untuk membantu membangun penyimpanan, menyimpan file ke Drive online, memindah foto ke flashdisk, menyimpan data ke komputer dan lain sebagainya yang intinya mengurangi penggunaanya.

 Tidak peduli dengan penyimapanya, membiarkan penuh bisa berakibat tidak baik pula terhadap Perfoma dan kinerja perangkat.

Disinilah alasan mengapa kita harus mengecek memori internal hp, mulai dari free space , kemampuan daya tampung.

Pada saat  memori internal full, dan di lakukan pembiaran secara terus menerus bisa berakibat fatal.

Peranan dan fungsinya sama saja di berbagai merek smartphone , baik berbasis android (Vivo,Lenovo, Advan, Nokia , Samsung) maupun perangkat berbasis iOS (iPhone).

Jumlah tampungan daya pada suatu media penyimpan internal ini di pengaruhi oleh spek yang di tentukan dengan satuan , MB (Mega Byte),GB (Giga Byte), TB (Tera Byte).

Dan semakin banyak besar kapasitasnya,maka semakin baik kemampuannya.

Semakin banyak free space maka perfoma smartphone akan semakin bagus, tidak berbeda dengan ram.

Karakteristik Rom 

Sifat Memori internal adalah kebalikan dari RAM. Memori internal menyimpan data secara tetap dan tidak akan terpengaruh terhadap aktifitas penggunaan ponsel ( Buka aplikasi) , kecuali download, simpan gambar.

Jika ram akan kembali kosong pada saat hp di reboot ,internal tidak akan berpengaruh kecuali telah menghapus atau memindahkan data dari penyimpanan internal ke memori external.

Memori internal dan ROM.

Kesimpulannya, memori dan ram adalah dua komponen yang berbeda. Meskipun memiliki tugas dan fungsi nyaris serupa, tetapi secara karakteristik sangat bersebrangan. Ram menyimpan data secara sementara, sedangkan memori internal menyimpan data secara tetap.

Sedangkan bagaimana dengan Rom ? Banyak menganggap bahwa memori internal adalah ROM.

Bahkan ada juga yang berasumsi bahwa Rom adalah sebuah firmware flash yang terdapat pada emmc. 
Sepeti penyebutan Rom Oppo, Rom Xiaomi Global dan lain sebagainya yang menyatakan bahwa itu adalah sebuah file.

Bagaimana penjelasanya, dan mana yang benar ? Nah sampai saat ini juga saya masih ambigu. Karena keterkaitan bahasa yang telah menyebar luas.

Namun apabila mengacu pada nama (ROM) Maka bukan sebuah file firmware.

Kepanjangan dari Read Only Memory , maka bisa di deskripsikan Rom adalah sebuah media penyimpanan. Bukan file yang di flahs ke perangkat.

Seperti penyebutan jenis Rom seperti dibawah:

Stock ROM , frimware dasar OS android Yang berfungsi untuk program utama.  Menyimpan file program lain agar perangkat pintar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Custom ROM merupakan jenis frimware non resmi di rilis oleh pengembang non official. Umunya Rom ini telah melewati modifikasi penambahan fitur sesuai dengan ketentuan pengembangnya.

Keduanya akan tersimpan pada ROM ( memori internal).

Apabila memori internal hp Full ?

1. Hp menjadi lemot.

 Menyebabkan hp lelet , beban berat perangkat menimbulkan  ponsel bekerja secara keras.

Jadi, salah apabila kecepatan ponsel hanya di pengaruhi oleh faktor chipset saja, semuanya berkaitan kok.

2. Menyebabkan Bootloop.

Bahkan untuk kemungkinan terburuk pembiaran memori internal penuh bisa berdampak pada Bootloop.

Ini jarang di sadari ,sistem tidak dapat bekerja karena load memori tidak cukup dan stuck logo.

Tidak ada cara lain mengatasi Bootloop kecuali dengan flash atau hard reset. Hal itu akan mengakibatkan anda kehilangan semua data yang ada dalam perangkat.

3. Hp Sering lag.

Hp menjadi sering mengalami lag, tidak merespon sentuhan.

4. Hp Not responding.

Aplikasi tidak menanggapi atau froce close program. Jika memori pada hp kamu ful , tentu akan sering mengalami hal tersebut.

5. Tidak bisa menginstall aplikasi dan menyimpan file.

Dan dampak buruk yang lainya adalah tidak dapat install aplikasi. Ini sudah tentu, kamu tidak bisa memasang aplikasi apapun pada saat memori internal hp android penuh.

Tips

Pindahkan file penting ke flashdisk, hardisk, SD card atau  penyimpanan online. Contohnya google Drive. Dan menghapus file, aplikasi tidak terpakai.

 

Cara cek RAM dan Memori internal Hp.

Apakah bisa di cek memori internal dan Memori internal hp?
Tentu bisa, pada ulasan kali ini pembahasan cukup lengkap. Mengecek ram hp Vivo, Xiaomi dan android lainya.

Cara mengecek Ram dan Memori di Hp Vivo.

Bagi kamu pengguna ponsel Vivo,kamu dapat cek kapasitas ram dan memori internal.

Caranya.

Silahkan buka ponsel lalu masuk ke menu, pilih "Pengaturan" >"Pengaturan Lainya" Seperti gambar di bawah.

Cara cek ram dan memori internal hp vivo

Tahap 2 , gulir lalu pilih "Tentang ponsel". Pada halaman about phone kamu bisa melihat spesifikasi ram dan memori internal hp Vivo.

Cara tersebut dapat di lakukan pada semua tipe smartphone Vivo. Itulah teknik cek ram dan memori hp yang pertama.

Cara mengecek RAM HP Samsung

Bagi pengguna Smartphone Samsung juga bisa mengetahui kapasitas ram yang di miliki. Melihat kapasitas memori internal, sisa terpakai dan total keseluruhan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui spesifikasi hp secara keseluruhan.

Berikut langkahnya,

Silahkan masuk ke menu ponsel Samsung kemudian tap "Pengaturan atau Settings".

Kemudian gulir kebawah , tap "Device" lanjut ke "Maintenance" > " Memory".

Maka kamu akan melihat informasi ram dan memori yang terdapat pada perangkat tersebut.

Cara kedua ,

Kamu dapat masuk ke "menu > Setelan lalu tap "Aplication".

Kemudian pilih "Aplications manager ".

Cara melihat ram hp samsung

Lalu geser ke tab ,"Running" , maka tersapat pemakaian serta status ram hp Samsung tersebut.

Info ram dan memori hp samsung

Dari screenshot diatas terlihat informasi pemakaian ram.

Cara mengecek RAM HP Oppo

Untuk pemilik hp Oppo Smartphone juga bisa cek kapasitas ram maupun memori internal tanpa menggunakan aplikasi bantuan apapun.

Hampir setiap smartphone telah di bekali dengan informasi spesifikasi secara lengkap. Mulai dari kapasitas ram, Rom, sistem operasi maupun fitur lain bawaan perangkat tersebut.

 Melihat spek ram Oppo dan kapasitas memori internal.

Step 1, masuk menu smartphone Oppo dan pilih "Settings".

Step 2 , turun ke bawah, pilih "About phone atau tentang ponsel". Maka tertera informasi terkait dengan spesifikasi ram ,memori dan lain sebagainya.

Atau bisa juga melalui  "Pengaturan " , "Pengaturan Tambahan" ,"Penyimpanan" , "Manager file" Untuk mengetahui sisa memori internal dan pemakaiannya. Maka tampilanya seperti di bawah.

Cek memori hp oppo

Dari gambar diatas kamu bisa melihat sisa pemakaian , dan ruang bebas yang bisa di pakai untuk menyimpan file pada memori internal.

Mengecek RAM dan Memori HP Xiaomi

Berikutnya pada smartphone Xiaomi. Di gadang gadang sebagai versi iPhone China , memiliki desain menarik namun harga relatif lebih murah.

Smartphonenya kebanyakan memiliki spesifikasi yang bagus, ram besar, memori internal mumpuni dan lain sebaginya.

Kamu dapat mengetahui secara langsung spek ram dan memori internal Xiaomi tanpa mengunakan aplikasi tambahan melalu cara berikut :

Masuk menu lalu pilih "Setelan" atau "Settings" lalu pilih "tentang ponsel" ,Maka tampilanya seperti Screenshot di bawah.

Cek ram dan memori internal xiaomi

Gambar diatas terlihat informasi lengkap tentang smartphone yang anda pakai saat ini . Mulai dari kapasitas ram, memori internal, versi MIUI maupun android yang di pakai.

Bagaimana cara mengecek sisa ram terpakai ?

Langkahnya sangat mudah , hanya dengan menekan tombol recent yang terdapat di bagian kiri layar kamu. Maka akan muncul Info pemakaiannya.

Mengecek ram xiaomi
Dari gambar tersebut terdapat info spek keseluruhan ram Xiaomi dan sisa yang terpakai.

 Mengecek RAM , Memori internal HP Asus.

Pada hp Asus juga terdapat informasi pada saat akan mengetahui sisa ram dan kapasitas memori hp nya.
Sama dengan merek lainya, cukup dengan mengakses "About phone".

 Caranya buka pengaturan , pilih "About " / tentang.
Lalu pada menu tersebut akan terdapat banyak informasi, silahkan tap "Hardware information" untuk mengetahui spek ram dan memori Asus.

Cara ke 2
Swipe notifikasi bar hp Asus kamu, kemudian pilih logo pengaturan "Icon Gear".
Scroll , lalu pilih memori. Maka kamu bisa mengetahui kapasitas internal storage dan ram.
Mengecek ram dan memori hp asus

Mudah kan, kamu bisa mencobanya sob.

Cara melihat Spek Ram dan Memori Hp Realme.

Realme merupakan salah satu merek yang terbilang muda di pangsa pasar Indonesia. Namun menawarkan spesifikasi sangat baik, Kualitasnya juga tidak di ragukan karena Realme merupakan subbrand dari Oppo

Realme smartphone rata rata mempunyai ram dan memori besar, kamu bisa melihatnya dengan cara berikut.

Buka menu ponsel realme kamu, lalu pilih pengaturan.

Lanjutkan ke , pilih "Pengaturan tambahan", pilih opsi "penyimpanan".

Maka kamu akan menemukan informasi penyimpanan dan ram Realme.

Cara Melihat RAM HP dengan Aplikasi.

Selain memanfaatkan fitur dari perangkat, pengguna juga bisa memakai aplikasi lain untuk membantu pengecekan.

Banyak aplikasi gratis di download melalui google play yang berfungsi mengecek keseluruhan spesifikasi hp.

Bahkan di lengkap dengan fitur menarik lain sepeti mengetahui kapasitas baterai, kesehatan baterai, dan lain sebagainya. 


Aplikasi CPU-Z.

Aplikasi CPU-Z adalaj tools yang dapat di gunakan sebagai spesifikasi ponsel dan cek hardware untuk semua merek hp. 

Cara pakai aplikasi cpu-z untuk mengetahui kapasitas ram, memori internal pada smartphone.

 Download dan install aplikasi Cpu-z melalui google play.

Setelah terpasang , buka CPU-Z ,tunggu analisa spek selesai.

 Setelah selesai, pilih tab "Device" maka muncul seperti dibawah.

Melihat ram hp dengan aplikasi

Terlihat kapasitas ram available dan internal storage , available storage.

Aplikasi AIDA64

Masih banyak aplikasi lain berfungsi mengecek spesifikasi smartphone lengkap, salah satunya adalah AIDA64.

Menganalisa hardware dan memberikan info lengkap. Seperti memori internal, Ram,CPU,Display ,baterai,versi android masih banyak lagi.

Langkanya

 Kunjungi play store dan download, install AIDA 64.

Kemudian buka app AIDA64 yang terpasang di hp. Tunggu hasil analisa keseluruhan smartphone.

Jika sudah selesai, cek total memori, maka terlihat jumlah RAM serta kapasitas memori internal .

Selesai.

Demikian artikel informasi cara cek ram dan memori internal Android yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara cek RAM dan Memori Hp Android Semua tipe "

Post a Comment

Iklan paling Atas

Iklan Tengah konten 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel