Jenis Algoritma Google dan Fungsinya lengkap.

Algoritma google - Sebagai seorang webmaster atau blogger tentu harus paham tentang SEO. Tidak bisa di abaikan begitu saja, ilmu SEO merupakan kiat-kiat yang memungkinkan website mempunyai banyak pengunjung Dan di sukai mesin pencari.

Salah satu diantaranya adalah paham konsep dan cara kerja dari masing masing algoritma google.

Secara garis besar SEO merupakan teknik optimasi website agar menjadi rekomendasi dalam pencarian sesuai keyword. Teknik optimasi ini tidak lepas dari mematuhi algoritma google. Apa saja jenis algoritma google, dan bagaimana mereka menentukan rangking terhadap website.

Mengenal Jenis algoritma google dan pengertian nya .

Jenis algoritma google

Tahapan belajar SEO tidak lepas dari memahami terkait algoritma google. Algoritma google adalah, merupakan sistem yang di gunakan oleh mesin pencari untuk menganalisa , mengambil data, menentukan rangking  website yang terbaik. Sehingga dalam setiap algoritma memiliki parameter dan tolak ukur yang dapat menetapkan kelayakan website untuk muncul di hasil pencarian sesuai dengan relevansi keyword yang di tulis oleh user (Pengguna internet).

Cara kerjanya tidak sesederhana "Tunjuk hidung", sistem yang sangat komplek diatas adalah gambaran sederhana saja.

Semua algoritma bekerja sama, dengan mengkombinasi dan menentukan rangking pada halaman pencarian.

Update algoritma sering kali dilakukan, hal ini cukup jadi momok menegangkan bagi para webmaster ,blogger. Pasalnya jika website mereka yang di nilai buruk bisa saja menjadi tidak memiliki peringkat.

Jadi untuk memiliki pengunjung hanyalah mimpi, dalam hal ini visitor organik.

Nah, secara brutal bisa saja blog ini di tenggelamkan dan tidak muncul di hasil pencarian. Iya, tentu apabila menurut algoritma tidak layak, ..

Ujungnya adalah user experience, google menginginkan menampilkan halaman yang berkualitas sesuai dengan kata kunci di ketik pada mesin telusur.

Disitulah fungsi dari algoritma,yakni melayani pengguna internet dalam melakukan penelusuran dan memberikan hasil terbaik.

Begini kurang lebih kerjaan dari algoritma, lihat screenshot dibawah.
Cara kerja algoritma menampilkan penelusuran.

Dari contoh diatas saya mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci pertama " Ayam kalkun betina".

Oke, dihasil penelusuran teratas menampilkan website / blog yang memberikan informasi terkait ayam kalkun betina. Apa saja yang di ulas didalamnya, ??

Secara garis besar web tersebut menginformasikan " membedakan jenis ayam kalkun betina dan jantan" ,"Menceritakan ciri fisik" dan lain sebagainya.

Apakah menjawab Dari keinginan pembaca,menjawab orang yang  menelusuri dengan kata kunci " Ayam kalkun betina" ?

Lanjut ke studi kedua, yakni saya mencoba melakukan penelusuran dengan kata kunci " Algoritma Google ".

Disana  saya ambil dua website yang mampu nangkring di halaman pertama.

1. Update algoritma google 2020
2. Mengenal,memahami dan menghadapi algoritma google.

Dari website pertama mengulas terkait dengan update algoritma yang telah di lakukan.

Dan website kedua secara juga mengulas terkait update ,jenis, cara kerja dari algoritma.

Dari situ belum bisa kita simpulkan begitu saja terkait kerangka dari hasil penelusuran, dan bagaimana kita bisa menyimpulkan secara sederhana.

Sebentar ,kita lihat screenshot di bawah terkait kata kunci "Jenis Algoritma Google ".

Hasil penelusuran kata kunci jenis algoritma google.

Screenshot diatas dengan kata kunci jenis algoritma google muncul dihalaman pertama dan rangking satu adalah website yang mengandung informasi terkait berbagai jenis-jenis algoritma .

Perbedaanya,? Bukankah screenshot pertama juga mengulas terkait varian algoritma, mengapa tidak muncul di kata kunci jenis algoritma google.

Dari situlah kita mulai mengenal dengan bagaimana mereka bekerja, bagaimana algoritmanya melakukan rangking di SERP. Jika kita kunjungi wesbiste nya, screenshot pertama merupakan atikel yang mengulas seagian besar terkait update nya.

Dari situ bisa di simpulkan..

Jadi ketika seseorang mengetik kata kunci "Algoritma google ",  maka mesin telusur cenderung merangking website yang membahas terkait aktifitas update.

Dan pada saat menggunakan kata kunci lebih spesifik " Jenis Algoritma google " , maka menampilkan hasil website yang mengulas terkait macam-macam algoritma dan cara kerja atau fungsinya.

Loh bukankah semuanya sama-sama membahas tentang update , jenis, cara kerja algoritma ?

Disinilah kecanggihan dari sistem yang mereka miliki, sehingga dapat menyimpulkan situs mana yang paling relevan untuk muncul di penelusuran .  Rank brain mampu membedakan antara konten yang berisi tentang jenis secara lengkap,dan artikle yang membahas tentang perkembangan.

Berikutnya ke tahap mengenal jenis dari algoritma google.

Ini merupakan pondasi dasar memahami dari karakteristik search engine, sehingga setiap mereka yang belajar SEO sudah seharusnya mengetahui algoritma yang di miliki google .

Update algoritma menjadi hal yang paling menegangkan bagi sebagian webmaster. Perubahan yang di lakukan dapat mempengaruhi trafik.

Apabila website di nilai baik dan layak sesuai parameter algoritma, maka memungkinkan peringkat nya naik .

Jika sebaliknya,tentu akan merosot bahkan tidak menutup kemungkinan berdampak buruk seperti , tidak muncul di pencarian ( sanbox) karena kena pinalty, peringkat turun dan di gantikan web lain.

Itulah pentingnya memahami karakteristik dari algoritma, dan menjadi acuan dalam mengoptimasi website agar lebih SEO friendly.

Secara garis besar cara agar web SEO friendly adalah dengan mengetahui kemauan dari mesin pencari. Dan mensin pencari di menggunakan algoritma sebagai faktor / alat merangking website.

Jadi..  algoritma google adalah pondasi memahami search engine optimisation.

Apa saja algoritma google yang telah di luncurkan dan dijadikan alat ? Berikut jenis nya.

Jenis algoritma google dan tips optimasi SEO.

Tidak hanya satu algoritma saja, google memiliki beberapa algoritma dan tugas nya masing masing.

Semuanya mempunyai kapasitas dan tugas menyimpulkan data situs, melakukan rangking faktor untuk menetapkan posisi pencarian dari relevansi kata kunci pengguna.

Berikut daftar algoritma yang perlu di ketahui blogger.

1. Google Panda.


Dirilis pada bulan kedua di tahun 2011 yang cukup penting di perhatikan. Peranan nya sangat fundamental untuk memperoleh peringkat di halaman pencarian , sehingga panda tidak dapat di abaikan begitu saja oleh praktisi seo untuk di pelajari cara kerja dan fungsinya.

Bagi sebagian blogger pemula wajib mengetahui parameter kerja yang di lakukan nya. Yakni terkait kontenya, pasalnya jika salah memproduksi konten ,bukanya muncul halaman pencarian google malah nyungsep.

Bahkan tidak mampu bersaing dengan artikel lain karena di nilai oleh pada konten tersebut tidak memenuhi kriterianya.

Pada awalnya panda merupakan filter score website, yakni mengukur kualitas halaman.

Penilaian nya yang di lakukan adalah terkait kapasitas artikel, spaming dan stuffing keyword,plagiarisme.

Mulai di tahun 2016 panda di jadikan algoritma resmi yang di gunakan google . Menetapkan nya sebagai faktor hasil pencarian .

Dalam belajar SEO tentu ketikatanya sangat erat dalam menulis artikel. Nah , untuk memenuhi keinginan dari algoritma panda sudah jelas kamu harus menghindari dari hal hal yang di nilai buruk oleh panda.

A. Plagiarisme, tidak dapat di abaikan satupun termasuk dalam membuat artikel SEO friendly wajib memperhatikan ini.

Jika website anda berisi tulisan plagiat, tentu akan tersandung oleh google panda.

Apa itu plagiarisme atau plagiat, merupakan penjiplakan karangan ,artikel dari situs lain yang seolah merupakan hasil karya sendiri.

Contoh paling mencolok adalah artikel copy paste.

Terus apakah kalau bukan artikel salinan bisa menjadi rangking satu pencarian.?

..tidak serta Merta langsung page one , karena masih banyak faktor lain dari karakteristik penilaian panda.

B. Bobot konten , dan score metrix yang kedua di jadikan parameter adalah tingkat kekayaan dari artikel. Jadi logika nya seperti ini..

Ada dua artikel pembahasan yang sama, .
  1. Pertama hanya 400 kata, pembahasannya sempit.
  2. Dan kedua 1000 kata, dan pembahasannya luas lengkap.

Jika anda diminta menunjuk ,mana akan di rekomendasikan ketika ada orang lain bertanya ? Tentu secara normal kamu akan memberikan artikel kedua. Dan itulah salah satu tugasnya.

Skor yang di nilai dalam konten juga tidak lepas dari sebuah kualitas, sehingga buka serta Merta semakin banyak jumlah kata maka langsung halaman 1.

Analogi tentang bobot konten yang kedua seperti ini,. Apabila diminta memilih.

  1. Artikel hanya 400 kata , tapi singkat padat mewakili dari kata kunci.
  2. Artikel 1000 kata, mewakili kata kunci , namun hasil dari plagiat.

Mana yang akan kamu pilih ..? Tentu akan memberikan nomor 1 bukan , ..

C. Duplikat konten,Tugas berikutnya adalah menentukan ,menganalisa sebuah situs terkait dengan tingkat similar antar artikel.

Artinya panda mengkoreksi antar artikel, keterkaitan antar satu dan lainya. Semakin blog tersebut membahas topik lengkap itu menunjukan sinyal bagus.

Tetapi kesalah nya adalah apabila mempunyai artikel similar dengan kata kunci dan pembahasan yang sama. Disinilah panda bekerja dan membandingkan kelayakan dari salah satunya saja..

2. Penguin.

Apabila pada sektor isi di perankan oleh panda, maka sisi lain juga terdapat sistem lain yang mengawasi tautan dan anchor tex pada blog.

Di rilis tahun 2014 ,aplil 24 dan di tetapkan menjadi inti di tahun 2016 dalam menentukan rangking berdasarkan kata kunci penelusuran .

Disinilah para praktisi SEO mempertimbangkan internal lingking ,outbond link , dan backlink.

Optimasi jumlah link yang tidak sesuai dengan relevansi ,jumlah yang berlebihan yang dengan sengaja untuk manipulasi target kata kunci memungkinkan dianggap negatif poin.

Pembahasan backlink sendiri cukup luas ,mulai dari internal linking

Internal link adalan menghubungkan artikel 1 dengan lainya dalam satu situs dengan tujuan mempermudah navigasi dan memberikan link ekuitas.

Hiperlink ini cukup baik jika antara halaman konten memiliki keterkaitan , nah permasalahanya jika di paksakan. Sehingga ini justru dianggap tidak sehat.

Dalam peranan algoritma pinguin mampu mendeteksi dan menganalisa seberapa relevan , dan mengambil Matrix kualitas menjadi acuan skor situs.

 Outbond link Link adalah link yang mengarah ke website lain, di satu sisi ini baik untuk website anda apabila di lakukan dengan benar. Disisi lain juga dapat berfek buruk di mata google pinguin. 

Artinya jika link mengarah ke situs lain merupakan referensi, dan secara reputasi lebih bagus dari blog anda ini bisa dianggap bagus.

Tetapi, rasionya juga diperhitungkan .. apabila situs anda memiliki banyak outbond link, mungkin dapat dianggap sebagai spam .

Penilaian negatif tersebut yang menyebabkan sulit mendapatkan peringkat serp.

Backlink, merupakan tautan yang berasal dari situs lain yang mengarah ke blog kita.  Sama halnya dengan penilaian diatas.

Secara umum jumlah anchor text dan keberagamaan nya terlihat memanipulasi menarget kata kunci itu akan menjadi buruk di mata pinguin.

Atau backlink jumlah banyak dari situs memiliki reputasi buruk, itu juga praktek SEO yang tidak bagus.

Clue nya , sih tidak ada manipulasi yang memaksa dalam internal linking antar halaman . Buat senatural mungkin , tidak membangun backlink dari situs yang memilki reputasi buruk.

Selain itu , internal linking tidak di sarankan menggunakan kata kunci sama dalam jumlah banyak yang bertujuan mengarah satu artikel saja.

3. Pigeon

Mahami setiap prinsip kerja dari masing masing algoritma google merupakan hal yang fundamental untuk membangun website sehat dan terhindar dari pinalty google.

Termasuk peranan pigeon yang siap selalu menilai dari sisi on page dan off page.

Banyak poin yang harus di lakukan untuk optimasi SEO on pages, diantaranya  :

Membuat artikel yang SEO friendly.
Kecepatan website,
Memasang meta tag dan lain sebagainya yang menjadi tolak ukur.

Cukup komplek, termasuk SEO off pages yakni hal hal yang terkait optimasi di luar dari situs .

Pigeon meranking halaman berdasarkan penelusuran lokal. Memungkinkan artikel  tersebut mampu muncul halaman satu pada area tertentu ,sementara dapat berubah ketika di lokasi IP pengguna yang berbeda.

Pigeon dirilis 24 Juli 2014 tentunya bertujuan meningkatkan pengalaman pengguna lebih baik.

Yang terpenting dalam mengoptimasi pigeon adalah melakukan yakni melakukan targeting pada keyword lokal.

Contohnya diantaranya, dengan memperbanyak artikel yang mengarah ke suatu daerah tertentu.

Contohnya, jasa pembuatan website Tegal, atau jasa SEO Tegal.

4. Hummingird.


Inilah keturunan dari panda, dimana skor rangking yang konsentrasi terhadap kata kunci atau artikel yang di sajikan.

Dirilis pada tanggal 22 Agustus 2013 yang mampu menilai tingkat kepadatan keyword halaman website .

Mulai dari kata kunci utama, persamaan kata seberapa baik penggunaan dan penempatannya. Selain itu kecerdasan nya tidak hanya serta Merta menilai dari sisi jumlah.

Artikel yang disajikan harus bermakna, artinya untuk blogger yang hanya menilainya dari sisi quantitas jelas akan bermasalah dengan hummingbird.

Baik dalam struktur bahasa menulis, dapat di mengerti dan mempunyai kata kunci relevan dengan isi artikel.

Kelayakan nya bisa di nilai secara sederhana, contohnya membuat artikel "Cara menulis artikel yang bagus".

Secara tata bahasa seharusnya dari kata kunci tersebut seharusnya adalah berisi tentang "panduan membuat artikel".

Kemudian turunan dari bagus nya adalah ,menjabarkan kaidah penggunaan berbagai instrumen pendukungnya.

Artinya jika judul lengkap nya terkait SEO , mereka harus mampu menjelaskan tata cara supaya "Ramah mesin pencari".

Sebaliknya apabila isi nya justru tentang tutorial menulis buku, tentu tidak akan relevan antara judul dan isi serta target kata kunci.

Apa yang harus di perhatikan menghadapi algoritma ini, penggunaan kalimat, struktur penulisan, penempatan kata kunci,tingkat kelayakan penggunaan sinonim menjadi garis besar hummingbird.

5. Mobile

Pengguna internet mengalami kemajuan yang sangat pesat, jika awalnya rata-rata pengunjung berasal dari komputer kini banyak dari pengguna smartphone.

Algoritma mobile di Riau pada tahun 2015, 21 April. Yakni bekerja menganalisa halaman situs yang diakses melalui ponsel.

Dari skala prioritas antara 2 situs yang mobile friendly dan hanya mendukung versi desktop, maka secara peringkat akan di menangkan oleh yang responsive.

Menghadapi algoritma ini cukup sederhana ,yakni dengan membangun situs yang memilki halaman seluler.

6. Possum

Dirilis pada 1 September 2016 merupakan algoritma yang menempatkan artikel sesuai dengan lokasi pengguna.

Keterkaitan nya dengan pigeon cukup erat dalam menentukan rangking kata kunci berdasarkan wilayah tertentu.

Algoritma possum menekan pada kata kunci lokal lebih spesifik untuk meningkatkan pengalaman pengguna lebih detail. Dari sinilah para webmaster yang mengoptimasi bisnis dengan target wilayah lokal.

7. Rank Brain


Rank brain merupakan algoritma yang mampu mendefinisikan konten sesuai dengan ejaan kalimat dan menjadikan faktor rangking.

Dirilis pada bulan Oktober ,tanggal 26 ,2015  yang menekankan query penelusuran lebih spesifik .
Menilai konten tidak hanya berdasarkan jumlah kata kunci saja, bukan sekedar ter optimasi secara penerapan penempatan keyword , namun setiap paragraf yang perlu mempertimbangkan bobot daris setiap ulasan.

Algoritma rank brain berfokus terhadap kepuasan pengguna , hal tersebut dapat di lihat dari berbagai aspek.

Cara menganalisa kepuasan?

Google memiliki tolak ukur yang dapat menjadi kesimpulan kepuasan terhadap hasil serp.

Parameter yang di gunakan dalam mengukur kepuasan pengguna diantaranya.

I. Bounce Rate

Rasio pentalan menjadi salah satu tolak ukur mengetahui seorang pengunjung puas atau tidak.

Perbandingan pengunjung yang melakukan klik terhadap hasil penelusuran dan meninggalkan suatu blog / website.

Bounce rate mengukur keseluruhan jumlah pengunjung , dan membandingkan jumlah yang langsung meninggalkan.

II. Click Through Rate (Organic CTR).
Cukup erat dengan rasio pentalan, ctr adalah jumlah pengunjung dari kata kunci yang telah di telusuri.

Kesimpulannya semakin besar angka klik dari suatu keyword ,merupakan sinyal baik. Dan sebaliknya apabila nilai bounce rate tinggi menjadikan parameter buruk .

III. Pogo-Sticking
Merupakan istilah untuk user yang melakukan klik hasil, kemudian segera kembali dan mendapat jawaban lebih baik.

Perbedaanya dengan rasio pentalan adalah waktu dan pola, bounced rate bisa saja waktu kunjungan memiliki durasi cukup lama dan pola searching stelah keluar dari halaman website kemudian mencari kata kunci lagi.

Sedangkan poggo-sticking kunjungan ke web dengan waktu yang singkat, dan kembali melakukan pencarian keyword yang sama untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Artinya jika sebuah website memiliki rasio pogo sticking yang besar ,bisa di simpulkan isi nya tidak relevan sama sekali dengan kata kunci.

Setidaknya ini parameter yang cukup serius harus di pertimbangkan.

Sebenarnya tidak hanya di pengaruhi oleh keterikatan dengan kata kunci, namun bisa saja di pengaruhi oleh speed loading halaman lama.

Jadi contohnya, kita mencari keyword " Dasar dasar SEO ". Disana memilih salah satu web, kemudian di pilih dan langsung tinggal karena loading dan memilih konten. lain

4. Dwell Time

Dwell Time merupakan indikator kualitas website dengan mengetahui waktu yang di habiskan pengguna dalam sebuah website.

Terhitung mulai dari pertama klik hingga meninggalkannya . Jika semakin lama ,maka menjadi sinyal baik dan semakin singkat menandakan kualitas yang rendah.

Dari parameter diatas biasanya di sebut dengan user experience yang menjadi tolak ukur kualitas web.

8. Fred


Fred adalah algoritma yang menilai konten seputar afiliasi, di rilis 8 Maret 2017. Payahnya, sebagus apapun konten jika di penuhi dengan terlalu banyak afiliasi maka menjadi parameter negatif di mata Fred.

Itulah beberapa jenis algoritma google dan dan karakteristiknya. Untuk mereka yang sedang belajar optimasi website agar lebih SEO friendly sebaiknya memahami cara kerja setiap Algoritma agar tidak bersalah di kemudian hari.

Algoritma google search engine menjadi pondasi utama .

Bab Berikutnya 

0 Response to "Jenis Algoritma Google dan Fungsinya lengkap."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel