Belajar SEO Pemula Rangking 1 Google pencarian

Kita lihat apa yang terjadi pada artikel ini merupakan salah satu pembuktian Belajar SEO.

Saya akan banyak intermezo atau basa basi. Yakni dengan tujuan anda bosan dan meninggalkan artikel kampungan mengulas terkait Search Engine Optimation yang biasa di kenal optimasi mesin pencari.

Saya nulisnya saja sudah males, serius.. tetapi hati ini merasa (terdorong ) untuk membuat catatan kecil buat para pemula.

Siapa pemula? Iya termasuk saya, fakir ilmu, tidak paham Dunia digital namun mempunyai ambisi keras dengan bloging.

Lebih tepatnya, tulisan ini adalah catatan terombang ambing mempelajari SEO selama 2 hingga 3 Tahun belakangan.

Sangat kompleks, bahkan membingungkan untuk orang awam . Pada saat terjun di dunia internet (Blog) tidak ada paksaan mempelajari nya. Mau belajar SEO sukur, tidak ya silahkan

Tapi SEO Itu kebutuhan, ..
Ini merupakan foot print untuk diri sendiri, tidak ada maksud dan tujuan di baca oleh publik. Apa lagi bisa halaman 1 dengan kata kunci " Belajar SEO pemula" , atau "Panduan SEO".

Kecil sekali kemungkinanya, mengapa ?

Silahkan cek sendiri penelusuran dengan keyword tersebut, nangkring website praktisi seo yang sudah expert semua.

Menulis untuk orang lain dan akan di publikasikan di internet itu mudah. Tetapi sulit agar memiliki peringkat dalam penelusuran, bersaing dengan kata kunci dari website besar yang telah memiliki reputasi baik yang di Motori oleh pakar SEO.

Artikel yang memiliki nilai pencarian atau biasa dengan kata lain " Search Volume" tinggi sudah pasti di kawal ketat.

Mungkin akan mudah apabila hanya menulis dan tidak memperhatikan kata kunci , tulis saja sesuka hati dan yang aneh aneh. Pasti halaman pertama,dengan kata kunci aneh juga. Tapi siapa yang mencari ?

Asal tidak ada saingan , kalimat dan artikel yang di buat unik dan original, ketik di pencarian langsung halaman 1 google deh.

Dan masalahnya , Kebanyakan artikel yang di tulis adalah melalui berbagai ritual panjang . Para blogger meracik dari berbagai resep seo agar kontenya mampu  memiliki banyak pengunjung, di cintai oleh mesin telusur .

Oke, jadi begini Mase ..   kita samakan terlebih dulu pemahaman nya supaya  menjadi satu arah.

Mulai dari mengenal SEO pemula..

Kenalan SEO, pemula.

Belajar SEO pemula lengkap

Pembahasan ini adalah sangat serius bagi mereka yang ingin menjadi blogger sukses. sukses ngeblog Parameter nya adalah visitor, bukan earning.

Pembahasan "berhasil" dalam dunia SEO Adalah visitor , jadi tolak ukur nya adalah seberapa banyak website di temukan search engine dan di kunjungi.

Parameter "berhasil" dalam dunia bloging mungkin sebagian orang merujuk pada pendapatan,menghasilkan uang dari internet.

Ya tidak munafik,.. kebanyakan blogger memiliki tujuan uang (termasuk saya), dan tidak jarang juga hanya ingin berbagi pengalaman, ilmu atau sekedar coretan catatan konyol untuk mengusir jenuh.

Dan apapun tujuan dari membuat sebuah web, .. kembali ke masing 2,entah mendapatkan uang , branding, dan masing banyak lagi.

Tetapi jika menyinggung belajar SEO, tentu hasilnya adalah trafik. Dan pengunjung menjadi sumber utama dari pendapatan.

Bertahap, mempelajari SEO Harus mengenal seluruh lingkungan yang ada, dan semua hal yang mempengaruhi nya.

Banyak sekali element dari implementasi search engine optimized.

Ada empat pilar yang harus di pahami dalam mengenal optimasi sebuah situs  di internet.

Tidak akan lepas dari pilar tersebut, apa saja yang harus di pahami dalam dunia pencarian di internet.

Mesin telusur.

Yang pertama adalah mesin pencarian. Ada banyak jenis mesin telusur yang di gunakan oleh pengguna di seluruh belahan internet surfing.

Bah.. bahasanya.

Jadi begini, perambahan internet yakni menggunakan sebuah alat yang biasa di kenal dengan browser yang di motori search engine.

Jenisnya banyak, yang umum kita kenal adalah "Google" , tetapi masih banyak lagi loh.. sepeti Bing, yandex, dan lain sebagainya.

Secara fungsi sama, di gunakan untuk melakukan pencarian perambahan internet. Bekerja menampilkan berdasarkan kata kunci yang di input oleh pengguna, lalu merekomendasikan beberapa pilihan yang akurat  dan di anggap paling relevan sesuai keyword pencarian.

Disinilah kita mulai mengenal yang nama algoritma,singkatnya .. algoritma ini cukup canggih ,bekerja melayani pengguna pada saat mengetikan kata kunci. Dialah aktor yang menyuguhkan rekomendasi konten , memilih artikel yang tepat.

Bagaimana dia mengetahui ada artikel ,?

Jadi analogi sederhana yang paling mudah adalah ..

Ketika blogger sudah membuat artikel kemudain di host ke internet.

Oke, sepakat ya..

Kemudian, di submit ke mesin pencari supaya mereka mengetahui artikel apa yang ada di internet.

Pada saat user, melakukan pencarian menggunakan koneksi internet, alatnya mesin pencari , serta pencariannya " Kata kunci ".

Mesin pencari akan melakukan penelusuran pemilihan konten sesuai dengan " Kata kunci " yang paling relevan dan mengurutkan lalu merekomendasikan.

Kesimpulannya, apabila membuat artikel di sebuah website ,kemudian di Hosting ke internet namun tidak di index ke mesin telusur, maka konten tidak dapat di jangkau menggunakan pencarian menggunakan kata kunci.

Kecuali memanggil langsung alamat website, contoh dengan ketik langsung bar "www.abgseo.com".

Jadi.. sebagus apapun ,tidak akan di temukan menggunakan kata kunci. Kecuali pemanggilan langsung via url / alamat situs.

Alasan search engine mengetahui website yang kita buat?

Jadi intinya bukan tanpa sengaja,sehingga itu semua karena di kehendaki oleh pembuat blog melalui melakuan permintaan index.

Cara kerja search engine.


1. Crawling .

Crawling ,adalah perayapan yang di lakukan oleh bot ke sebuah webiste dan mengumpulkan data berupa isi konten yang di miliki oleh situs tersebut.

Syarat dirayapi adalah pemilik situs telah meminta pengindexan. Jadi dalam hal ini bot juga bisa saja tidak tau isi website tersebut pada saat ( Tidak terindex ,Block User agent bot,berisi File Excel,pdf ) dan lainya.

Tahapan mempelajari SEO ya seperti ini.. supaya website bisa rangking 1 google ,bing,  harus mengetahui konsep kerja nya.

Target nya tentu mempunyai situs nangkring di halaman pertama pencarian dan mempunyai banyak pengunjung.

Prinsip crawling adalah merayapi,menganalisa isi,dan mengindex.

Pemilik website dapat mengatur bot untuk tidak menelusuri bagian tertentu sebuah situs menggunakn Robot.txt.

Baca Setting Robot txt SEO friendly .

2. Indexing / Indexing.

Proses index merupakan faktor penting sebuah situs supaya dapat muncul di halaman pencarian. Dari sini kompetisi kualitas SEO Di mulai, kemudain akan di tandingkan bersama blog lain .

Kekuatan relevansi artikel, SEO rangking faktor akan besaing secara frontal disini.

iya.. setelah terindex, untuk mengetahui apakah website audah di index atau belum cukup mudah.

ketik site:https://alamatbloganda.com,jila sudah muncul menandakan sudah terindex dan jika belum muncul maka harus bersabar.

3. Merangking.

Setelah website di crawl dan terindex di mesin pencarian , kemudian pekerjaan search engine berikutnya adalah merangking website sesuai dengan kata kunci.

Disinilah hasil kompetisi terjadi, banyak faktor yang mempengaruhi blog kamu mampu tayang di halaman pertama.

Mempelajari SEO adalah upaya optimasi blog agar mampu rangking 1 google. Analogi sederhana dalam menempatkan posisi website ( search result).

Pada tahapan ini sangat penting di ketahui oleh kita yang belajar seo untuk pemula , mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dan faktor yang mempengaruhi website tampil di halaman pertama.

Faktor SEO Rangking.

Popularitas website ,yakni ini terkait dengan Matrix algoritma google untuk mengetahui seberapa popular blog anda. Bisanya di ukur dari jumlah share sosial media, jumlah link website lain merujuk ke artikel blog anda.

Dari sinilah akhirnya muncul teknik SEO Off page . Para pakar webmaster melakukan upaya mengelabuhi mesin pencari dengan membangun link ( backlink).

Sebut seperti PBN ,link building yang secara sengaja untuk menaikan trust algoritma google. Tujuanya agar blog terlihat bernilai, dan dianggap menjadi web yang patut di rekomendasikan sesuai relevansi artikel.

Relevansi konten,Cara belajar SEO pemula harus paham tentang artikel. Hal ini menjadi acuan mesin telusur merekomendasikan sesuai kata kunci dan relevansi nya.

Jadi ,idealnya google akan menyuguhkan hasil pencarian yang di anggap paling relevan untuk user.

Contoh, artikel Belajar SEO wordpress dan Belajar SEO YouTube pemula.

Dari dua jenis konten tersebut mana yang paling relevan jika user mengetik pencarian " Cara agar web halaman pertama google"..?

Atau mana yang akan rangking dan di rekomendasi di halaman pertama ketika pengguna mengetik "Cara mendapatkan Subscriber banyak"..?

Secara sederhana sudah terlihat perbedaan dan relevansi konten kan? Begitulah cara kerja merangking.

Hal tersebut juga akan di ukur dengan User Experience , setiap kunjungan pengguna terlihat waktu yang di habiskan pada halaman tersebut, rasio pentalan, dan action efek yang di hasilkan (Share sosial media).

Jadi kita kira begini , seorang pengguna mengunjungi website dan menghabiskan waktu selama 8 menit.

Apakah itu bagus?

Atau setelah membuka langsung pergi (Keluar ) setelah melihat isi yang tidak menjawab pengguna, banyak iklan mengganggu, loading lama ?

Iya tolak ukurnya , waktu dan action efek. Semakin lama berada di blog anda maka menandakan bagus.

Semakin banyak orang share artikel anda karena di anggap manfaat ,maka hal tersebut dianggap bagus di mata mesin pencari.

Sampai disini sudah paham bukan tentang belajar SEO ?
Garis besarnya adalah upaya agar bisa menjadi rekomendasi mesin pencari dan memilikinya trafik website yang bagus.

Apa saja yang harus di lakukan pada saat  Optimasi website , apa perlu kursus atau ada yang free.

setelah kenalan diatas, mari kita bahas satu persatu optimasi blog agar mampu di temukan dalam pencarian google.

Ya.. sukur mampu menduduki halaman pertama.

Kata kunci dan Volume pencarian.

Ketika seseorang kursus SEO, mentor nya pasti akan membahas " Keyword ". 

Ini merupakan jantung dari trafik, semua yang di buat dalam sebuah situs mengarah ke sebuah kata kunci.

Menjadi acuan , keberhasilan membidik kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi akan menghasilkan kunjungan yang banyak.

Artinya ,bisa saja seseorang membuat artikel tanpa menentukan keyword pencarian. 

Tapi apa goal nya, tidak ada trafik! Ya karena keyword tersebut tidak mempunyai volume pencarian.

Volume pencarian adalah estimasi jumlah pencarian yang di lakukan oleh warganet.

Contoh seperti ini..

Saya membuat artikel " Panduan Belajar SEO " yang memilki volume pencarian 1000 per bulan.

Ketika artikelnya ada di halaman pertama, maka situs nya akan mempunyai potensi klik dan kunjungan.

Tetap jika saya publikasi artikel dengan kata kunci tidak terarah serta volume pencarian "O" , meskipun halaman 1 tapi kan gak ada mencari .

Artikel / konten.


Setelah mengerti kata kunci, volume pencarian kemudian berlanjut pada pembahasan artikel,atau konten .

Tidak melulu konten sebuah website adalah artikel, tetapi bisa berupa video, gambar dan lain sebagainya.

Para pakar Webmaster pasti tidak akan membiarkan begitu saja inti sebuah situs. Pemilik web harus tau cara menyajikan artikel yang mempunyai keyword search volume tinggi dan konten SEO friendly.

Oke, sekian deh ulasan terkait dengan bekal pengetahuan SEO Pemula. Tahapan berikutnya adalah materi optimasi On page dan Optimasi Of page.

Pembahasannya adalah, kiat apa saja yang harus di lakukan ketika membuat website / blog supaya dapat di index dan memiliki trafik.

Dari Nol ,kamu bisa mempraktekan dan mengembangkanya. Goal artikel saya kali ini bukan mempunyai trafik banyak, namun harapannya mempunyai manfaat yang berlimpah.

Khususnya untuk mereka yang sedang ingin membangun sebuah blog. Oke langsung saja..

SEO on page.

Teknik on-page merupakan inti sebuah website, meskipun tidak kalah pentingnya optimasi of page.

Seo on page adalah mengoptimasi semua elemen pada sebuah website supaya menjadi terarah dan supaya mesin pencarian memahami isi serta pantas menjadi rekomendasi dari penelusuran.

Ya .. singkatnya mememantaskan diri , menyiapkan diri agar relevan dengan keyword dan ramah user.

Serius, untuk blog yang tidak teroptimasi dengan baik jangan harap bisa bersaing. Penerapan on page menjadi pondasi yang fundamental.

Nah loh.. fundamental. Saya belum memahami kata tersebut, biar keren aja sih.

Pada prinsipnya penerapan on-page SEO :

  • Menyajikan konten bermanfaat yang mampu menjawab kebutuhan pengunjung dengan penulisan yang baik ( SEO friendly).
  • Membantu pengunjung melakukan jelajah
  • halaman web dan menjawab kebutuhanya.
  • Penerapan struktur web yang jelas agar bisa di mengerti.


Mengapa melibatkan visitor sebagai penerapan SEO on page ?

Jadi fenomena pencarian oleh user dan memilih web disitu lah mesin algoritma search engine ikut mengawasi.

Contohnya,

Kejadian nya buka web, scroll dua detik langsung keluar di tinggalkan?

Dari fenomena diatas dapat di simpulkan,apakah sudah SEO friendly dan menjawab kebutuhan user .

Lebih tepatnya , kemungkinan belum memenuhi dan isi tidak memuaskan pengunjung website.

Itulah penerapan on page, meskipun teroptimasi untuk mesin pencari tetapi tidak memuaskan pengunjung ,maka kemungkinan web anda akan tergeser.

Google ,Bing akan mempertimbangkan konten lain serupa dan membandingkan serta mengevaluasi kembali.

Ini merupakan konsep dasar membangun website sebelum mengarah ke page one SERP.

1. Membuat konten menarik.


Ini merupakan praktek terbaik dalam SEO,menjadi acuan visitor betah ,puas atau tidak.

Ini merupakan persiapan membangun website, jadi pastikan kamu telah menguasai penulisan artikel.

Mitos atau fakta , "Artikel yang SEO memiliki jumlah kata Ribuan".

Pembahasan menulis artikel SEO sering kali di matikan dengan jumlah kata yang di tuliskan. Seolah mempunyai ribuan kata adalah jaminan muncul di halaman pertama pencarian.

Disni saya sedikit kurang sepakat. Pada dasarnya jika bobot kualitasnya berdasarkan jumlah kata, mengapa kita tidak menyajikannya meskipun asal.

Jadi, menurut saya bukan tentang jumlah tetapi " manfaat".

Berimbang antara jumlah dan pembahasannya, sehingga kompetisinya akan seimbang dengan web lain.

Sederhana saja, membuat artikel yang bermanfaat bisa di kenali melalui perasaan pembaca.

Dengan durasi lama dan memberikan manfaat.  Nah itulah sebabnya beberapa praktisi SEO Menyarankan untuk membaca ulang artikel sebelum di publish.

Selain sebagai penulis, juga sempatkan pindah posisi menjadi pembaca.

Meskipun google tidak menyukai website yang kurus kontenya ,tetapi bukan berarti gemuk dengan artikel yang membuat bingung pengunjung.

Untuk itu perhatikan menulis artikel, hindari plagiant , tidak mempunyai kata kunci yang bagus (Volume pencarian).

Persiapan menulis artikel :

  • Riset kata kunci dan mengelola.
  • Memilih kata kunci dengan persaingan rendah dan volume pencarian tinggi.
  • Mapping KW utama, turunan untuk persiapan penulisan dan penempatan di dalam artikel.

Mempelajari optimasi web agar bisa peringkat 1 dan ber trafik ribuan tidak bisa begitu saja lepas dari pemilihan keyword.

2. Keyword.


Jasa SEO murah , apa yang mereka lakukan sebagai upaya meningkatkan trafik?

Apapun jenis jasa SEO, hal yang akan di sentuh adalah menganalisa halaman website , melihat isi konten dan keyword target.

Selain itu menganalisa kompetitor, dan menerapkan link building (Off page).

Kita lupakan terlebih dulu belajar off page, namun yang akan saya tekan kan disini adalah betapa pentingnya Optimized kata kunci pada halaman.

Ini juga berkaitan dengan penulisan artikel dan penempatan kata kunci.

Setidaknya pada konten yang akan di buat memiliki 1 keyword . Coba cek pencarian, "Jasa SEO murah".
Praktek SEO Free

Disana anda dapat melihat hasil penelusuran Google yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Terlepas bagaimana mereka mengoptimasi off-page, namun yang bisa di pastikan mereka menempatkan kata kunci di setiap halamannya.

Praktek penerapan SEO on Page.


Dari materi diatas seharusnya anda sudah mulai paham , Kemudian tinggal prakteknya.

Yang akan saya sampaikan, adalah poin penting yang wajib di aplikasikan pemilik blog .

Apa saja optimasi on-page artikel, berikut penjabaran lengkap nya.

Setelah Riset kata kunci dan mendapatkan ide konten,maka yang perlu di lakukan adalah.

1. Menempatkan kata kunci di website , dalam artikel, setidaknya memiliki keyword dan turunannya.


Banyak tutorial yang menjelaskan penempatan kata kunci dan struktur penulisan artikel.

Ada beberapa point' penting penerapannya agar Google mampu mendeteksi ,mengenali isi konten yang telah anda buat.

Letakan target kata kunci pada bagian ,Judul, Url , tag , artikel, dan Deskripsi.

Penulisan judul cukup penting, selain mengandung keyword juga harus menarik agar mengundang klik.

Sama halnya menulis deskripsi penelusuran, ini menjadi kompetisi blog pada saat di hasil pencarian . Bagaimana bisa meyakinkan pembaca,karena deskripsi penelusuran adalah hasil tulisan yang pertama kali di baca dari konten Anda.

Isi judul dan deskripsi tidak di sarankan ada dusta atau bersifat prank .

Contoh judul terlalu hiperbola ,1 Menit belajar SEO Otodidak langsung Page one.

Atau isi deskripsi, merupakan kalimat yang muncul pada penelusuran. Jadi ini merupakan kesempatan emas yang mampu mewakili isi dari artikel.

Sama, jangan menjebak!.

Coba jika melihat deskripsi seperti ini " Tutorial membangun website hanya dalam 1 Jam langsung Jutaan pengunjung berkat SEO roket ".

Setelah di buka isinya ampas, .. tanpa daging, hanya konten copas dan bersifat umum.

Memasang title text dan alt text pada setiap gambar postingan.
On page

Menambahkan kata kunci pada deskripsi penelusuran dan tag label.

Poin diatas berlaku ke semua platform , wordpress, blogger, maupun CMS lainya.

Intinya penerapan Praktek SEO Nya..

  • Url mengandung kata kunci utama ,contohnya https://www.domainmu.com/kata-kunci-anda. 
  • Membuat judul artikel informatif ,tidak terlalu panjang dan mewakili artikel.
  • Mengisi deskripsi penelusuran dengan singkat padat jelas mewakili isi kontent. Meskipun ini tidak berpengaruh banyak terhadap rangking ,namun Mega deskripsi adalah kalimat yang pertama di baca oleh pengguna selain judul.


2. Praktek kedua adalah gambar.


Peranan gambar terkesan tidak memiliki pengaruh terhadap perayapan dan pencarian.

Faktanya adalah sering kali pengunjung website melakukan penelusuran awal mulai dari gambar.

Optimasinya sederhana ,yakni mengisi alt dan alt title mengandung kata kunci.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas..

Google bot Cara kerjanya dapat di sederhanakan seperti ini ," Dia akan mengenali isi web / artikel berdasarkan dari atribut yang telah anda isi.

Nah, selain itu ada hal lain yang tidak bisa di lewatkan begitu saja dalam menerapkan SEO gambar.

Yakni ,Nama gambar dan kualitasnya.

Kenapa nama,?
Pengaplikasianya adalah gunakan nama gambar yang mengandung / berkaitan dengan isi konten. Atau setidaknya tidak menggunakan format dasar gambar , contohnya : menulis-seo.jpg , 1264718-mg.jpg.

Selain itu juga perlu memperhatikan kualitas gambar, saya tidak merekomendasikan berdasarkan kapasitas selain MB, Atau minimal gambar 5Mb.

Tapi yang perlu di terapkan yakni ,gambar yang detail dan jelas dengan ukuran tidak terlalu besar dan memiliki relevansi terhadap artikel.

Kalau artikel tidak membutuhkan gambar sih gak masalah , jadi hanya sebagai identitas atau pemanis saja.

Memberikan gambar memang dianggap sebagai hal yang delimatis. Pasalnya web dengan isi gambar terlalu banyak dapat menyebabkan loading speed menjadi lambat .

Dan sebaliknya jika blog anda tanpa gambar, hanya full text. Meskipun dasarnya secara tujuannya supaya di rekomendasikan Search Engine , namun finally untuk pengguna.

Jadi sebaiknya mengoptimasi mesin pencarian adalah memuaskan pengguna.

3. Memberikan Referensi ke Website lain.


Ini merupakan upaya memberikan trust pada search engine. Google berupaya menyuguhkan informasi dan konten yang bermanfaat serta bisa di percaya.

Jika blog anda usianya masih muda, secara sederhana untuk meyakinkan nya bahwa info dan isi yang anda sajikan merupakan bukan hal menyesatkan.

Pastinya sebagai pemilik web baru akan sulit mendapatkan peringkat, untuk itu selain menulis dengan baik dan pembahasannya mendalam juga harus memberikan link referensi.

Tentu ke beberapa website yang memiliki reputasi baik di mata google, seperti Wiki pedia dan lain sebagainya.

Dan disinilah terjadinya backlink natural pada web lain, baik untuk mereka.

Tapi disisi lain website anda juga memiliki nilai trust, karena dianggap menyediakan isi yang valid karena merefer ke situs yang mempunyai reputasi baik.

4. Membangun internal link.

Selain ini memperkuat dari website anda, internal linking juga baik menekan rasio pentalan pengunjung.

Biasanya di kenal dengan "Bounce rate", adalah pengguna masuk ke laman kemudian langsung keluar tanpa melakukan apapun.

Faktor penting mempengaruhi rasio pentalan tinggi adalah, website lambat, navigasi sulit, isi tidak bermanfaat .

Bounce rate tinggi akan berimbas ke reputasi situs buruk di mata google, dan salah satu cara menurunkan bounce rate blog adalah dengan memperbaiki navigasi supaya lebih mudah.

Diantaranya, menerapkan internal link sesuai artikel lain yang berkaitan (Relevan).

5. Page speed website.

Penerapan SEO on page diantaranya adalah dengan memperhatikan skor speed respon.

Google mewanti wanti, jika kita lihat saat ini sudah mulai transisi ke AMP.

Pastikan kamu menyajikan laman web yang mempunyai kecepatan respon yang cukup bagus .

Pengecekan nya mudah kok,  melalui https://web.dev/measure/  dan masukan alamat website kamu.
Mengoptimalkan kecepatan website
Apabila website kamu merasa lambat bisa menggunakan tema AMP atau menghubungi jasa loading web.

Itulah beberapa praktek penerapan SEO on page. Berikutnya mari mengenal optimasi off page.


Apa itu SEO off page?

Merupakan upaya optimasi website di luar dari laman website tersebut. Sangat klasik alasan mengapa wajib mengenal dan mempelajari SEO off page.

On page dan off page merupakan dua hal yang tidak dapat di pisahkan. Tanpa off page , mustahil website mampu rangking di pencarian google.

Sebelum ke optimsi Off page aga tidak salah lanjutkan ke mengenal algoritma google

  Bab II : Algoritma Google dan cara kerjanya

0 Response to "Belajar SEO Pemula Rangking 1 Google pencarian"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel