Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Buah Malaka ~ Rasanya yang asam dan sedikit pahit tidak di sangka memiliki Banyak khasiat untuk kesehatan. Anehnya,Buah ini memililiki rasa yang sangat khas ,pada gigitan pertama akan asam,kemudian setelah sampai di mulut akan terasa agak sepet dan setelah di telan justru tersisa rasa manis yang tidak hilang hilang.

Nama nya beragam tergantung dari masing masing daerahnya,Banyak yang menyebutnya dengan Amla ,melaka,malaka atau kemlaka ,mlaka atau orang sebagian orang jawa juga menyebutnya dengan Buah kemloko.

Merupakan sejenis pohon yang memiliki dau kecil kecil dan buah bulat dengan kulit halus. Mengutip dari wikipedia nama kemlaka berasal dari bahasa sansekerta amlaka dan di adopsi di berbagai bahasa,proto - bahasa melayu dan kemudian bahasa indonesia dan malaysia.

Nama nya cukup varitatif  sepeti lainya,amlaki,amala,ammalaki,nillika,nellikya,nellikai dan lainnya di beragai di seputa india.

Buah ini juga di kenal di manca negaa dengan sebutan Gooseberry ,namun di indonesia di sebut berdasarkan daerah lainya seperti karsinta (Flores),mlakah (Madura),balaka, balangka (Minangkabau).

Di Malaysia para pakar menduga bahwa buah ini meupakan asal usul nama kota melaka,yang kemudian di ambil menjadi penamaan selat malaka.

Karakteristik pohonnya memunya batang yang kuat,dengan daun kecil kecil dan bengkok bengkok memiliki daun kecil kecil membentuk sisir yang menyirip.

Khasiat buah melaka di percaya mapu menjadi obat tradisional dari berbagai penyakit ,jantung,diet,dan masih banyak lagi Selain buahnya bagian lainya juga ,termasuk dahan,daun,akar,bunga ,Biji

Di india buah melaka menjadi salah satu unsur penting dalam pengoatan Ayurveda.
Amla memiliki banyak kandungan vitamin C dan tanin ,extrak nya di pakai untuk ahan pewarna tradisional .

Pohonya termasuk di "Sucikan" menurut agama hindu. Berasal dari india dan nepal ,dahulu kala tanaman ini banyak ditanam di jawa kini sudah banyak meliat di hutan dattaran renda yang kering

Peranan Vitamin C aktif seagai anti oksidan,pektin ,asam amino pada buah nya yang daat mencegah menurunkan kolesterol jahat (FDL) dalam tubuh serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu kandungannya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit,mencegah sumbatan ,tumpukan lemak di embuluh darah dan arteri yang memicu hipertensi ,penyakit jantung serta stroke.

Manfaat uah Malaka Untuk Kesehatan.

Buah malaka

Banyak sekali manfaatnya ,untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan dengan uah ini harus rela merasakan sensari rasa mantap dari paduan ,Asam,sepet, dengan ahiran manis yang melakat.

Mungkin buah ini cukup jarang di temukan di pasar atau supermarket, bisa di katakan salah satu buah hutan yang cukup sulit di cari. Para petani juga jarang melakukan pemibibitan. Jual bibit buah malaka juga masih jarang di temukan di toko tanaman.

Kita skip ahasan tentang jual buah melaka maupun bibit nya,mari kita bahas khasiat nya.

Mengandung Anti Kanker

Kangker merupakan salah satu penyakit yang mempunyai resiko kematian , namun beruntungnya dengan uah melaka yang dapat di konsumsi menjadi buah yang mampu mencegah tumuhnya sel kangker dala tubuh .

Zat anti kangke terkandung pada buah kemlaka diantaranya,folat,senyawa fenolik ,vitamin C dan E mempunya peran penting pencegahan kangker. Nutrisi tersebut mampy mengurangi dan menangkal serta memperaiki kerusakan yang di sebakan oleh peradangan dari kangker.

Untuk Diet Melangsingkan Tubuh.


Buah malaka manfaatnya sangat banyak, dengan kandungan serat tinggi rendah kalori sangat cocok untuk anda yang memiliki program diet.

Dalam secangkir buah malaka tubuh akan mendapat asupak tambahan kalori 3 Persen serta kandungan seratnya yang tinggi mamu memperlancar pergerakan makanan di usus dan mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang.

Tidak hanya berpengaruh pada pencernaan dan berat badan saja, kandungan serat dalam buah ini juga dipercaya mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Memiliki banyak Kandungan Anti oksidan

Radikal bebas merupakan molekul reaktif yang mamu menyeakan stres oksidatif yang kerap berkaitan dengan penuaan diri. Manfaat buah malaka juga di percaya mampu melawan radikal bebas dalam tuuh.
Dengan banyak mengkonsumis makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dapat menekan resiko penyakit kangket tertentu,diabetes dan jantung.

Selain kanduangan anti oksidan ,uah ini juga menghasilkan fitonutrien yang dapat melindungi tuuh dari paparan sinar matahari serta serangga . Kandungan Fitonutrien di antaranya flavonol, antosianin, dan asam aromatik.

Mengontrol Gula darah.

Di Zaman dulu dengan banyak konsumsi buah malaka di percaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit .Serat dalam buahnya yang tinggi memperlamat penyerapan gula dalam aliran darah dan menekan lonjakan.

Gooshberry juga mampu mengontrol gula darah menekan resiko diabetes. Selain itu extrak uah meloko juga dapat meningkatkan enzim usus kecil dan mencegah memindahkan gula dari usus ke aliran peredaran darah.

Meskipun kebenaranya elum di buktikan melalui penelitian ilmiah ,buah ini juga dapat memperlamat penyerapan karohidrat dan mengurangi kadar gula.

Melindungi Otak

Manfaat lain buah malaka untu kesehatan adalah di percaya mampu melidungi otak dari bahaya tertentu yang berkaitan dengan zat besi yang terdapat dalam sel otak  Kadar zat esi yang tinggi bisa memicu radikal bebas  yang berpotensi merusak sel tubuh terutaa sel dalam otak yang sudah mengandung zat besi yang tinggi.

Buah ini meruakan suber alami asam organik seperti asam sitrat yang dapat menghamat akumulasi zat esi dalam sel dan terukti daat menekan resiko penyakit otak seperti Alzheimer dan stroke.

Mengandung antioksidan dan fitonutrien dalam uahnya juga memiliki manfaat yang sangat besar mampu melindungi otak dari berbagai [penyakiit dan meningkatkan usia otak dan resiko serangan stroke,

Baik untuk Kesehatan Jantung


Manfaat buah malaka dengan di konsumsi secara rutin akan memmberikan bagi kesehatan jantung,peranan anti oksidan serta kalium di dalam kandungan buah tersebut sangat penting perananya terhadap jantung. Kegunaan dalam kandungannya mampu encegah dari oksidasi thadap kolesterol jahat dan yang  buruk untuk tubuh.

Kandungan alami fitonutrien seperti flaconol dan antosianin juga daat menguangi tekanan darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah menekan resiko penyakit jantung.

Selain itu kandungan kalim yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan pembulu darah mengatur tekananya agar tetap teratur.

Demikian ulasan manfaat buah malaka untuk kesehatan yang telah di sunting dari

Wikipedia Dan Dream.co.id

Click to comment