Cara mengecat bodi motor bahan plastik hasil mengkilap

Sahabat Otomotif khususnya pecinta motor,kali ini saya akan membahas beberapa cara mengecat body motor plastik maupun kaleng atau plat agar mendapatkan hasil mengkilap. Ada beberapa tahapan penting yang tidak dapat dilewatkan begitu saja untuk menghasilkan cat mengkilap dan tahan lama.

Warna mudah pudar ,seringkali repainting atau pengecatan ulang body motor hanya bertahan hitungan bulan saja,atau paling lama satu tahun. Hal ini umumnya di pengaruhi oleh pemilihan merek cat yang kurang tepat atau menggunakan pilox.

Jika menginginkan hasil mengkilap maksimal,dan warna bertahan lama .. kami tidak merekomendasikan menggunakan cat instan. Hampir dari sekian merek cat yang telah kami coba hanya beberapa saja yang mampu bertahan cukup baik dalam hal ketahanan warna.
Cara mengecat motor body plastik
Cara mengecat

Tetapi dalam hal mengkilap bukan perkara dari kualitas cat, apapun merek yang digunakan untuk menegecat. Apabila dilakukan dengan benar mulai dari tahap mengamplas,epoxy atau cat dasar,cat warna,pernis hingga finishing sudah dilakukan dengan benar pasti hasilnya mengkilap.

Step By Step Cat motor hasil mengkilap.

Langkah pengecatan agar hasilnya mengkilap sangat mudah dihafal,tetapi pada prakteknya meeka kurang sabar. Tahapanya sederhana,Amplas,Dempul (Jika bahan Besi),Poxy ,Kemudian Cat warna 2x ,Penis ,Amplas ulang dan Poles.
Banyak merk cat motor yang bagus dan awet tetapi jika tekniknya salah maka hasilnya akan buruk,terutama meler,numpuk dan potensi kegagalan lain dalam painting.

Kami menyarankan untuk proses belajar bisa menggunakan pilox atau cat semprot,dan lakukan langkah yang benar maka hasilnya sudah pasti memuaskan.

Cara pengecatan yang benar pada motor maupun mobil sama,pada intinya adalah sabar dan teknik painting yang benar. Teknik painting disini yang saya maksud adalah selain dari tahapan pengecetan,seperti mencampur cat ( Paduan Cat dan Thiner) ,Jarak Spray dengan bodi.

Komposisi mencampur cat akan menjadi pelajaran sangat penting,pasalnya jika terlelu encer memunginkan warna nya memudar dari warna sebelumnya,jika telalu kental juga tidak baik. Serta pastikan supaya tidak memiliki warna gradasi atau pudar jangan usahakan hanya menggunakan satu kali proses mencampur.

Untuk itu sebaiknya gunakan jenis cat semprot kaleng,sepeti pilox,Suzuka,jika sudah bisa dapat beralih ke cat duko.



1. Mengamplas dan dempul Sebelum cat.


Proses mengamplas adalah tahapan paling sulit,banyak yang tidak paham dengan teknik cara mengamplas bodi motor yang benar sehingga hasilnya menjadi rusak.

Sebelum proses cat dasar setiap benda kerja wajib dilakukan pengamplasan,idealnya atau tujuanya adalah supaya cat dapat merekat dengan baik.

Kesalahan fatal dalam amplas adalah ,Salah menggunakan ukuran ,salah dalam teknik gerakan.Lalu bagaimana yang benar dan apa resikonya.

Untuk body bahan plastik umumnya tidak memerlukan proses dempul ,kecuali terdapat gompal ,sedangkan body bahan besi sperti tangki RX King juga bisa didempul ketika kondisi penyok,besi terlihat.

Artinya benda kerja besi Mentah biasanya harus didempul dulu,sebelum epoxy untuk menutup pori pori besi yang relatif kulit jeruk.Sedangkan bahan plastik umumnya tidak memerlukanya.

Sampai disini pahamkan.. Oke,Kita lanjutkan pengamplasan.

Untuk pengamplasan,saya akan gambarkan menggunakan dua ukuran amplas yang berbeda sebelum poxy.

Pada body plat,Amplasan pertama dengan ukuran sedikit kasar,biasanya digunakan pada permukaan besi sebelum di dempul dan pengamplasan dempul.

Selanjutnya menggunakan amplas halus,yakni untuk setelah cat epoxy.
Sedangkan pada body plastik,cukup menggunakan amplas halus secara merata,cara mengamplasnya dilakukan dengan gerakan melingkar serta menggunakan air.

Jika salah penggunaan maka ketika dicat akan menimbulkan garis sesuai alur gerakan,dan jika tidak rata maka permukaan yang tidak teramplas berpotensi mudah terkelupas.

Setelah proses ini selesai,silahkan jemur dan pastikan 100% Kering dan Bersih.

2. Proses cat dasar amplas ulang.

Tahapan berikutnya adalah cat dasar,dalam hal ini antara wajib dan tidak wajib ,harus di lakukan cat dasar jika? Setelah pendempulan,warna yang akan disemprotkan berbeda dari warna sebelumnya.

Mungkin jika pada mobil apapun warna barunya secara SOP harus menggunakan tahap cat dasar menggunakan warna netral. Sedangkan cat dasar untuk motor sih,bisa kita katakan kondisional.

Artinya jika body motor warna sebelumnya adalah hitam,dan akan diwarnai hitam kembali maka tidak perlu cat dasar juga aman,Tidak akan terjadi gradasi warna.

Proses cat dasar ,Silahkan semprotkan car dengan gerakan dan jarak yang stabil,tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
Fatal apabila terlalu lambat dan terjadi penumpukan,setelah merata simpan hingga benar benar kering dan aman untuk dipegang.

Amplas kembali,setelah cat dasar motor sudah kering silahkan amplas kembali secara menyeluruh dan rata dengan gerakan sama dengan teknik diatas. Kemudain keringan dan bersihkan.


3. Proses mengecat motor 


Untuk cara mengecat body motor agar mengkilap tidak akan lepas dari dua tahap diatas,dan pastikan sudah dilakukan dengan benar ( Pastikan Besih dari debu sekecil apapun). Apapun bahan bodi motor yang akan di repaint,plastik maupun besi.

Untuk mendapatkan hasil yang mengkilap dan warna yang awet pastikan memilih merek cat yang bagus,bisa di konsultasikan langsung pada toko cat.

tapi harganya relatif mahal,tetapi jika sekedar untuk belajar bisa menggunakan cat semprot kaleng ,selain murah juga hasilnya bisa berkilau.

Umumnya yang membedakan antara cat mahal dan murah adalah ketahanan warnanya. Contohnya antara motor cina dan motor jepang,ketika sama sama baru keduanya akan mengkilap tetapi dalam jangka waktu pakai 1 tahun yang sama maka akan terlihat mana yang sudah pudar.

Saya disini tidak dapat menampilkan daftar harga cat,tetapi lebih konsentrasi terhadap step by step menecat motor agar hasil mengkilap.

Proses pengecatan waran pada tahapan ketiga ini biasanya 2 Sampai 3 Kali,tergantung ketebalan yang anda inginkan. Umunya 2 Kali sudah bagus.

  • Cara pertama,lakukan pengecatan seperti biasa dengan gerakan seperti diatas,lalu tunggu hingga 100 % Kering.
  • Setelah kering,amplas hingga benar 2 rata menggunakan Amplas halus dan air,lalu bilas dan keringkan kembali.
  • Berikutnya pengecatan kedua,lalu keringkan dan amplas kembali menggunakan amplas halus dan gerakan memutar sampai rata.
  • Kemudian keringkan dan bersihkan,dan siap lanjut proses clear atau pernis.

4.Proses Pernis cat atau Clear.


Meskipun tujuan utamanya adalah mendapatkan hasil yang mulus,tetapi harus anda pahami ditahapan ini berarti kondisi bodi dalam keadaan kering,bersih,sudah di cat dan proses terahir dalam kondisi teramplas.

Sama halnya cara cat mobil yang saya sampaikan ini,proses clear sebaiknya dalam kondisi cat busam teramplas.Asumsinya clear dapat merekat dengan baik dan cat dalam kondisi rata dan serpihan debu kecil sudah teramplas.

Nanti hasilnya gak mulus dan busam...??!!

Fungsi clear akan mengembalikan warna busam bekas amplasmenjadi mengkilap kembali,silahkan lakukan penyemprotan pernis hingga rata dan keringkan.

Proses pengeringan tidak di sarankan dengan dijemur,meskipun tidak memiliki oven dan memakai spray yang dikerjakan di rumah.

Setelah pernis selesai dan 100 % Kering,silahkan amplas kembali dengan paling halus campur air,dan merata.


5.Proses finishing agar mengkilap.

Cara mengkilapkan body motor setelah di pilok,dan diamplas,atau setelah pada proses diatas terhenti pada proses ahir adalah teramplas merata.

Artinya secara kondisi benda kerja dalam kondisi busam teramplas penuh,bagaimana cara mengkilapkanya...?

Gunakan Compound,proses finishing ahir adalah polesing menggunakan compound dan mesin poles.Jika tidak ada mesin poles bisa menggunakan kain dan gosok manual gerakan memutar sampai rata.

Selanjutnya,gunkan wax atau kit maka hasil cat akan halus banget dan mengkilap kaya berminyak.Sekian deh pembahasan cara mengecat,pahami setiap langkahnya dan pastikan melakukanya dengan benar dan sabar.


0 Response to "Cara mengecat bodi motor bahan plastik hasil mengkilap"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel