Cara mengatasi Tombol Hp rusak dan tidak berfungsi

Bagaimana jika tombol power atau tombol back tidak berfungsi,tentu bukan hal yang menyenangkan. Selain berguna untuk melakukan navigasi,tentu peranan tombol power sangat vital dalam menyalakan dan mematikan ponsel.

Secara umum tombol yang terdapat pada smarttphone ,Power,kembali,tombol menu dan beranda. Ada dua tipe ,yakni menggunakan swicth dan menggunakan sensor layar sentuh.

Cara mengatasi tombol back tidak berfungsi cukup beragam,tergantung dari seberapa besar tingkat kerusakan maupun penyebanya.

Tanpa kecuali,Xiaomi,Oppo ,Vivo,Samsung maupun Realme,pada tombol menu,back sudah menggunakan layar sentuh.Sedangkan tombol power dan volume masih switch.

Penyebab tombol tidak berfungsi atau error


Pahami terlebih dulu penyebabnya,dan pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan beberapa hal yang menimbulkan error dari masing masing button dan berdasarkan cara kerjanya.

Memperbaiki kerusakan tidak dapat di kita simpulkan begitu saja,simak penjelasan beriku jenis tombol dan penyebab tidak berfungsi.


1. Tombol Volume Bawah dan Atas.

Pada tombol volume umumnya menggunakan cara kerja switch ,sehingga dalam prosesnya untuk mengecilkan dan membesarkan suara harus ditekan secara terus menerus.

Selain fungsi mengatur suara ,tombol ini juga dapat digunakan utuk mengakses recovery mode,mode download melalui tombol kombinasi.

Proses menekan yang terlalu kencang dan dapat menyebabkan switch rusak,amblas yang mengakibatkan rusak. Penyebab lainya adalah,kotor ,debu,karat putih,kena air ,minyak dan lain sebagainya.
Cara memperbaikinya paling tepat adalah dengan bongkar dan cek,jika memungkinkan cukup dibersihkan,namun sebaliknya apabila rusaknya sudah parah harus diganti.

2. Tombol Power .

Tombol power merupakan cukup vital dalam mempengaruhi fungsi,selain sebagai tombol kombinasi untuk screenshot dan masuk ke mode download yakni mempunyai fungsi utama menyalakan dan mematikan ponsel.

.. Jika sudah rusak? Cukup merepotkan,dan sebaiknya untuk segera menggantinya.Biasanya ciri ciri nya,tidak dapat dinyalakan dan matikan perangkat,ponsel sering restart sendiri karena short pada jalur swicth.

Penyebab nya,
Memencet tombol terlelu keras dan sering dapat menyebabkan amblas atau hal lain seperti kena air,debu dan kotoran.

Cara memperbaikinya paling tepat adalah membongkar dan menggantinya,atau membersihakan dan normalisasi fungsi.

3. Tombol kembali.


Tombol kembali tidak berfungsi,hal ini ponsel tidak dapat mengunjungi dari halaman sebelumnya. Hampir semua perangkat sudah menggunakan sistem sensor pada tombol back yang menyatu sama layar sentuh ponsel.

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya seperti,touchscreen error karena terjatuh,kena minyak,kena air yang menyebabkan sensor back atau touchscreen tidak mereapon.

Sealin pada sektor fungsi layar sentuh yang tidak normal,juga bisa dipengaruhi oleh custom ROM tidak cocok,anti gores terlalu tebal,dan layar sentuh retak.


4. Penyebab Tombol Menu tidak berfungsi.


Penyebab lainya adalah bisa disebabkan oleh layar sentuh yang tidak original,secara umum tombol kembali dan menu sudah menggunakan sensor sentuh sehingga pastikan sensor masih bekerja dengan baik.

Sedangkan pada smartphone samsung ,pada tombol menu masih ada beberapa yang memiliki tombol menu menggunakan tipe tombol fisik. Artinya,Secara konsep cara kerja sama dengan tombol volume dan dalam hal ini penyebab rusak pun sama speerti.amblas,kotor,terkena minyak,debu maupun jamur.

Selain dari 4 Poin diatas, juga ada potensi penyebab lain yang bisa mempengaruhi fungsi tombol diantaranya,custom ROM tidak cocok,kena virus,konektor layar sentuh kurang klop.berminyak.

Cara mengatasi tombol Hp tidak berfungsi.

Ada beberapa tahapan yang perlu anda coba untuk mengatasi tombol tidak berfungsi,baik volume bawah,atas,maupun tombol power.Dan berikut cara memperbaiki dan mengembalikan fungsi tombol yang macet.

1. Melepas anti Gores.


Untuk langkah pertama perlu anda pastikan pada anti gores,pastikan tidak menjadi masalah menghalangi dan mengurangis sensiftif layar.

Terutama ini akan mempengaruh tombol yang menggunakan senfitif layar,seperti tombol home,back dan menu.

2. Mereset Smartphone.

Cara kedua dapat melalui reset ulang ponsel. Cara ini tidak ada kaitanya dengan kerusakan pada komponen,sehingga jika kerusakan disebabkan oleh layar sentuh rusak,atau tombol switch yang sudah tidak berfungsi maka langkah ini tidak akan memperbaiki.

Langkah ini bisanya di lakukan hanya sebagai perbaikan sistem,atau mengembalikan pengaturan pabrik. Jika tombol tidak berfungsi disebabkan oleh salah pengaturan,kena virus , maka teknik ini akan menjadi solusi.

Pastikan melakukan backup data yang ada perangkat,mereset ulang ponsel akan menghapus seluruh data yang ada perangkat.

3. Mengganti Layar sentuh.

Pada cara memperbaiki tombol back ,menu tidak berfungai kali ini adalah dengan mengganti touchscreen baru.
Tentu ada tahap pengecekan terlebih dulu,kemungkinan terdapat masalah pada konektor memungkinkan layar sentuh tidak berfungsi.

Ini memerlukan teknik dan penanganan oleh ahli,untuk itu kami sarankan konsultasikan ke service center agar mendapat penanganan tepat dala melakukan penggantian layar.

4.Flash Hp.

Dan keempat adalah metode flashing,dan ini tidak berbeda jauh dengan mereset ulang.Perbedaanya adalah dengan flash ulang maka memungkinkan penggunaan ROM Baru yang benar benar masih standar.

Biasanya untuk masalah ini disebabkan bagi mereka yang telah  mencoba melakukan custom rom,atau menggunakan ROM yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan error terhadap beberap fungsi.

Mengatasi Tombol tidak berfungsi.

Dan kabar baiknya adalah jika tidak menginginkan atau belum siap memperbaiki tombol maka dapat memanfaatkan fitur bawaan dari perangkat.

Setiap ponsel keluaran terbaru biasanya dibekali dengan fitur bawaan sebagai tombol pintasan,namun untuk bisa mengguanakanya harus mengaktifkan terlebih dulu.

Fitur ini umumnya mampu menggantikan fungsi dari tombo fisik,dengan aktifkan easy touch,atau dalam ponsel Xiaomi dikenal dengan nama Quiq Ball.

1. Aktifkan Quiq ball Xiaomi


Cara aktifkan Quiqball pada xiaomi cukup mudah,tetapi fitur ini hanya terdapat pada perangkat yang menggunakan MIUI 8 Keatas. Dan berikut caranya..


  • Silahkan  ke menu, lalu  pilih "Settings > Pengaturan tambahan".
  • Dan pada  tab "Quiq ball, silahkan aktifkan".

Setelah aktif akan terdapat bola hitam melayang pada layar,disana penggunanya dapat mengatur tombol back,home ,Screenshot dan lainya.


2. Mengaktifkan easy touch Vivo

Sedikit berbeda penamaan pada perankat vivo yang di berinama dengan "Easy Touch",sama halnya xiaomi untuk menggunakanya harus diaktifkan terlebih dulu.Dan berikut langkahnya..

Cara mengaktifkan Easy touch vivo.

Silahkan masuk menu, pilih "Settings > More setings " lalu pilih "Easy touch" lalu aktifkan "ON".
Setelah aktifk anda dapat  setting tombol pengganti back, home sesuai keinginan pada menu "Costumeize Menu".


3. Mengaktifkan Assistant Menu Hp Samsung.

Pada smartphone samsung terdapat asistance menu yang mampu membantu pengguna dalam melakukan pengganti tombol kembali yang macet.
Pintasan tombol ini pasti akan sangat bermanfaat,dan langsung saja beriku cara mengaktifkanya..


Langsung ke Menu,pilih "Settings > Accesbility  > Dexterity and interaction" dan pilih "Assistant Menu" dan pilih ON untuk mengaktifkanya.

Dan Silahkan seting penggantian keperluan sesuai dengan tombol tidak berfungsi.

4. Assistive Ball Oppo

Pada hp Oppo ,perangkat ini juga sudah membawa fitur "Assistive touch" yang dapat dimanfaatkan untuk pintasan tombol ketika tombol back,menu ,bermasalah.

Silahkan menu untuk aktifkan , kemudian pilih "Settings > Smart Conventient" lalu pilih "Assitive Ball".
Selanjutnya "Settingan yang di inginkan", dan untuk edit menu silahkan piluh "Gesture Operations" untuk menyesuaikan tombol yang diperlukan.

5. Menggunakan Aplikasi tambahan.

Dan cara yang kelima solusi tombol back dan menu macet adalah dengan menggunakan aplikasi,cukup banyak aplikasi gratis yang bisa anda unduh dan install melalui playstore.

Salah satunya dengan Aplikasi Softkey  , Download

Mengatasi tombol hp macet
Aplikasi tersebut mampu menjadi solusi tombol yang sudah rusak atau error,dengan menginstallnya maka anda sudah bisa menggunakan dan memiliki pintasan Kembali,menu dan beranda.

Semoga bermanfaat..

0 Response to "Cara mengatasi Tombol Hp rusak dan tidak berfungsi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel