Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Cukup sulit mengendalikan velg agar tetap mengkilap bebas karat,dan pada kesempatan kali ini  saya akan membahas bagaimana cara merawat agar velg tetap mengkilap dan bebas baret.

Goresan kerikil dalam perjalanan maupun aspal yang menempel sering kali sulit dikendalikan ,pasalnya bagian ini berada diarea bawah yang cukup sulit di pantau oleh pengendaranya.

Agar dapat tetap mengkilap ,baik velg cat maupuh chrome haruslah ada perawatanya. Cukup membutuhkan biaya besar ,tapi untuk kamu yang mau menghilangkan baret,karat putih atau jamur velg  tanpa harus ke salon dan dilakukan sendiri dirumah,kami  siap memandunya.

... Tentu ada cara dan sedikit trik,contohnya dalam menghilangkan aspal / bintik hitam.Tidak bisa sembarangan menggunakan aplas,pasalnya penangangan yang salah justru akan merusak cat atau merusak kualitas crome.

Ada 4 trik yang perlu anda ketahui ,cara menghilangkan baret,cara menghilangkan aspal ,mengatasi kusam pada crome.

Tips merawat velg agar tetap mengkilap dan menghilangkan kusam.


Tutorial kali ini saya bedakan antara velg yang di cat,dan yang model crome. Pada umumnya ada dua tipe velg seperti yang telah disebut. Dan dari jenisnya maka memilki perbedaan penanganan,dan berikut caranya.

Cara mengkilapkan cat velg dan merawatnya

1. Menghilangkan baret pada velg.

Pembahasan pertama adalah menghilangkan baret velg,baret yang saya maksud adalah goresan yang disebabkan oleh gesekan yang menimbulkan kusam.

Masalahnya adalah,ketika goresan tersebut sudah mengelupas cat,maka tidak ada pilihan lain kecuali mengecat ulang. Tetapi jika hanya geresan kusam/ Halus tidak terlalu dalam maka dapat dipastikan melalui teknik ini velg akan kembali mengkilap.

Pertama silahkan cuci kemempat velg  dan keringkan ,pastikan bebas dari minyak maupun oli.
Gunakan lap kering ,olesi compoun dan gosok hingga mengkilap.
Setalah selesai mengcompound,gunakan wax atau kit,kemudain gosok ulang.

Berapa biayanya,?
 Dengan kata lain tidak membutuhkan biaya lebih dari Rp.50.000,anda bisa membeli compound hanya Rp.10.000 dan kit sektar Rp.12.000


2. Cara mengkilapkan velg Crome kusam.


Berikutnya selain model painting juga kita dapat melihat tipe velg crome  mengkilap,tidak perlu membawanya kesalon karena untuk merawat dan menghilangkan kusam cukup mudah.

Kodisi velg dibawah sebagai kaki utama yang bersentuhan tanah ,air kotor atau air hujan memungkinkan akan cepat rusak dan menimbulkan kerak jamur.

Dan cara mengatasinya cukup mudah kok,anda dapat menyiapkan auto sol ,batu hijau atau menggunakan softdrink soda. Anda dapat memilih salah satu,dan cara penggunanaya .


  • Pertama silahkan cuci velg menggunakan shampo,atau gunakan sabut jika terdapat noda bandel.
  • Oleskan secara merata autosol atau batu hijau ,kemudian gosok menggunakan lap hingga mengkilap.
  • Jika ada bagian baret yang cukup dalam ,bantu dengan menggunakan aplas halus dan poles kembali.
  • Setelah semua mengkilap,gunakan kertas koran untuk tahap finishing agar hasilnya lebih mengkilap.

Jika autosol dan batu Hijau tidak ada,dapat menggunakan minuman bersoda seperti coca cola sebagai alternatif. Cara ini sangat membantu menghilangkan jamur putih yang bandel menempel pada logam crome.

Pertama silahkan tuang coca cola ke wadah,dan celupkan kain lap bersih lalu gosok ke seluruh bagian hingga bersih. Ulangi hingga maksimal,lalu tahap ahir dengan finishing.

3 . Menghilangkan noda aspal pada velg.

Dan yang ketiga adalah noda aspal,ini yang sangat sering dijumpai bintik hitam yang melekat keras pada velg tidak mempan terhadap deterjen.
Mungkin akan membingunkan,dengan cara diamplas dapat mengakibatkan cat rusak atau crome menjadi kusam baret.

Sebenarnya mudah,anda bisa menggunakan tar remover untuk mengatasinya atau obat cairan khusus yang mampu menghilangkan aspal.

  • Jika tidak ada tar remover,ada alternatif yakni menggunakan minyak tanah ,berikut caranya.
  • Pertama silahkan gunakan semprotan ,isi minyak tanah secukupnya.
  • Cuci velg hingga bersih dan keringkan mengunakan lap.
  • Semprot velg secara merata,dan diamkan beberapa menit hingga terlihat aspal meleleh.
  • Kemudian lap dan cuci kembali menggunakan shampo.

Mudah kan,,? Itulah beberapa masalah dan cara mengatasinya,menjaga velg tetap mengkilap tidak terlalu sulit kan? Mengatasi kusam,jamur kerak putih maupun menghilangkan aspal tetap dapat dilakukan dirumah.

Click to comment