Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
teyeng.com - Merawat cat kendaraan baik motor maupun mobil tidak harus ke salon ko,kamu bisa merawatnya dirumah menjadikan cat tetap mengkilap dan segar.

Banyak dari sebagian mereka hanya memikirkan performa dari mesin saja,padahal sangat penting juga bodi.

Barapa banyak kendaraan yang nilai jualnya menurun karena tampilan fisiknya yang kurang elegan?

Kesalahan yang sering terjadi yakni hanya memikirkan kualitas mesin saja,padahal  bodi juga sama pentingnya. Ironisnya  merawat cat justru jauh lebih mudah di bandingkan dengan merawat mesin.
Sebut saja service,

Membutuhkan kunci khusus dan keahilan yang mumpuni agar hasilnya maksimal,dan fatal apabila terjadi kesalahan.

Berbeda dengan merawat cat,anda dapat mengatasi cat kusam,cat baret  tanpa harus ke salon serta tidak membutuhkan kunci maupun peralatan yang ribet.

Mengkilap dan bersih ,menjadikan tampilan mobil lebih elegan.Meskipun tahun kendaraan terbilang tidak muda,tetapi berkat dirawat pastinya mampu bertengger dan lebih percaya diri dibandingkan dengan kendaraan tahun muda.

Barapa banyak mobil keluaran tahun lama justru jauh lebih menarik..

Berkat dipelihara oleh pemiliknya,bukan mengandalkan bengkel dan salon mobil saja..tetapi penggunanya juga ikut andil dalam melakukan merawat cat agar tetap mengkilap .

Cara merawat cat mobil tetap mengkilap

Tips dan cara merawat cat tetap mengkilap.


Tips merawat cat agar tetap mengkilap akan menjadi pembahasan yang bermanfaat nih pastinya.. Kira kira apa saja yah yang harus dilakukan agar motor atau mobil catnya  selalu terlihat segar?

Jadi,, setiap kendaraan baik motor maupun mobil secara umum memiliki kesamaan dalam memelihara cat.

Bukan tanpa sengaja,agar warna kendaraan tetap mulus harus di tangani dengan baik dan rutin.Terutama untuk kendaraan yang berwarna doff,menjadi slah satu jenis warna yang membutuhkan penanganan khusu loh…

Warna doff merupakan jenis cat yang memiliki tingkat kepudaran lebih rentan dari pada cat yang mengkilap.

Bisa di katakana cat mobil mengkilap atau metalik jauh lebih mudah..

Merawat body mobil atau motor,Apakah penting?

Sangat penting,coba kita perhatikan diri sendiri dalam menyikapi ketika akan membeli mobil bekas atau motor bekas.. Apa yang akan anda lihat pertama kali menjadi kesan terhadap perawatan mesin juga.

Jika bodi dalam keadaan cat kusam ,baret baret banyak jamur kotor dan tidak terawat hal ini akan membuat daya jual menjadi jauh lebih rendah.

Mobil bekas harga murah,atau motor bekas murah..

Itu yang akan terjadi,gak mau bukan ? Menjual kendaraan kesayangan di tawar sangat murah,atau sebaliknya membeli kendaraan kondisi kusam dengan harga yang mahal.

Alasan pertama mengapa harus merawat ”Daya jual” , dengan kondisi yang terawat akan jauh memiliki daya jual yang lebih mahal.

Kenyamanan dalam penggunaan ,Selain mempengaruhi banyak dalam sector daya jualnya juga kendaraan menjadi salah satu fhasion yang dapat mempengaruhi psikologis penggunanya.

Seseorang yang menggunakan motor dengan body mengkilap akan jauh lebih percaya diri. Pun Sebaliknya, berkendara dengan mobil tidak terawat justru tidak pede ketika parkir di mall diantara puluhan kendaraan yang mengkilap.

Anda lebih tau jawabanya..

Mengapa hanya mesin yang di perhatikan?

Engine merupakan penunjang kecepatan,dan bodi adalah penunjang kenyamanan sehingga sudah seharusnya keduanya mempunyai keseimbangan dalam perawatanya.

Apa belum tau cara merawat cat mobil agar tidak kusam yang dapat dilakukan secara sederhana dirumah?

Sederhana saja untuk mengkilapkan cat mobil warna hitam,putih maupun warna lainya.. dan saya akan coba memberikan beberapa tips mudah dalam perawatan warna kendaraan.

Pastinya semakin kendaraan yang dimiliki kusam ,maka semakin murah daya jualnya..” Saya kira sepakat”.

Jadi secara tidak langsung tidak ada alasan untuk tidak memeliharanya,selain alasan kenyamanan juga terkait dengan nilai penyusutan harga.

Ada dua jenis cat pada umumnya,

Pertama berwarna mengkilap,dan kedua warna doff atau Matte.Untuk penanganan dari keduanya cukup berbeda,sehingga sebagai pengetahuan dalam memelihara nya juga jelas memerlukan handling yang berbeda.

.. Warna doff memang menjadi daya tarik tersendiri,apalagi menjadi salah satu jenis yang cukup laris dipasaran di tahun ini.Bukan hanya motor,kini banyak mobil yang mengusung warna tersebut.

Mungkin pada kendaraan yang memiliki warna mengkilap butuh dengan wax mobil sebagai salah satu cara agar tetap mengkilap.

Namun pada tipe doff justru terbilang lebih sulit,karena penggunaan wax dan sabun dengan deterjen tinggi tidak di rekomendasikan.

Perbedaan merawat cat dan merawat mesin.


Keduanya sama sama membutuhkan orang professional dibidangnya,dan dari tingkat kerawanan merawat bodi akan jauh lebih mudah di pelajari dari pada mesin.

..bisa dikatakan setiap pemilik kendaraan dapat mencuci mobil biar mengkilap yang di ahiri poles manual.

Sebaliknya dalam penanganan mesin,ini tidak dapat secara otodidak,jika salah maka akan fatal.
Tips merawat cat kendaraan agar tetap mengkilap.

Ok,mari kita simak beberapa tips untuk menjaga kualitas warna yang ada pada kendaraan  tanpa harus repot ke salon.

Tentu paling mudah ,dan hal ini sering diabaikan yang bisa menyebabkan cat kusam, ..

Perawatan Ke Salon Mobil .

Yang pertama ,apabila kondisi yang tidak memungkinkan mulai dari waktu maupun kemampuan maka anda dapat melakukan penjadwalan untuk perawatan ke salon.

Bukan hanya memelihara warna saja,banyak jenis paket yang ditawarkan seperti ,widows care atau pemeliharaan kaca dari jamur.

Paint protection,memberikan perlindungan rangka dari korosi karat atau interior membersihkan seluruh isi dari bagian dalam mobil.

..atau bisa,pain protection,poles,wax dan lain sebagainya.

Dan pastinya di tangani oleh para ahli yang terlatih,sehingga kemungkinan kendaraan akan menjadi optimal kembali sesuai dengan jenis paket yang ada pesan.

Tips agar cat tetap mengkilap.

Sering kali terjadi kesalahan,Ktika mobil atau motor berdebu lalu mengosok atau mengusap menggunakan lap.

Ini akan menimbulkan baret halus yang disebabkanoleh butiran debu yang di tekan.Memang ini tidak secara langsung tampak begitu saja,untuk itu tidak di rekomendasikan hal tersebut.

Cara terbaik adalah dengan mencucinya,karena ketika dilakukan pencucian proses pengelapan sentuhan langsung atara butiran pasir atau debu akan teredam oleh peranan shampoo.

Jika tidak memungkinkan,maka lebih baik dibiarkan saja debu tersebut..
Tapi,tidak nyaman juga sih.. alternatifnya adalah dengan mengusapnya menggunakan kemoceng bulu.

Mencuci di waktu yang tepat.

Apa ada waktu yang tepat dalam mencuci kendaraan?

Tentu ada,mungkin dari sebagian pengguna mencuci hanya dilakukan ketika sudah benar benar kotor.  Hal tersebut kurang tepat.,pasalnya ketika kotor bisa saja hanya berdampak pada tampilan saja .
Memang benar,salah satu waktu yang tepat ketika melakukan cuci kendaraan adalah pada saat sudah kotor ,namun alangkah baiknya bisa lebih rutin setiap sore.

Merawat cat yang termudah adalah dengan mencuci,dan pastikan ketika setelah kena air hujan menjadi hal wajib sebelum ke garasi.

Air yang menempel pada body akan mongering dengan sendirinya dapat menimbulkan jamur yang bandel untuk dibersihan.

Selain itu kadar asam yang tinggi mampu  menjadi pemicu karat,sehingga sangat di rekomendasikan untuk mencucinya sebelum disimpan.

Tips agar tidak berjamur pada kaca dan bodi.

Selalu melaukan pengeringan dengan sampai benar benar kering di setiap sudutnya,seluruh permukaan kaca,bodi.

Bagaimana Cara merawat cat doff.

Warna cat doff merupakan jenis istimewa,dan  menjadi salah satu varian yang membutuhkan penanganan khsusus supaya memiliki warna yang tetap tajam.

Jenis ini cukup digandrungi di era tahuni ini,menjadi varian yang dianggap memiliki kemudahan dalam perawatanya.

Faktnya..

Jauh lebih sulit,Contoh: Jika kendaraan berwarna metalik ketika kusam dapat di hilangkan dengan poles,maka sebaliknya doff termasuk anti poles karena dapat memudar.

Ya,sebut saja tidak dapat disamakan begitu saja.

Cat ini memiliki 2 kali lebih cepat memudar dibandingkan dengan gloss,proses painting yang tidak dilengkapi dengan clear menjadikan tidak tahan gesekan maupun terik matahari.

Lalu bagaimana menanganinya agar tetap awet..

Selalu memperhatikan area parker,usahakan memarkir kendaraan di tempat teduh .Selain itu tidak di rekomendasikan penggunaan shampo yang memiliki kandungan deterjen tinggi.

Harus lebih hati hati pilih shampoo warna doff,di rekomendasikan menggunakan jenis khusus.Selian itu warna ini tidak di perbolehkan mengenakan wax biasa,tidak boleh di poles manual maupun mesin karena dapat merusak efek doff.

Dah,sekian dari saya untuk tips dan cara merawat cat mobil dan motor anda tetap mengkilap,semoga bermanfaat.

Click to comment