Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Pengertian karang taruna 

Karang taruna adalah organisasi kepemudaan atau wadah genersi muda non partisan,karang taruna tumbuh atas dasar kesadaran di sertai rasa tanggung jawab sosial dari,dan untuk masyarakat yang khususnya para generasi muda di wilayah desa atau kelurahan / komunitas sosial sedrajat yang terutama  bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

Karang taruna menjadi wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda  serta pemberdayaan dalam upaya pengembangan  kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial dan usaha ekonomis produktif melalui pendayagunaan seluruh potensi yang ada pada lingkungan baik dalam SDM ataupun SDA yang ada.

Karang taruna berpedoman,Pedoman dasar dan Pedoaman Rumah Tangga (PD/PRT) dimana telah diatur juga struktur pengurus dan masa jabatan di masing masing wilayah molai dari desa / kelurahan hingga tingkat nasional.

Karang Taruna memiliki anggota seluruh Generasi Muda mulai dari usia 13 - 45 tahun yang selanjutnya disebut sebagai Warga Karang Taruna (WKT) dan adapun batasan sebagai Pengurus Karang Taruna adalah yang berusia 17 - 45 tahun.

Tujuan di dirikan karang taruna.

Karang taruna setelah kita memahami tentang anggota dan fungsi hal ini juga tidak lepas dari tujuan didirikan karang taruna itu sendiri yaitu memberikan pembinaan dan pemberdayaan  kepada para generasi muda ,seperti dalam bidang keorganisasian ,ekonomi,olahraga,ketrampilan,advokasi,keagamaan dan kesenian.

Peran pengurus dalam menjalankan sebuah organisasi karang taruna ini sangat penting dimana temu karya yang akan menghasilkan rencana kerja yang akan di implementasikan dalam kegiatan kegiatan kerja pastinya berpedoman pada kesejahteraan sosial.

Lambang dan arti Karang taruna.

pengertian karaang taruna adalah
Logo Karang taruna
Dalam lambang atau logo karang taruna sendiri memiliki beberapa komponen yang dari masing masingnya memiliki makna atau arti dari unsur -unsur didalam logo dari karang taruna itu sendiri.

Unsur dalam lambang karang taruna terdapat makna dari masing masing unsur gambar yang ada didalamnya ,yang di harapkan usur unsur tersebut mampu masuk menjadi inti dari tujuan utama berdirinya karang taruna.

Makna lambang karang taruna


1.Sekuntum bunga teratai yang molai mekar yang melambangkan Insan remaja yang dijiwai semangat kemasyarakatan (sosial) dan terdapat empat helai daun bunga di bagian bawah yang melambangkan ke empat dari fungsi karang taruna itu sendiri.

2.Dua helai pita terpangpang bagian atas dan bawah yang mengartikan pita bagian atas terdapat tulisan "ADITYA KARYA MAHATVA YODHA" dari kata tersebut memiliki makna  "ADITYA" bermakna Cerdas dan penuh pengetahuan; "KARYA" dimaknakan Pekerjaan; "MAHATVA" Bermakana Terhormat dan berbudi luhur; dan "YODHA" berarti pejuang atau patriot.
Secara keseluruhan dari kata "ADITYA KARYA MAHATVA YODHA"  berartikan dengan Pejuang yang berkepribadian ,berpengetahuan,dan terampil.

Sedangkan arti dari gambar karang taruna yang dalam unsur pita bagian bawah yang bertulisan "KARANG TARUNA" berarti tempat atau wadah pengembangan remaja indonesia;

3.Lingkaran dengan bunga teratai mekar dengan tujuh Helai daun bunga sebagai latar belakang,di artikan atau melambangkan tujuh unsur kepribadian yang harus dimiliki warga karang taruna; Dan berikut tujuh kepribadiannya :

1) Taat : takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2) Tanggap : penuh perhatian dan peka terhadap masalah;
3) Tanggon : kuat daya tahan fisik dan mental;
4) Tandas : tegas, pasti, tidak ragu, dan teguh pendirian;
5) Tangkas : sigap, gesit, cepat bergerak dan dinamis;
6) Terampil : mampu berkreasi dan berkarya praktis;
7) Tulus : sederhana, ikhlas, rela memberi, dan jujur;

4. Lingkaran mengandung arti sebagai lambang ketahanan nasional yang berfungsi sebagai tameng/perisai. Bungan mekar yang berdaun lima helai melambangkan lingkaran kehidupan masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila;


5. Arti warna yang terdapat pada lambang karang tarunaa sebagai berikut:
1) Putih : kesucian, tidak bercela, dan tidak bernoda;
2) Merah : keberanian, sabar, tenang, dapat mengendalikan diri dan tekad pantang mundur;
3) Kuning : keagungan dan keluhuran budi pekerti;
Secara keseluruhan, lambang Karang Taruna berarti tekad insan remaja (Warga Karang Taruna) untuk mengembangkan dirinya menjadi patriot pejuang yang berkpribadian, cerdas, dan terampil agar mampu dan secara aktif dalam pembangunan untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

B. Bendera

Bentuk, ukuran dan penggunaan bendera Karang Taruna diatur sebagai berikut:
1. Bendera berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 3:2. ditengah-tengah bendera terdapat lambang Karang Taruna dengan ukuran garis tengah sepertiga dari ukuran panjang. Dibawah lambang terdapat tulisan “KARANG TARUNA” dengan warna kuning emas;
2. Warna dasar adalah biru benhur dengan pinggiran berwarna kuning emas yang melingkari warna dasar tanpa rumbai-rumbai;
3. Digunakan pada saat kegiatan Karang Taruna berlangsung baik didalam maupun diluar ruangan.

C. Panji

Bentuk dan penggunaan panji Karang Taruna diatur sebagai berikut:
1. Warna dasar kuning;
2. Panjang 180 cm dan lebar 120 cm, ditengah-tengahnya terdapat lambang Karang Taruna yang bergaris tengah 60 cm;
3. Di ketiga sisinya (yang tidak melekat pada tiang) diberi rumbai warna kuning emas dengan panjang 6 cm;
4. Panji diikatkan pada tiang dengan tiga buah tali pengikat, tinggi tiang 3 meter berbentuk bulat dan bergaris tengah 4 cm;
5. Pada puncak tiang panji diberi kepala tiang (mustika) berbentuk Teratai yang mulai mekar dengan tinggi 20 cm, bergaris tengah 10 cm dan terbuat dari logam;
6. Penggunaan panji:
a. Dibedakan dengan bendera Karang Taruna;
b. Diletakkan berdampingan dengan bendera nasional pada setiap kegiatan dalam ruang tertutup (rapat, seminar, upacara, dan sebagainya);
c. Penataan disesuaikan dengan ruangan yang dipergunakan. Apabila diletakkan di mimbar, maka bendera nasional terletak disebelah kanan dan panji Karang Taruna disebelah kiri, dilihat dari posisi pembaca.

Baca juga

Demikian artikel saya tentang tujuan dan arti lambang karang taruna,semoag kita dapat mendirikan organisasi yang benar dan bermanfaat.

Click to comment