Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Cara dan syarat membuat kartu keluarga / KK


Kartu keluarga sangat penting sebagai syarat adminstrasi yang di butuhkan di dalam pengajuan A,B,C termasuk pembuatan kartu tanda penduduk, akte kelahiran,dan banyak lagi hampir seluruh instansi pemerintahan membutuhka  persyaratan kartu keluarga. 

Tetapi tidak semua orang mengetahui cara dan syarat membuat kartu keluarga yang sebenarnya sangat mudah anda bisa mengurus pembuatanya dengan melakukan sendiri. Akan tetapi apabila anda tidak memiliki waktu untuk mengurus pembuatannya sendiri maka anda bisa menghubungi perangkat desa dimana anda tinggal. 

Nah Kartu keluarga akan direvisi sesuai dengan kepentingan dari pemilik,seperti penambahan anggota keluarga dengan kelahiran baru anggota keluarga maka anda wajib menambahkan anggota keluarga anda agar dapat segera bisa di buatkan akte kelahiranya.

Pembuatan Kartu keluarga memiliki dasar hukum yang di atur oleh undang undang Republik indonesia ,berikut dasar hukum yang mengatur pembuatan Kartu keluarga.
Dasar Hukum

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan;
Pembuatan kartu keluarga bisa kita klasifikasikan sesuai kebutuhanya adalah ,menambah anggota keluarga,pengurangan anggota keluarga,mengurus kehilangan atau rusak.


cara membuat kk


Langkah mengurus pembuatan Kartu Keluarga.

Untuk mengurus pembuatan kartu keluarga seperti yang sudah saya katakan anda bisa mengurus sendiri atau meminta tolong kepada perangkat desa di tempat anda tinggal dan dengan memberikan beberapa persyaratan yang harus di penuhi agar proses pembuatan bisa di lakukan.

untuk pengurusan kartu keluarga anda bisa lakukan sendiri setelah syaratnya sudah di penuhi dengan mendatangi dinas kependudukan di tempat anda tinggal,tidak sulit untuk pembuatanya setelah datang ke kantor dinas kependudukan pastinya di sana juga banyak orang orang yang memiliki kepentingan yang sama jadi anda bisa bertanya pada mereka atau mungkin bisa bertanya pada petugas disana.

Untuk langkahnya :

1. Minta surat pengantar pembuatan kartu keluarga baru ke RT setempat dan di lanjutkan stempel dari RW surat tersebut sebagai pengantar meminta dokument dari kelurahan.

2.Selanjutnya ke kantor kelurahan setempat untuk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan kartu keluarga dan dengan di sertai melampirkan beberapa persyaratan yang wajib anda penuhi sbb:

a.Surat pengantar dari RT/ RW (keterangan No 1)
b.Foto kopi buku nikah / akta perkawinanc.Bagi pendatang sertakan surat keterangan pindah datang

Untuk cara  penambahan anggota keluarga baru maka syarat yang harus di penuhi :
  • Melampirkan Surat pengantar dari RT/RW
  • Melampirkan Kartu Keluarga yang lama
  • Membawa Surat Keterangan lahir  anak (anggota keluarga yang baru).

Sedangkan penambahan untuk menumpang Nama Kartu keluraga bisa di laukan maka persyaratanya 

  • Surat pengantar dari RT / RW
  • Kartu keluarga yang lama atau kartu keluarga yang akan ditumpangi
  • Surat keterangan pindah datang bagi calon nama yang akan di tambahkan
  • Surat keterangan datang dari luar negri bagi WNI yang datang dari luar negri
  • Dokumen imigrasi (paspor,izin tinggal tetap,Surat keterangan catatan kepolisan / Surat lapor diri bagi warga asing. 

Selain penambahan anggota keluarga juga ada pengurangan anggota keluarga ,seperti kematian,anak yang sudah menikah dan membuat kartu keluarga baru maka sebagai berikut syaratnya :

  • surat keterangan yang di peroleh dari RT /RW
  • Kartu keluarga Lama (asli)
  • Surat keterangan kematian bagi pengurangan karena kematian anggota KK
  • Surat keterangan pindah / Pindah datang untuk yang pindahan

Dalam kondisi yang berbeda pula apabila pembuatan kartu keluarga dengan kondisi kartu keluarga hilang atau rusak,berikut persyaratanya :

  • Mendapat pengantar dari RT / RW.
  • Meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat apabila hilang.
  • Kartu keluarga yang sudah rusak apabila pembuatan karena rusak.
  • Foto kopi dokument kependudukan dari salah satu anggota keluarga
  • Dokumen imigrasian untuk orang asing atau WNA

Secara umum Persyaratan Pengurusan Kartu Keluarga (KK)


  • Kartu Keluarga yang Lama (Asli)
  • Mengisi formulir yang ditandatangani pemohon dan diketahui RT, RW serta Lurah/Kades
  • Surat Nikah / Akta Perkawinan
  • Surat Cerai / Akta Cerai jika status pernikahan Cerai
  • Kutipan Akta Kelahiran / Surat keterangan kelahiran yang telah dilegalisir Instansi Penerbit
  • Surat Keterangan Pindah jika pembuatan KK baru karena pindah-datang
  • Surat pernyataan kehilangan Kartu Keluarga ditandatangani pemohon di atas materai Rp. 6.000,- diketahui oleh RT, RW, dan Lurah / Kades (jika KK Asli hilang)
  • Dokumen pendukung lain sesuai kebutuhan

Lama proses pembuatan kartu keluarga tidaklah terlalu lama setelah pengajuan pembuatan anda bisa menunggu sampai selesai kurang lebih 10 hari kerja setelah pengajuan,jadi setelah anda mengajukan silahkan konfirmasi pada petugas untuk lebih jelasnya agar proses menunggu anda sudah dalam cara yang benar dan informasii yang akurat dari dinas kependudukan di tempat anda tinggal.

Biaya pembuatan Kartu keluarga gratis apa bila diurus tepat waktu,apabila terlambat melapor perubahan susunan keluarga (susunan KK) lebih dari 30 hari sejak terjadinya perubahan maka kita di kenakan Sanksi administrasi / denda Rp.10.000(sepuluh ribu rupiah)

Nah dari cara cara dan syarat diatas pasitnya anda sudah tidak bingung untuk mengurus KK menambahkan anggota keluarga baru,pembuatan kartu keluarga baru,mengurangi ,bhakan biaya yang harus di keluarkan pembuatan kartu keluarga.

Untuk pengecekan KK / Kartu keluarga bisa anda cek secara online jadi anda tidak perlu repot repot datang ke dinas kependudukan sebelum memastikan bahwa kartu keluarga anda sudah tercetak atau belum.

Cara pengecekan pencetakan Kartu keluarga secara Online


Memastikanya / pengecekan secara online anda bisa mengunjungi website resmi dari dinas kependudukan di tempat anda tinggal untuk link di bawah ini adalah link dinas kependudukan di daerah slawi kab tegal (Klik disini untuk mengunjungi Cek pencetakan Kartu keluarga)

(Sumber)

Click to comment