Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Cara membuat akta lahir Anak / Mengurus Akta Lahir.



Akta kelahiran sangat penting untuk berbagai keperluan, setiap anak juga harus memiliki akta lahir yang nantinya bisa di pergunakan hingga dewasa. Akta lahir tidak memiliki masa berlaku keperluanya juga sangat penting mungkin bisa di katakan tanpa akta lahir banyak hak hak kewarganegaraan tidak dapat di peroleh.


Jangan sepelekan akta lahir selagi anda memiliki waktu untuk mengurus pembuatan akta lahir buah hati anda maka hal ini sebaiknya di segerakan ,untuk resiko pembuatan akta lahir ketika sang anak sudah dewasa sendiri saya tidak tau persisnya akan tetapi hal yang paling mendasar bagi anda yang berfikir menunda pembuatan akta / mengurus akta lahir adalah " Sekarang atau nanti sama saja ,ujung ujungnya harus di buat".

Jangan Buat akta lahir !!



Apabila anda berifikir kata lahir tidak penting maka jangan di urus untuk pembuatanya.. tetapi saya akan pastikan kalau anda akan menyesal karena pada suatu saat nanti akirnya anda atau pihak keluarga anda akan mengurusnya juga maka kesimpulanya adalah jangan tunda pembuatan akta lahir untuk buah hati anda kalau memang memungkinkan saat ini.


cara membuat akte lahir

Syarat Mengurus pembuatan Akta lahir :

  1. Surat pengantar dari RT atau RW.
  2. Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/Bidan/Rumah Sakit/ tempat melahirkan. Atau juga mungkin bisa saja ketika saat melahirkan berada di pesawat atau kapal laut maka, perlu juga mendapatkan surat keterangan dari Pilot/Nahkoda.
  3. Kartu Keluarga asli dan fotokopi bagi penduduk tetap atau SKSKPNP bagi warga non-permanen di tempat domisili tersebut sebanyak 2 lembar.
  4. Kartu Identitas Penduduk (KTP) suami-istri asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar. Bisa juga kalau diperlukan menggunakan SKDS ataupun Surat Keterangan Pelaporan Tamu.
  5. Fotokopi buku nikah KUA atau Akte Pernikahan dari Catatan Sipil sebanyak 2 lembar.
  6. Fotokopi Akte Kelahiran suami-istri sebanyak 2 lembar.
  7. Fotokopi paspor bagi warga negara asing.
  8. Dua orang saksi untuk membuktikan tentang kelahiran di Dinas Pencatatan Sipil berikut fotokopi KTP yang bersangkutan (untuk hal ini mungkin di beberapa daerah, saksi tidak perlu ikut dalam pengurusan cukup menyerahkan fotokopi KTP saja kepada pelapor/orang tua anak).
  9. Surat keterangan dari kepolisian untuk anak yang tidak diketahui asal-usulnya.
  10. Surat keterangan dari lembaga sosial khusus untuk kelahiran anak penduduk rentan.
  11. Surat Kuasa dengan materai sebesar Rp6.000.
  12. Mengisi Formulis Permohonan Pencatatan Kelahiran dengan materai Rp6000.

PELAYANAN PENERBITAN KUTIPAN AKTA KELAHIRAN

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  2. Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan;

Untuk mendapatkan akta lahir anda dapat menyiapkan beberapa syarat / keperluan berkas yang di butuhkan untuk pembuatan akta lahir buah hati anda,berikut Syarat permohonan penerbitan Kutipan Akta Kelahiran

  1. Fotocopy KTP Orang Tua / Surat Kematian jika Orang Tua sudah meninggal;
  2. Fotocopy KK Orang Tua / Yang bersangkutan (KK ber-NIK)
  3. Fotocopy Buku Nikah Orang Tua Legalisir KUA/Kemenag;
  4. Surat Kelahiran dari Desa;
  5. Surat Keterangan Urutan Anak dari Desa;
  6. Fotocopy KTP Pelapor;
  7. Fotocopy KTP 2 (dua) Orang Saksi;
  8. Mengisi Formulir Permohonan;
  9. Surat Keterangan Anak Ibu dari Desa (khusus Anak Ibu)

Proses pembuatan akta lahir tidaklah lama ,prosesnya cepat anda tidak perlu menungu  hanya membutuhkan Lama waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja.

Mengenai Biaya yang di perlukan untuk membuat akta lahir menurut dari salah satu website pemerintahan "dinas kependudukan " adalah Gratis akan tetapi dalam ketentuan apabila di urus pada tepat waktu! Akan tetapi sebalikanya apabila Surat keterangan lahir di buat lebih dari 60 hari masa pelaporanya maka akan dikenakan sanksi / denda Rp.10.000,- sumber

Click to comment