Acara Pembentukan Karang taruna Desa sesepan

Acara Pembentukan organisasi Karang taruna Desa sesepan

Pembentukan karang taruna
Pembentukan karang taruna
Pembentukan karang taruna desa sesepan,sebuah desa yang berada di jawa tengah yang tepatnya berada di kecamatan balapulang kabupaten tegal,pada tanggal 15 -10 -2017 diadakan rapat atau musyawarah pembentukan / pengakifan kembali organisasi masyarakat yang sudah kita kenal sejak dulu.

karang taruna sendiri berdiri pada tahun 1980 di jakarta tepatnya di kampung melayu lahirnya gerakan ini merupakan perwujudan semangat kepedulian generasi muda turut mencegah dan menangulangi masalah kesejahteraan sosial masyarakat terutama masalah yang dihadapi pemuda di lingkunganya.

Nah apabila ada pertanyaan Karang taruna itu Apa ?

cara pembentukan karang taruna
Pembentukan karang taruna

Karang Taruna Karang Taruna Adalah  wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. 

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan generasi muda dalam upaya mengembangkan kegiatan Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan usaha ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. 

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PD/PRT) di mana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud daripada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Karang Taruna beranggotakan seluruh Generasi Muda mulai dari usia 13 - 45 tahun yang selanjutnya disebut sebagai Warga Karang Taruna (WKT) dan batasan sebagai Pengurus Karang Taruna adalah yang berusia 17 - 45 tahun.
Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para generasi muda, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.wikipedia

Sedikit mengutip dari Sejarah Berdirinya Karang Taruna
Karang Taruna lahir pada tanggal 26 September 1980 di Kampung Melayu, Jakarta. Kelahiran gerakan ini merupakan perwujudan semangat kepedulian generasi muda untuk turut mencegah dan menanggulangi masalah kesejahteraan sosial masyarakat, terutama yang dihadapi anak dan remaja di lingkungannya.
Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan – kegiatan pengisian waktu luang yang positif seperti rekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan, pengajian dan lain – lain bagi anak – anak yatim, putus sekolah, tidak sekolah, yang berkeliaran, main kartu dan lain – lain yang pada umumnya berasal dari keluarga miskin.
Dalam perjalanannya, Karang Taruna mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik jumlah maupun program kegiatannya. Hingga saat ini Karang taruna tumbuh di setiap kelurahan dan desa di wilayah Indonesia.Sumber

Untuk manfaatnya sendiri apa?

Manfaat karang taruna tentunya apabila di sebutkan satu persatu sangat banyak dan saya kira satu halaman blog ini tidak cukup,akan tetapi manfaat mendirikan karang taruna didesa ini pastinya adalah secara garis besar memiliki manfaat yang sangat positif terutama untuk generasi muda.

selain bermanfaat untuk individu karang taruna juga sangat bermanfaat untuk lingkungan karena isi kegiatan karang taruna sendiri adalah hampir semuanya kegiatan sosial ,tidak ada kepentingan individu.

Menjalin silaturahmi antar warga / masyarakat pastinya! dan dengan hubungan silaturahmi sendiri manfaatnya luar biasa dapat kita lihat dari sisi perintah agama juga mengajarkan agar kita menjalin hubungan silaturahmi bukan memutus tali silaturahmi.

salam KARANG TARUNA JAYA!!


Baca jugaTugas dan tanggung jawab pengurus karang taruna

0 Response to "Acara Pembentukan Karang taruna Desa sesepan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel