Pentingnya karang taruna di masyarakat [Tingkatkan perekonomian]

Pentingnya karang taruna di desa. 


Karang taruna salah satu organisasi kepemudaan yang perananya sangat penting sebagai wadah kegiatan pemberdayaan pemuda dan desa. Kesadaran pemuda pemudi akan pentingnya organisasi yang sehat harus segerakan di tumbuhkan demi kemajuan desa khususnya dan indonesia umumnya. 


Banyak sekali manfaat karang taruna sangat besar dampak posiitif dengan adanya organisasi ini. 
Karang taruna
Disamping itu,oraganisasi yang sehat adalah kunci utama pada kelangsungannya, agar organisasi dapat berfungsi maksimal maka harus di isi dengan visi dan misi yang jelas dan komitmen pengurus serta anggota dalam mewujudkan visi misi tersebut. 

Latar belakang dari keharusan tumbuhnya karang taruna di tengah desa sendiri cukup komplek, hal ini di tentukan berdasarkan kondisi dari desa itu sendiri. 



Meningkatkan perekonomian masyarakat didesa. 



Dengan adanya karang taruna harapannya perputaran ekonomi tingkat desa menjadi meningkat. Dengan di adakan program program kerja yang mendorong produktifitas sehingga pemberdayaan pemuda / masyarakat mampu mengihidupi para pengurus dan aggota dengan ide ide bisnis kreatif. 


Dengan medirikan usaha /industri kreatif  yang di kelola dan pelakunya itu sendiri di lakukan oleh masyarakat lokal, hal ini mendorong perekonomian di dalam desa dan masyarakat itu sendiri. 



Roda perekonomian masyarkat / pemuda menjadi hal penting yang menjadi salah satu alasan organisasi, dan disi lain permasalahan sosial yang ada di desa itu sendiri menjadi tugas para pemuda dalam membangun kerukunan dan kemakmuran desa. 


YANG PENTING KUMPUL KUMPUL SENENG!! 

Cara membangun usaha di dalam organisasi karang taruna.


Usaha kreatif atau usaha mikro bisa di jadikan pondasi jenis usaha yang dapat di lakukan para pemuda dalam membangun perekonomian di desa. Untuk jenis usaha sendiri dapat di tentukan menyesuaikan di dalam kondisi lingkungan desa terkait dengan SDM Dan SDA nya.
Cara mendirikan usaha karang taruna

Lalu apa yang perlu di persiapkan?? 

Peningkatan pengetahuan dan keahlian pengurus dan anggota.

Agar usaha karang taruna dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan maka pentingnya pelaku itu sendiri menjadi point penting yang wajib di berdayakan terlebih dulu.

+ Pengembangan potensi dan kompetensi keahlian. 

Pelatihan, berkaitan dengan job description masing masing pengurus antara tugas dan tanggung jawab.

Pelatihan terkait dengan bidang usaha yang akan di laksanakan, produk knowlage, management profit dan lainya.

Pengklasifikasi pelaku usaha yang tepat berdasarkan anggota di sesuaikan dengan kemampuan dan kemampuan.

Pelatihan jenis usaha terkait aktifitas, produktifitas menjalankan usaha dan peningkatan usaha.


Baca jugaCara mendirikan karang taruna di desa

Hasilnya :
Mendapatkan anggota yang berkualitas dan mempunyai daya saing usaha yang kompeten.
Meningkatkan keahlian anggota dan mengajarkan menjadi pelaku usaha mandiri.
Anggota yang siap terjun kedalam dunia usaha, untuk kelancaran usaha bersama.

Dengan begini artinya sudah jelas sekali bahwa manfaat karang taruna itu sangat besar untuk desa, pentingnya karang taruna untuk desa dapat di rasakan salah satunya oleh pemuda/pemudi.

+ Pengkajian pilihan jenis usaha yang akan di lakukan. 

Pengkajian pemilihan jenis usaha sangatlah penting, karena pemilihan jenis usaha akan menjadi faktor penting yang mampu di jadikan roda penghasilan di dalam tubuh karang taruna itu sendiri.


Metode pemilihan jenis usaha yang cocok itu sendiri tidak bisa asal kepikiran..  Harus mempertimbangkan beberapa aspek yang tidak kalah pentingya adalah aspek permodalan.

Pemihan jenis usaha bisa di bahas dalam temu karya dimana jenis - jenis usaha yang bisa di lakukan memerlukan beberapa pertimbangan penting seperti.

° Segment pasar,segment pasar adalah ujung pendapatan dari sebuah usaha maka dari itu jenis usaha yang akan di tentukan usahakan memiliki segment pasar yang luas dan memiliki frekuensi jangka panjang bukan bersifat musiman.

° Modal sakral sekali apa bila kita membahas modal, tetapi hal ini tidak mungkin kita lewatkan begitu saja. Sumber modal yang mampu kita gunakan sessuai dengan jenis usahanya.

° Tempat atau lokasi, tempat usaha sendiri biasanya bersifat situasional, tidak hanya terpaku harus di desa itu sendiri akan tetapi bisa kita sesuaikan dengan segment pasar yang cocok dan potensial.

° Pelaku usaha, siapa pelaku usaha yang akan menjalankan usaha langsung, tentunya di atur sesuai dengan kebijakan hasil temu karya diman pelaku usaha bisa di atur secara bergilir / kontrak dan lainya sehingga hasil dari peraturan tersebut adalah menguntungkan keduanya.

Pelaku usaha sendiri harus di tangani oleh orang yang berkompeten melalui pelatihan atau berdasarkan pengalaman sesuai backround dari individu itu sendiri.

° Aset, aset sendiri sebenarnya tidak lepas dari permodalan dimana pembahasan tentang pengadaan aset kebutuhan pelengkapan usaha.


+Sistem yang mengatur tentang pendapatan dan cara kerja. 


Setelah pengembangan potensi dan kompetensi  dimana terkait dengan sumber daya yang akan di jadikan usaha.

Setelah konsep dan pematangan jenis usaha sudah di hasilkan di tahapan selanjutnya adalah "sistem". Sistem itu sendiri hasil dari kebijakan-kebijakan yang di dapatkan dari hasil temu karya atau raker kepengurusan.

° Planing dan implementasi.

Renacana jenis usaha yang akan di lakukan harus sudah di kaji dengan baik antara keuntungan, potensi rugi dan potensi bekembangnya usaha.

Dalam penerapan usaha harus di bawah pengawasan langsung karang taruna ataupun dari pihak desa dimana ada kebijakan yang mengatur tentang modal dan profit serta pembagian hasil yang di atur sedemikan rupa hingga sistem terebut tidak merugikan satu sama lainya.
Pelaku usaha wajib meatuhi segala peraturan dan kebijakan yang telah di sesuaikan dengan kondisi dan situasi usaha.

Point penting untuk menghindari sebuah kegagalan usaha bisa di kaji dari awal sebagai rencana pemcegahan yang berpotensi menjadi ancaman usaha.



Meningkatkan dan menciptakan lingkungan sehat dan ramah. 

0 Response to "Pentingnya karang taruna di masyarakat [Tingkatkan perekonomian] "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel