Pembentukan organisasi pemuda desa sesepan

Pembentukan organisasi pemuda desa sesepan

Teyeng - Dengan adanya pembentukan organisasi pemuda yang harapanya kedepan mampu menjadi bagian dari kemajuan desa dan memberikan dampak positif terhadap desa sesepan. 

Terkait dengan organisasi pemuda yang selama ini sudah tidak aktif lagi, maka kami mengajak kembali bagi pemuda pemudi desa sesepan untuk merapatkan barisan dapat duduk bersama dan mengemban visi dan misi demi kemajuan Desa.

Salah satu organisasi masarakat yang berbasis kepemudaan adalah karang taruna,maka dengan di adakan kembali karang taruna harapanya pemuda dan pemudi desa sesepan mampu menjadi pribadi yang lebih bertanggun jawab dan mengkedepankan rasa tenggang rasa antar warga.

pembentukan organisasi pemuda

Pembinaan Karang Taruna diatur dalam Permensos 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Berikut kutipan isi pedoman:

Tujuan
Tujuan Karang Taruna adalah :
a.  Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan  kesadaran dan  tanggung  jawab  sosial  setiap  generasi  muda  warga Karang  Taruna  dalam  mencegah,  menagkal, menanggulangi  dan  mengantisipasi  berbagai  masalah sosial.
b.  Terbentuknya  jiwa  dan  semangat  kejuangan  generasi muda  warga  Karang  Taruna  yang  Trampil  dan berkepribadian serta berpengetahuan.
c.  Tumbuhnya  potensi  dan  kemampuan  generasi  muda dalam  rangka mengembangkan  keberdayaan  warga Karang Taruna.
d.  Termotivasinya  setiap  generasi  muda  warga  Karang Taruna  untuk  mampu  menjalin  toleransi  dan  menjadi perekat  persatuan  dalam  keberagaman  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
e.  Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna  dalam  rangka  mewujudkan  taraf  kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
f.  Terwujudnya  Kesejahteraan  Sosial  yang  semakin meningkat  bagi  generasi  muda  di  desa/kelurahan  atau komunitas  adat  sederajat  yang  memungkinkan
pelaksanaan  fungsi  sosialnya  sebagai  manusia pembangunan  yang  mampu  mengatasi  masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
g.  Terwujudnya pembangunan  kesejahteraan  sosial generasi muda  di  desa/kelurahan  atau  komunitas  adat  sederajat yang  dilaksanakan  secara  komprehensif,  terpadu  dan terarah  serta  berkesinambungan  oleh  Karang  Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.

Tugas
Setiap  Karang  Taruna  mempunyai  tugas  pokok  secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan social  terutama  yang  dihadapi  generasi  muda. 

.. baik  yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Fungsi
Setiap Karang Taruna melaksanakan fungsi :
a.  Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.
b.  Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.
c.  Penyelenggara  pemberdayaan  masyarakat  terutama generasi  muda dilingkunggannya  secara  komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.
d.  Penyelenggara  kegiatan  pengembangan  jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.
e.  Penanaman  pengertian,  memupuk  dan  meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda.
f.  Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
g.  Pemupukan  kreatifitas  generasi  muda  untuk  dapat mengembangkan  tanggung  jawab  sosial  yang  bersifat rekreatif,  kreatif,  edukatif,  ekonomis  produktif  dan kegiatan  praktis  lainnya  dengan mendayagunakan  segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.
h.  Penyelenggara  rujukan,  pendampingan,  dan  advokasi social bagi penyandang masalah  kesejahteraan sosial.
i.  Penguatan  sistem  jaringan  komunikasi,  kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.
j.  Penyelenggara  usaha-usaha  pencegahan  permasalahan sosial yang aktual.

Banyak sekali fungsi yang bermanfaat bagi desa itu sendiri dengan adanya payung organisasi misalnya Gotong royong,mengadakan training kompetensi keahlian profesi sebagai salah satu pendukung progra pemerintah desa dan banyak lagi.

Sebagai mahluk individual artinya tidak melakukan kebebasan sebebas-bebasnya, tetapi disertai ras tanggung jawab terhadap diri sendiri, terhadap masyarakat, dan terhadap Tuhan Yang maha Esa.

#Pendaftaran pembentukan.
Untuk tahapan organisasi ini di buat hingga dapat di persetujui tinggkat desa maka kita dapat di awali untuk proses pendataan atau pendaftaran bagi pemuda pemudi desa sesepan.

Hingga di nyatakan cukup untuk di lakukan pertemuan membahas tentang struktur organisasi maka bagi anda yang merasa terpanggil untuk dapat mengikuti kegiatan pembentukan dan pendaftaran anggota maka anda dapat mendaftarkan diri melalui cara di bawah ini.

Sms dengan Format
Nama # Tanggal Lahir # Alamat #status #Karang taruna. 
Kirim Ke : 083837068818

Setelah dinyatakan cukup untuk dapat dilakukan pertemuan untuk membahas struktur organisasi dan memabahas tentang agenda agenda lain.
Tidak ada persyaratan yang spesifik karena proses masih panjang,tetapi kepedulian terhadap desa yang paling di utamakan :
Usia Minimal 16 Th - 45th
Pria Atau wanita.

TUNJUKAN KEPEDULIAN ANDA DENGAN MENDUKUNG DAN BERGABUNG MEMBENTUK ORGANISASI PEMUDA!!

MARI KITA BANGUN DESA SESEPAN BERSAMA DENGAN PERSATUAN DAN KERUKUNAN MAKA MENJADIKAN SESEPAN MENJADI LEBIH BAIK.


0 Response to "Pembentukan organisasi pemuda desa sesepan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel