Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Manfaat Ciplukan untuk pengobatan herbal. 

Teyeng - Pengobatan herbal kerap kali menjdi salah satu media alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Tidak di sangka kadang sebemarnya di linhkungan kita sendiri terdapat cukup banyak terdapat tanaman herbal yang mampu menjadi salah satu media altenatif pengobatan. 

Sebut saja ciplukan, atau dalam bahasa lain juga di sebut dengan nama ceplukan adalah nama sebuah tumbuhan kecil yang memiliki buah kecil dan ketika masak buah tersebut tertutup oleh pembesaran kelopak bunga. 

Buah ini juga di kenal dengan nama berbeda beda pada setiap daerah seperti cecenet, atau cecendet, nyunyuran, kopok-kopokan dan lain sebagainya. 
Obat herbal menggunakan daun ciplukan
Sources :Wikipedia

Saat ini buah tersebut sudah muali di perjual belikan di swalayan dengan harga yang relatif mahal, jika anda tinggal di desa maka alangkah beruntungnya jika masih bisa mendapatkan gratis.

Pasalnya buah ini memang memiliki berbagai macam penyakit atau sebagai media pengobatan alternatif segala penyakit seperti penyakit jantung, sebagai mengobati asama, mengobati penyakit kurap, sebagai obat panas, sebagai obat darah tinggi, kencing kotor, untuk penambah darah, menurunkan kolesterol. 

Pengobatan menyembuhkan banyak penyakit?? 

Saat ini sudah molai banyak masyarakat molai melirik pengobatan herbal, meskipun di dampingi dengan pengobatan medis namun justru pengobatan dengan media atau cara herbal memiliki hal menarik tersendiri. 

Murah dan mudah di dapat adalah salah satu alasan bagi masyarakat, tidak hanya itu tapi yang sangat menjadi alasan penting adalah mujarab, dan tanpa efek samping. 
Baca jugaManfaat akar alang-alang dan cara pengobatanya

Macam-macam penyakit dapat di obati dengan ciplukan. 

Macam macam penyakit bukan tanpa obat, melainkan segala penyakit memiliki obat bahkan sebenarnya bisa kita katakan bahwa salah satu obatnya di katakan sangat sepele mari kita lihat apa saja yang dapat di obati secara herbal menggunakan ciplukan. 


Ciplukan dan penyakit jantung. 

Khasiat buah ciplukan adalah di yakini dapat mengobatai gangguan jantung cara pengobatanya pun sangat mudah menggunakan ciplukan yaitu:

Siapkan 40 lembar daun ciplukan dan haluskan menggunakan blander seperti membuat jus kemudian minum tanpa tambahan apapun bahkan bisa langsung di makan, dikunyah. 

Mengobati penyakit kurap dengan ciplukan

Luar biasa, memang tumbuhan ini sangat istimewa  banyak jenis penyakit yang dapat di obati mengguanakan tumbuhan ciplukan sebut saja penyakit kurap. 

Pengobatan penyakit kurap dapat kita lakukan menggunakan ciplukan dengan cara haluskan daun ciplukan kemudian oleskan pada penyakit kurap, lakukan setiap pagi sore hingga sembuh. 

Ciplukan berkasiat mengobati asma. 

Kasiat tumbuhan ciplukan salah satubya dapat mengobati asma, cara penggunaanya juga mudah, caranya ambil batang dan daun buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. 

Atau bisa dengan cara lain dengan cara ambil daun ciplukan dan campurkan sedikit kapur sirih kemudian hancurkan menggunakan tangan. Campurkan sedikit air hingga basah, selanjutnya gumpalkan, sampai keluar air putih  kehijauan dan berbuih selanjutnya oleskan pada punggung, perut dan dada. 

Cara menurunkan demam menggunakan ciplukan. 

Tidak disangka sangka setelah kita pusing mencari obat penurun panas, atau buah hati mengalami demam. 

Demam atau panas pada anak adalah salah satu kondiai yang terbilang berbahaya, jangan spelekan, segera atasi menggunakan ciplukan tidak hanya daunya saja melainkan buahnya juga sebagai penurun demam anak. 

Mengobati kangker payudara dengan obat herbal. 


Salah satu penyakit yang mematikan, mengerikan, semoga kita semua di hindarkan dari penyakit tersebut namun sebagai langkah ihtiar penderita maka ciplukan sebagai buah yang dapat menyembuhkan kangker payu dara. 

Cara pengobatanya cukup mudah dan murah pastinya ambil pucuk daun ciplukan dan campurkan dengan empat butir beras, tunas kunyit kemudian haluskan dan tempelkan pada payudara. Lakukan dengan rutin. 

Cara menurunkan darah tinggi menggunakan ciplukan. 

Hipertensi mampu memicu penyakit lain pada tubuh salah satunya adalah stroke.. Jika anda memiliki kerabat yang memiliki darah tinggi maka anda dapat menginformasikan cara pengobatanya dengan ciplukan. Caranya ambil pohon ciplukan dari akar hingga pucuknya, bersihkan dan rebus, kemudian minum air rebusan  ciplukan sebagai pengobatan tekanan darah tinggi.

Selain menurunkan darah tinggi pohon ciplukan dari akar hingga daunya dapat sebagai terapi pengobatan penderita stroke. 

Cara menyadarkan orang pingsan menggunakan ciplukan. 


Kasiat buah ciplukan tidak berhenti sampai disini saja melainkan dapat berkasiat sebagai menyadarkan orang pingsan caranya mudah, ambil akar ciplukan, kemudian bakar dan campurkan dengan kapur sirih setelah itu camourkan minyak kelapa aduk hingga rata dan oleskan pada kepala orang pingsan. 

Fungsi ciplukan sebagai penawar racun. 

Kasiat buah ciplukan sebagai salah satu penawar racun molai dari akar hingga daunya, air rebusan ciplukan dapat di konsumsi sebagai anti oksidan mengeluarkam racun yang ada pada tubuh sehingga zat zat beracun dalam tubuh dapat di buang melalui air seni atau fases. 

Namun perlu anda ketahui bahwa ciplukan akan menjadi ravun jika di konsumsi secara bersamaan dengan kopi justru keracunan. 

Cara mengobati kuning pada bayi menggunakan ciplukan. 

Jemur ciplukan hingga kering, kemudian campurkan pada air pemandian bayi. Mudah sekali bukan dan sangat kaya akan manfaat tumbuhan yang satu ini, jadi pastikan di area anda tinggal terdapat banyak cilukan dan bisa di manfaatkan. 

Sebagai Menambah kecerdasan. 



Dengan Buah ciplukan dan di campur air, jeruk nipis, serta sedikit gula selain enak ternyata juga dapat yakini mampu meningkatkan kecerdasan anak.


Bermanfaat mengobati sakit persendian



Mengobati sakit persendian menggunakan ciplukan Caranya  mudah, campur daun dengan kapur sirih selanjutnya tempelkan pada area persendian yang sakit.

Bermanfaat Mengobati kencing manis



Cara mengobati Kencing manis atau diabetes dapat di lakukan dengan buah ciplukan, salah satu penyakit yang paling ditakuti. Cara mengobatinya  yaitu, rebus batang hingg akar  buah Ciplukan, selamjutnya minum tiga kali sehari.

Bermanfaat menurunkan kolesterol. 



Manfaat dari buah ciplukan ternyata juga dapat menurunkan kolesterol. Caranya makan daun,  buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.

Sebagai untuk tambah darah.



Manfaat Buah ciplukan juga dapat mengobati kekurangan anemia atau kurang darah. Caranya yaitu dengan memasak batang dari buah ciplukan, selanjutnya minum ari rebusannya.


Itulah beberpa manfaat ciplukan untuk pengobatan herbal, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah. 

Click to comment