Jenis UMKM Cocok untuk anak muda : Yang bisa di lakukan dan Termudah

Pengertian UMKM  dan kriterianya serta Langkah Mendirikanya


BAB II : Pengertian UMKM Dan Kriteria 


Pengertian UMKM  atau kepanjanganya Usaha mikro kecil dan menengah adalah jenis usaha prosuktif milik orang atau perorangan yang memenuhi kriteria yang sebagai mana diatur dalam undang undang,adapaun secara jelasnya.
Jenis usaha cocok untuk anak muda
UMKM
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ada beberapa kriteria yang dipergunakan untuk mendefinisikan Pengertian dan kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pengertian-pengertian UMKM tersebut adalah :
Baca juga Cara memakai sandal jepit yang baik dan benar


1. Pengertian UMKM


a. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

b. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

c. Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.


Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Kriteria usah mikro kecil menengah yang mungkin bisa menjadi tambahan wawasan untuk kita,bahkan harapan saya mampu menjadi inspirasi and untuk melakukan tujuan ide bisnis.

Berniaga Produk kreatif dan unik.

sebagai generasi bangsa indonesia harapan bangsa ini cukup besar terhadap kemajuan bangsa tentunya .salah satu bangsa yang maju adalah dengan produktifitas pemuda yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak lepas dari ide ide bisnis yang bisa di lakukan oleh anak muda .

Menciptakan ide ide baru yang dapat di jadikan peluang usaha sehingga mampu mndatangkan nilai ekonomi,hal ini tidak lepas dari cara anda  melihat peluang usaha dari sekitar lingkungan anda tinggal.

di era yang sekarang ini memang sudah Tentunya keuntungan bisa jauh lebih besar dengan keunikan yang mereka jual. Contoh sukses: JOGER Bali dan DAGADU Jogja

Duplikasi Usaha Lain: Teliti Tiru dan Modifikasi



Untuk anda yang masih bingung dengan jenis yang akan di pilih maka anda bisa melakukan pencari refrensi jenis usaha yang cocok,dengan metode mengamat tiru dan memodifikasi,cara ini cuckup ampuh untuk seseorang molai mengembangkan ide bisnisnya dengan bantuan dari ide orang lain.

Pastinya dalam hal ini anda juga harus memahami tentang resiko ,resiko laba rugi memang sudah jelas tetapi resiko yang tidak kalah pentinnya yaitu resiko produk yang anda jual tidak mampu bersaing di pasaran.untuk itu mengantisipasi hal tersebut anda harus memiliki nila saing yang tinggi mampu menyajikan varian baru dari produk yang lama di pasaran


Apa saja yang perlu anda contoh?

Tidak perlu anda berhayal untuk mencontoh jenis usaha besar akan tetapi anda cukup mencoba mencontoh usaha mikro yang harapanya mampu menjadi besar,

seperti : Anda jalan jalan ke suatu tempat melihat usaha nasi goreng ramai,maka hal ini bisa di jadikan refrensi anda untuk memolai jenis usaha akan tetapi bisa anda lakukan sedikit modifikasi molai dari menu,harga dan lainya.

Setelah jenis usaha yang akan anda tiru sudah di dapatkan maka selanjutnya anda bisa meniru dari cara pelayanan dengan mengubah dari seni pelayanan kadang kadang itu mampu membuat konsumen puas.

contoh : Menu dalam penyajian nasi goreng ketika memasak pada umumnya di goreng menggunakan kompor ,tetapi karena anda menginginkan hal yang berbeda maka bisa menggunakan  bara api / arang.



Menjual Keterampilan

Selain menggunakan konsep meniru dan memodifikasi jenis usaha yang cocok untuk cukup banyak apa lagi di era global dan serba hi tech segala macam jenis usaha mungkin bisa anda lakukan seperti menjual jenis ketrampilan.

Ketrampilan jelas bisa mendatangkan unag atau menjadi salah satu ide bisnis menarik ,mereka yang sukses tidak sedikit dengan diwalai menjual produk ketrampilan,nah apa yang anda bisa tentunya emiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pengusaha  walapun berangkat hanya dari ketrampilan.


Apa saja contoh dari usaha ketrampilan :


Content writer :Tidak sedikit ahir-ahir ini para publiser iklan membutuhkan jasa penulis conten di blog / website mereka harga yang mereka tawarkan juga variatif mungin bisa sampai kisaran 1jt-2jt selain itu anda di tidak terikat,dengan kata lain anda bisa menangani  lebih dari satu publiser iklan .untuk penghasilan jelas tinggal di kalikan saja bukan!!

Menjadi Blogger : Selain menjadi content writer atau menjual kontent untuk blog orang lain maka  anda juga bisa mencoba menjadi seorang blogger juga,dengan menjadi blogger bukan hanya mimpi akan tetapi bisa mendatangkan potensi potensi mendatangkan Pundi pundi rupiah ke rekening anda dengan menjadi publiser iklan.

Web Design : Semakin maraknya toko onine saat ini usaha menjadi seorang web developer juga menjanjikan ,bagi anda yang memiliki  skill Desain website nah saat ini adalah kesempatan paling menarik dan yang paling tepat untuk memolai pengembangan .

Dan banyak lagi jenis usaha yang bisa anda coba lakukan menjadi anak muda yang kreatif dan bisa mandiri tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bukan?? tapi kalau tidak di coba hal tersebut sia sia..

Menjadi pengusaha agen produk 

Apabila anda binggung mencipatakan suatu produk ,sebagai alternatif maka bisa anda coba menjadi suatu agen produk milik orang lain,selain paling mudah, modalnya pumumnya tidak terlalu besar.

Anda bisa mencoba membuka kantor agen, dalam hal ini kantor bersifat flexibel bisa agen produk atau agen jasa.banyak kantor kantor agen yang bisa anda lakukan seperti "biro jasa,agen penyalur asisten rumah tangga,dan bayak lagi... 


Jual beli Barang Bekas 

Salah satu usaha yang tidak banyak di lirik orang, jual beli barang bekas ini memang sedikit lebih sulit dari pada usaha lainya karena kita harus pandai dalam memprediksi nilai jual kembali ketika akan belanja. 

Contoh saat ini di era digital jual beli barang bekas khusus Hp / smartphone, di sini kampuan anda dalam memperkirakan harga jual kembali di uji dengan keras. Tidak hanya itu anda bisa usaha jual barang bekas seperti komputer, motor, sepeda, buku, dan banyak lagi. 

Buka kantor mini. 

Ini dia seninya dalam memolai usaha, mungkin bagi anda yang memiliki ketrampilan bisa memolai membuka kantor anda dengan memanfaatkan keahlian dari dan untuk masalah SDM anda bisa memanfaatkan  teman atau kolega. 

0 Response to "Jenis UMKM Cocok untuk anak muda : Yang bisa di lakukan dan Termudah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel