Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan dan cara mengobatinya.

Teyeng -Peduli akan kesehatan teyeng juga ingin sekali berkontribusi dalam menyehatkan masyarakat indonesia. 

Akar alang alang memiliki banyak khasiat yang dapat mengobati banyak penyakit dalam pada manusia. 

Tumbuhan liar yang biasa di perkebunan dan sering kali di pandang sebelah mata ini justru sangat banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit.
Manfaat alang alang untuk pengobatan


Alang-alangilalang atau lalang (Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis Rumput liar yang memiliki daun tajam, yang seringkali  menjadi gulma di tempat / lahan pertanian. Jika di daerah biasa dikenal dengan nama yang berbeda beda sperti ilalang, halalang, lalang, eurih, rii, kii, ki, rie, reya, eri, weli, weri, kusu-kusu, wusu, wutau, nguusu, re, dan masih banyak lagi sesuai dengan bahasa daerah masing masing. Dalam bahasa inggris memiliki nama sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, satintail, silver-spike yang memiliki sisi dau yang tajam mudah melukai kulit (wikipedia)

Tapi selain memiliki daun yang tajam  alang alang memiliki manfaat untuk kesehatan yakni dengan mengambil bagian akar pada ilalang dapat menyembuhkam segala penyakit dan merawat kesehatan.

Cara mengobati asma menggunakan akar alang - alang.

Mungkin bagi anda yang mengalami penyakit asma dan sudah berobat kemana mana tetapi belum membuahkan hasil.

..kenapa tidak mencoba terapi pengobatan dengan cara tradisional akar alang alang, selain bahan yang mudah di temukan cara pengobatanya juga mudah. 
Bahan mengobati penyakit asma secara tradisional. 
  • 100 Gram akar alang alang
  • 25 Gram kencur
  • 25 Gram daun sirih. 

Cara pembuatanya pertama rebus 1 liter air, geprek akar alang alang dan masukan ke rebusan air, geprek 25 gram  kencur dan daun sirih rebus secara bersaman. Rebus hingga air menjadi tinggal setengah kemudian saring dan masukan satu sendok teh madu dan air jeruk nipis,  Kemudian minum sekaligus sebelum tidur. 

Cara Mengobati Hipertensi di sebabkan ginjal.

Manfaat yang kedua akar alang alang adalah sebagai obat tradisional mengatasi hipertensi atau darah tinggi, pemyakit darah tinggi ini cukup berbahaya dan perlu di segerakan untuk melakukan pengobatan. 

Nah kali ini mungkin jika anda belum mencoba pengobatan ini sudah sepatutnya untuk mencoba pengobatan dengan akar alang alang caranya mudah. 
Rebus 200gr akar alang alang dan manisan labu putih dengan 2 gelas air putih, rebus hingga air berkurang setengahnya saring dan minum dua kali dalam sehari. 

Cara mengobati Diare menggunakan akar alang alang. 

Selain obat darah tinggi juga dapat kita manfaatkan sebagai salah satu obat diare, penyakit ini memang penyakit yang unik pasalnya jika sudah terserang diare serasa terancam oleh gunung meletus.cara mengobatinya juga sangat mudah dan patut di coba, banyak dari orang yang mengatakan mujarab mengobati diare berikut caranya :

Rebus 250 gram akar alang alamg dengan dua gelas air dan tunggu hingga 15 menit, minum setelah dingin dan setelah buang air besar. 

Cara mengobati kencing batu secara tradisional menggunakan akar alang alang. 

Manfaat kempat akar alang alang sebagai pengobatan tradisional yakni dapat mengobati penyakit kencing batu. Penyakit ini kerap kali mengancam siapa saja, bukan hal yang biasa melainkan perlu segera di tangani, cara mengobatinya dengan akar alang alang yaitu :

Rebus akar alang alang 100gr,tambahkan 1/2 genggam daun meniran, daun kumis kucing setengah genggam, kemudian rebus dengan 5 gelas air putih hingga aornya tinggal setengah dan saring, dinginkan kemudian konsumsi 3 kali sehari masing masinh satu gelas hingga batunya keluar melalui air seni. 

Cara melancarkan Air Seni. 

Manfaat akar alang alang berikutnya adalah melancarkan air seni, jika anda mengalami permasalahan dengan air seni maka dapat mencoba pengobatan tradiaional sbb:

Rebus 250gr akar alang alang, 3 gelas air dan tambahkan gula batu rebus hingga 10menit,saring dan dinginkan. Minum 3 kali sehari 1 gelas. 

Cara mengobati keputihan dengan akar alang alang. 

Bermasalah dengan keputihan adalah hal yang cukup meresahkan :), wait..  Mari kita obati secara tradisional yang sudah di lakukan para pendahulu hanya dengan akar alang alang caranya gini:

Rebus akar alang alang 500gr,2 tangkai daun pepaya, 2 gelas air dan tambahkam 5gr pula sari, dinginkan dan saring minum dua kali sehari. 

Cara mengobati radang paru paru dengan akar alang alang. 

Kedasyatan akar alang alang tidak hanya berhenti sampai disitu saja, kita juga dapat mengobati secra tradiaional radang paru paru menggunakan akar alang alang. Selain bahan yang di perlukan mudah di dapat juga untuk mengobati ini tidak memerlukan biaya mahal berikut caranya :

500 gr akar alang alang, daun sembung 5 helai, 10 kuntum melati kering, garam dan 3 gelas air dan rebus hingga air tersisa setengah. Dinginkan dan saring, minum dua kali sehari. 


Cara mengobati Hepatitis dan mimisan. 

Manfaat akar alang alang sebagai salah satu obat herbal segala macam penyakit salah satunya mampu menjadi obat hepatitis dan mimisan. Caranya rebus 200gr akar alang alang, beri 6 gelas air dan tunggu hingga 2 gelas teraisa airnya, saring dan dinginkan minum tiga kali sehari. 

Sekian dari saya tentang manfaat akar alang alang dan kasiatnya sebagai obat herbal, seperti yang sudah saya terangkan juga tentang manfaat buah naga untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Click to comment